Berbagai Enzim Pencernaan dan Fungsi Pentingnya Bagi Tubuh

Enzim pencernaan merupakan biokatalisator yang membantu mempercepat pencernaan manusia. Segala jenis makanan yang dikonsumsi akan diproses oleh enzim hingga saat proses pengeluaran sisa makanan tersebut. Oleh karena itu, enzim memiliki peran yang sangat penting.  Peran tersebut baik untuk memecah senyawa kompleks yang ada dalam makanan atau untuk menyerap nutrisi yang Continue Reading

Buang Air Besar Cair (Diare): Penyebab dan Pengobatan yang Dianjurkan

Diare merupakan penyakit pencernaan yang bisa menyerang manusia. Buang air besar cair (diare) umumnya terbagi menjadi dua kasus, yaitu diare akut dan diare kronis. Penyakit ini dapat dialami oleh siapapun, baik yang masih berusia balita hingga orang dewasa yang telah memasuki lanjut usia.  Mengenal Penyebab Diare  Penyebab penyakit diare biasanya Continue Reading

Berbagai Bahan Alami untuk Meredakan Perut Melilit

Salah satu masalah perut yang sangat mengganggu adalah perut melilit. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan yang terjadi pada organ seperti usus, hati, pankreas, lambung, atau empedu. Selain itu, dapat terjadi akibat makanan beracun, atau makanan yang menghambat pencernaan. Cara meredakan perut melilit diantaranya adalah jangan berbaring setelah makan dan hindari Continue Reading

Perut Kembung: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Perut kembung merupakan salah satu gangguan kesehatan, kondisi dimana perut terisi banyak gas. Sehingga, area perut tampak membesar dan penderita akan merasa tidak nyaman. Selain itu, seseorang yang mengalami perut kembung menunjukkan gejala sering kentut atau sendawa. Kebiasaan hidup yang tidak disadari bisa menjadi penyebab kondisi ini. Contohnya, makan terlalu Continue Reading

Aneka Cara Mencegah Terjadinya Saraf Terjepit

Sering merasa nyeri pada bagian leher, punggung, atau kaki? Sebaiknya mulai waspada. Karena, bisa jadi itu adalah gejala awal dari hernia nukleus pulposus (HNP) atau saraf terjepit. Rasa nyeri dan kebas terjadi akibat tulang, otot, dan tendon bergeser saling menekan terlalu kuat. Dokter baru dapat menentukan pengobatan setelah mengetahui tingkat Continue Reading