5 Olahraga untuk Penderita Wasir Aman dan Cocok

Banyak pertanyaan yang muncul dari seorang penderita wasir, yaitu adakah olahraga untuk penderita wasir? Sebelumnya, wasir adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja, baik tua maupun muda. Wasir disebut juga dengan ambeien atau hemoroid yaitu pembengkakan atau pembesaran dari pembuluh darah di usus besar bagian akhir atau disebut dengan rektum, serta dubur atau anus, liang pembuangan.

Wasir tidak selalu menimbulkan keluhan, tetapi akan terasa tidak nyaman dan tidak enak saat bila keluhannya muncul. Penderita wasir bisa merasa tidak nyaman untuk duduk dan gatal di area anus serta parahnya muncul pendarahan. Tiga cara untuk mengatasi wasir adalah menerapkan pola hidup sehat, mengonsumsi obat-obatan, dan operasi.

Olahraga untuk Penderita Wasir yang Aman

Membahas tentang menerapkan pola hidup sehat, salah satu di dalamnya adalah olahraga. Nah, apakah ada olahraga untuk Penderita wasir? Ada. Karena ada beberapa olahraga yang cocok dan aman untuk penderita ambeien. Kira-kira, olahraga apa itu?

Senam Aerobik

Senam masih tergolong dalam olahraga kardio yang bisa dilakukan penderita wasir. Selain itu, senam merupakan jenis olahraga yang baik untuk membuat badan lebih bergerak aktif. Yang perlu diperhatikan, lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan inti senam selama lima hingga sepuluh menit. Senam ini bisa dilakukan dengan durasi setengah jam disusul dengan fase pendinginan dengan waktu yang sama dengan pemanasan.

Jalan Kaki

Olahraga ini tergolong olahraga yang simpel, Anda bisa melakukannya setiap hari selama setengah jam. Lebih dianjurkan untuk berjalan kaki setelah makan agar makanan yang ditelan dapat turun dengan baik dan tercerna sempurna. Bahkan, olahraga ini mampu mengatasi sembelit.

Jogging

Olahraga untuk penderita wasir selanjutnya yang bisa menjadi alternatif adalah lari-lari kecil. Aktivitas ini bisa dilakukan selama waktu senggang. Bahkan, melakukan jogging di pagi hari mampu membantu melunturkan lemak sekaligus membakar kalori. Bukan hanya menjadi salah satu olahraga alternatif untuk menurunkan berat badan yang ampuh, nyatanya olahraga ini juga bisa mengatasi ambeien ini.

Apa Saja Olahraga Penderita Wasir?

Zumba

Salah satu alasan mengapa sembelit kerap menyambangi tubuh adalah kurangnya olahraga. Oleh karena itu, tubuh membutuhkan aktivitas fisik yang tepat untuk terhindar dari gangguan ini. Zumba adalah latihan fisik yang cukup aktif dan seru. Apalagi nih, bagi penderita ambeien bisa sedikit meredakannya dengan olahraga ini.

Yoga

Sejumlah gerakan yoga juga nggak kalah efektif untuk mengatasi ambeien yang melanda. Sehingga, yoga juga merupakan salah satu olahraga untuk penderita wasir yang aman untuk dilakukan. Yoga merupakan latihan fisik yang bisa membuat tubuh lebih fleksibel dan peredaran darah menuju saluran pencernaan jauh lebih lancar. Dengan begitu, pergerakan usus yang tadinya sempat melambat dan menyebabkan sembelit dan berakhir ke wasir bisa terstimulasi dengan baik.

Yoga sendiri tidak harus dilakukan dengan bantuan instruktur profesional sebab Anda bisa mempelajarinya sendiri dengan gerakan-gerakan sederhana terlebih dahulu. Sejumlah pose yoga seperti suspine twisting, wind relieving, cat and cow ini bahkan bisa dilakukan di rumah sendiri. Sebaiknya lakukan pada malam hari sebelum tidur atau sore hari saat Anda luang. Namun, bagi Anda yang ingin melakukannya pagi hari setelah bangun tidur juga tidak ada salahnya.

Tujuan Olahraga untuk Penderita Wasir

Tujuan olahraga untuk penderita wasir adalah agar aliran darah yang sempat tidak lancar dapat diperbaiki. Sehingga, olahraga sangat dianjurkan untuk penderita wasir. Hampir semua olahraga boleh dilakukan, kecuali yang menimbulkan efek mengejan. Selain itu, dengan berolahraga menjadi salah satu cara untuk mengatasi sembelit atau konstipasi yang menjadi salah satu penyebab wasir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *