Akibat Kekurangan Vitamin A serta Cara Pencegahannya

akibat kekurangan vitamin a

Vitamin A termasuk jenis vitamin larut dalam lemak. Vitamin A sangat baik untuk perkembangan kesehatan mata dan membantu proses perbaikan sel tubuh. Akibat kekurangan vitamin A sangat beragam terhadap kesehatan. Kekurangan vitamin A dapat terjadi terutama anak-anak dan ibu hamil. 

Kekurangan vitamin A bisa disebabkan karena kurangnya asupan vitamin ke dalam tubuh. Namun, juga bisa disebabkan karena adanya gangguan yang terjadi pada saluran pencernaan. Hal ini menyebabkan penyerapan vitamin A bermasalah. Lalu, apa akibat kekurangan vitamin A?

Begini Dampak yang Terjadi Akibat Kekurangan Vitamin A

Vitamin A memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Jika kekurangan vitamin A, tubuh akan mengalami beberapa gangguan kesehatan. Berikut beberapa dampak akibat kekurangan vitamin A:

1. Mengganggu Kesehatan Mata

akibat kekurangan vitamin a
Kesehatan mata yang menjadi terganggu

Kekurangan vitamin A bisa mengganggu kesehatan mata. Masalah yang terjadi seperti degenerasi makula, penurunan fungsi penglihatan, mata kering, kelainan kornea (xerophthalmia). Xerophthalmia adalah kelainan anatomi dari bola mata dan gangguan fungsi retina. 

Dalam kondisi serius, bisa mengakibatkan kebutaan. Karena dampak yang sangat serius itulah akan sangat disarankan untuk tetap memenuhi kebutuhan vitamin A harian. Agar bisa terhindar dari masalah kesehatan mata.

2. Kulit Kering

Seseorang yang kekurangan vitamin A lebih mudah terkena masalah kulit. Masalah kesehatan kulit karena kekurangan vitamin A adalah eksim dan kulit kering. Hal tersebut terjadi karena vitamin A adalah salah satu vitamin yang berperan dalam membantu dan melakukan perbaikan sel-sel kulit.

3. Mudah Terserang Infeksi

akibat kekurangan vitamin a
Tubuh menjadi rentan terhadap infeksi

Vitamin A juga berperan dalam menjaga daya tahan tubuh. Kekurangan asupan vitamin A dapat menimbulkan risiko, seperti ISPA, diare, pneumonia, dan campak. Pada anak-anak, hal ini bisa berisiko terjadinya komplikasi campak. Menjaga vitamin A penting agar terhindar dari infeksi.

4. Gangguan Pertumbuhan Pada Anak

Anak-anak membutuhkan nutrisi yang lengkap agar tumbuh kembangnya optimal. Vitamin A adalah salah satu nutrisi yang harus dipenuhi.  Kekurangan vitamin A menyebabkan pertumbuhan dapat terhambat. Hal ini juga bisa memungkinan anak menjadi lebih pendek dibanding teman-teman sebayanya.

5. Masalah Kesuburan

akibat kekurangan vitamin a
Menyebabkan masalah kesuburan

Masalah kesuburan atau infertilitas disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah kekurangan vitamin A. Tidak hanya pada wanita, gangguan kesuburan juga dapat terjadi pada pria.

Risiko yang lebih serius lagi jika kekurangan vitamin A adalah dapat mengakibatkan terjadinya keguguran. Bahkan, kelainan genetik atau cacat lahir. Oleh karena itu kebutuhan vitamin A harus terpenuhi agar masalah kesuburan tidak terjadi. 

Itulah beberapa akibat dari kekurangan vitamin A. Terbukti bahwa sangat penting untuk memenuhi asupan vitamin A agar terhindar dari masalah kesehatan tersebut. Asupan vitamin A bisa didapatkan dari makanan. 

Rekomendasi makanan sumber vitamin A adalah ikan salmon, telur, daging ayam dan sapi, susu, sayuran, serta buah-buahan. Namun, konsumsi vitamin A juga tidak baik jika dalam jumlah yang berlebihan. Terdapat ukuran yang tepat sesuai kebutuhan tubuh. 

Rekomendasi jumlah vitamin A yang wajib dipenuhi per hari adalah sekitar 900 mikrogram untuk pria. Kemudian 1300 mikrogram untuk ibu menyusui, dan 700 mikrogram bagi wanita. Untuk tambahan asupan vitamin A, biasanya disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin A. 

Lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai jenis suplemen yang perlu dikonsumsi sekaligus osis yang aman. Demikian penjelasan tentang akibat kekurangan vitamin A dan cara mencegahnya. Jangan lupa selalu penuhi kebutuhan vitamin A kalian ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *