Akibat Kekurangan Vitamin B dan Cara Mencegahnya

akibat kekurangan vitamin b

Akibat kekurangan vitamin B adalah berbagai macam gangguan kesehatan. Hal ini karena setiap jenis vitamin B memiliki peran dan fungsinya masing-masing di dalam tubuh. Jika kebutuhan vitamin B tidak terpenuhi maka tubuh bisa kekurangan nutrisi dari vitamin B yang berdampak pada kesehatan.

Ada beberapa jenis vitamin B, yakni vitamin B1, B2, B, B5, B6, B7, B9, dan B12. Fungsi vitamin B kompleks tersebut adalah membantu tubuh mengolah dan memperoleh energi dari makanan. Selain itu, juga memelihara kesehatan mata, otot, dan saraf, membentuk sel darah merah, serta menghasilkan enzim. 

Inilah Dampak Kesehatan Akibat Kekurangan Vitamin B

1. Vitamin B1

akibat kekurangan vitamin b
Kurangnya vitamin b bisa menyebabkan halusinasi

Asupan vitamin B1 berdasarkan rekomendasi dari Kemenkes RI berkisar antara 1-1,4 milligram per hari. Akibat kekurangan vitamin B1 yaitu bisa terkena penyakit beri-beri dan Wernicke. Gejala beri-beri diantaranya adalah sesak napas dan detak jantung meningkat. 

Selain itu, penderita juga akan mengalami gerakan mata tidak normal, muntah, dan kaki bengkak. Sementara itu, penyakit Wernicke akan mempengaruhi sistem saraf dan penurunan fungsi mental. Jika tidak segera ditangani, maka penyakit Wernicke akan menjadi sindrom Wernicke-Korsakoff. 

Sindrom tersebut menimbulkan halusinasi, mata sulit dibuka, dan sulit memahami sebuah informasi. Bahkan, penyakit ini juga bisa menyebabkan hilang ingatan. Oleh karena itulah kebutuhan akan vitamin B1 harus dipenuhi dengan baik.

2. Vitamin B2

Vitamin B2 memiliki fungsi membantu pengolahan energi untuk makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan protein. Jenis vitamin B2 penting untuk pertumbuhan dan proses produksi sel darah merah. Anjuran per hari untuk mengkonsumsi vitamin B sebesar 1-1,5 mg. 

Akibat kekurangan vitamin B2 berpengaruh pada pertumbuhan bayi dalam kandungan. Selain itu juga bisa meningkatkan kemungkinan terkena preeklamsia. Ibu hamil akan sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B2 dengan optimal.

3. Vitamin B3

akibat kekurangan vitamin b
Ruam pada kulit diakibatkan oleh kurangnya vitamin B3

Rekomendasi vitamin B3 yang harus dikonsumsi per hari sebanyak 10-15 mg. Jika tidak terpenuhi, maka tubuh menjadi mudah lelah, sariawan, muntah, gangguan pencernaan. Bahkan bisa hingga depresi. 

Dalam kasus yang lebih parah, dapat menimbulkan penyakit pelagra dengan gejala ruam bersisik pada kulit, muntah, sakit kepala. Jika dibiarkan akan menyebabkan kematian. Tentunya hal ini harus dicegah dengan konsumsi vitamin B3 secara rutin.

4. Vitamin B5

Jumlah Vitamin B5 dianjurkan untuk dikonsumsi per hari adalah sekitar 5 mg. Vitamin B5 banyak ditemukan dalam sayur-sayuran. Sehingga, vitamin ini mudah terpenuhi dan termasuk kasus langka jika seseorang kekurangan vitamin B5. 

Gejala kekurangan vitamin B5 diantaranya adalah tubuh terasa lelah, sakit kepala, rambut rontok, dan juga gangguan pencernaan. Denyut jantung meningkat juga bisa menjadi tanda kurangnya asupan vitamin B5.

5. Vitamin B12

akibat kekurangan vitamin b
Penyakit kuning akibat kurangnya vitamin B12

Vitamin B12 memiliki peran yang penting untuk pembentukan sel darah, protein, serta jaringan. Asupan vitamin B12 bisa didapatkan dari suplemen tambahan dan makanan. Diantaranya adalah susu, daging, telur, ikan, dll. 

Seseorang yang kekurangan vitamin B12 akan menderita penyakit kuning, gangguan penglihatan, susah BAB dan nafsu makan hilang. Bahkan bisa mengakibatkan sesak napas. Untuk itulah kebutuhan vitamin B12 harus selalu dipenuhi secara optimal. 

Untuk pencegahan agar tidak kekurangan vitamin B adalah dengan mengkonsumsinya secara rutin. Caranya dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin tersebut. Contohnya seperti telur, bayam, susu, yoghurt, daging ayam, dan sebagainya. 

Selain itu, kebutuhan vitamin B juga dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi suplemen atau multivitamin. Dengan konsumsi makanan dan suplemen yang seimbang maka kebutuhan vitamin B bisa terpenuhi. Berbagai masalah kesehatan juga bisa dicegah. 

Itu dia beberapa akibat kekurangan vitamin B. Dampak yang ditimbulkan memang tidak main-main. Jadi, penting sekali untuk memperhatikan asupan makanan agar vitamin B bisa selalu terpenuhi. Oleh karena itu jangan lupa penuhi kebutuhan vitamin B kalian ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *