Alergi Udang Sebagai Salah Satu Jenis Alergi yang Perlu Diketahui

alergi udang

Alergi udang dapat terjadi saat sistem kekebalan tubuh memberikan respons  tidak normal pada protein yang terkandung di dalam udang. Protein dianggap mengancam tubuh, sehingga akan memberikan respons dengan memunculkan alergi. Tentu saja, reaksi setiap orang akan berbeda.

Beberapa tubuh seseorang akan langsung melepaskan histamin serta memunculkan reaksi setelah memakan udang. Namun, ada pula yang alergi setelah beberapa saat makan udang. Bahkan, ada sejumlah orang yang mengalami reaksi alergi hanya karena mencium aroma udang saja.

Penyebab dan Gejala yang Memicu Alergi Udang

alergi udang
Pembengkakan Sebagai Reaksi Alergi

Penyebabnya adalah adanya reaksi berlebihan oleh sistem kekebalan tubuh pada kehadiran protein udang. Tubuh menganggap protein pada udang dianggap sesuatu yang berbahaya. Oleh karena itu, tubuh dengan cepat langsung memproduksi antibodi untuk menangkal protein tersebut.

Gejala alergi udang hampir sama dengan alergi pada umumnya. Beberapa gejalanya antara lain pilek, hidung tersumbat, ruam kulit, gatal pada kulit, dan gatal pada mulut. Selain itu, biasanya disertai pembengkakan bibir, wajah, dan lidah. Penderita juga bisa merasakan gangguan pencernaan. 

Aneka Cara Pencegahan dan Pengobatan

Alergi udang sebenarnya tidak boleh dibiarkan begitu saja. Hal ini karena reaksi yang ada bisa memunculkan gejala yang cukup membahayakan. Nah, berikut ini adalah beberapa upaya pencegahan dan pengobatan alergi udang:

1. Hindari Rumah Makan Seafood

Meski makanan yang dipesan bukan udang, namun risiko makanan untuk terkontaminasi oleh udang sangat mudah terjadi. Pasalnya ada kemungkinan alat-alat memasak yang dipakai sama dengan yang digunakan dalam memasak udang. Sehingga alergi tetap akan terjadi. 

Sebaiknya, hindari restoran seafood, sehingga meminimalkan risiko reaksi alergi dapat kambuh.  Selain itu, jika ingin makan di rumah makan, sebaiknya beritahu kepada juru masak atau pelayan mengenai jenis makanan apa yang tidak boleh Anda konsumsi.

2. Jauhi Dapur yang Sedang Masak Udang

alergi udang
Menjauhkan Diri dari Masakkan Seafood

Beberapa pasien alergi, bisa saja mengalami reaksi alergi hanya dengan mencium aromanya saja. Jadi, sebaiknya menjauhkan diri dari dapur yang sedang memasak makanan dari bahan udang. Saat udang sedang dimasak, makan bisa terjadi pelepasan protein udang melalui uap atau asap.

3. Bacalah Label Kemasan Makanan

Saat membeli produk makanan apa saja, pastikan untuk membaca label pada kemasan makanan tersebut. Di sana akan diperoleh informasi tentang kandungan produk. Jika mengandung unsur udang maka sebaiknya hindari makanan tersebut. 

4. Gunakan Gelang Khusus

alergi udang
Menggunakan Gelang Khusus

Pada beberapa kondisi, penderita juga perlu memakai gelang khusus yang menyatakan bahwa mereka adalah penderita alergi udang. Gelang ini akan sangat membantu. Terutama ketika reaksi alergi muncul di saat yang tidak tepat dan mengalami kesulitan berkomunikasi dengan orang sekitar.

5. Bawa Suntikan Epinefrin  

Jika Anda mempunyai riwayat reaksi yang cukup berat akibat memakan udang, maka sangat disarankan untuk selalu membawa suntikan epinefrin. Setidaknya, Anda harus membawa obat anti alergi yang telah diresepkan dokter. Hal ini sangat berguna ketika terjadi reaksi alergi berat. 

Alergi udang merupakan reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang tidak dapat disembuhkan. Obat yang diresepkan oleh dokter dimaksudkan hanya untuk meredam gejala dan reaksi yang muncul saja. Jadi, satu-satunya cara untuk mencegah alergi udang yaitu hanya dengan menghindarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *