Aneka Makanan Lezat untuk Diet Golongan Darah B yang Menyehatkan

Kata diet bagi orang-orang yang bermasalah dengan berat badan merupakan kata yang menyiksa. Karena kata ini berhubungan dengan pembatasan makanan enak yang harus dihindari. Namun tidak demikian dengan diet berdasarkan golongan darah. Bagi Anda yang memiliki golongan darah B bisa menerapkan diet golongan darah B, begitu juga dengan golongan darah lainnya seperti A, O dan AB.

Dengan melakukan diet ini Anda bukan mengurangi konsumsi makanan, justru Anda diwajibkan untuk konsumsi makanan tertentu. Di antara semua jenis, golongan darah B merupakan golongan darah yang paling mudah. Ini karena B bebas untuk konsumsi makanan lezat bernutrisi. Aneka makanan tersebut antara lain adalah:

Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran sudah menjadi menu wajib yang harus ada dalam setiap jenis diet, begitu pula dengan diet berdasarkan golongan darah. Bagi pemilik golongan darah B, buah yang baik untuk dikonsumsi adalah apel, anggur, nanas, persik, aprikot, mangga, pepaya, anggur dan pisang.

Untuk jenis sayuran yang dianjurkan bagi golongan darah B adalah sayuran berdaun hijau. Misalnya kubis, brokoli, kembang kol, wortel, jamur, paprika, sawi hijau, ubi jalar dan bit. Sedangkan buah atau sayuran yang harus dihindari adalah tomat.

Aneka Kacang

Jenis kacang-kacangan yang wajib ada dalam menu diet Anda yang bergolongan darah B adalah kacang hijau, almond, kedelai dan juga jenis kacang lainnya. Hal ini untuk menunjang kesehatan tubuh serta memaksimalkan diet yang Anda jalani.

Selain itu, oatmeal, kue beras dan roti gandum juga bisa jadi alternatif menu makanan sehat bagi Anda. Beberapa jenis kacang yang sebaiknya dihindari adalah kacang tanah, jagung dan biji wijen.

Hidangan Laut

Menu makanan selanjutnya adalah hidangan laut. Jenis hidangan dengan menu ikan seperti salem, sarden dan telur ikan sangat baik untuk dikonsumsi bagi Anda dengan golongan darah B. Kandungan nutrisi yang ada pada ikan-ikan tersebut sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh dan juga untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Makanan Sumber Protein

Berbagai makanan yang kaya protein juga sangat direkomendasikan bagi Anda yang golongan darahnya B dan sedang menjalankan diet golongan darah. Aneka menu yang dianjurkan adalah tahu, tempe, telur. Sedangkan makanan yang harus dihindari adalah aneka produk susu seperti yoghurt, mozarella, kefir, susu sapi dan keju kambing. Walaupun demikian Anda masih bisa konsumsi produk susu, namun sebaiknya pilih jenis produk susu rendah lemak.

Konsumsi Daging

Bagi pemilik golongan darah A sangat disarankan untuk menghindari daging. Sedangkan bagi golongan darah B masih tetap bisa konsumsi daging seperti biasa. Daging yang bisa Anda konsumsi adalah daging sapi, daging kambing, domba dan juga daging kelinci. Untuk jenis daging yang dihindari, Anda dianjurkan untuk membatasi konsumsi daging ayam dan menggantinya dengan daging unggas lain seperti daging bebek.

Teh

Selain perbanyak minum air putih, teh merupakan salah satu minuman yang dianjurkan. Anda bisa memilih teh hijau dan teh herbal lainnya seperti jahe, peppermint dan ginseng. Sedangkan bagi Anda yang menyukai aroma rempah, pada makanan yang Anda masak bisa ditambahkan dengan bubuk kari, peterseli dan lobak.

Diet namun tetap bisa menyantap makanan lezat bisa Anda lakukan saat melakukan diet golongan darah B. Mulai dari aneka sayur dan buah, hidangan laut, daging, kacang sampai dengan sumber protein masih bisa Anda konsumsi tanpa khawatir bertambah gemuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *