Apakah Berbahaya Memiliki Kelebihan Sel Darah Putih? Simak Disini

kelebihan sel darah putih bahaya

Sel darah putih atau leukosit yang ada dalam tubuh manusia memiliki peranan untuk melawan penyakit. Namun jangan senang dulu, saat tubuh memiliki kelebihan sel darah putih maka hal tersebut bisa menjadi suatu tanda bahaya. Kelebihan leukosit bisa menjadi tanda adanya ketidakseimbangan dan gangguan dalam tubuh. Yuk simak informasinya dalam ulasan ini.

Bahaya Kelebihan Leukosit Dalam Tubuh

Saat tubuh didiagnosis memproduksi leukosit yang berlebih, maka ada baiknya untuk waspada. Pasalnya produksi leukosit yang berlebihan dapat menjadi tanda adanya kesehatan yang sangat serius. Umumnya kelebihan tersebut sebagai pertanda infeksi akibat bakteri atau virus di dalam tubuh. Peningkatan leukosit menjadi cara tubuh untuk melawan serangan virus dan bakteri.

ini kelebihan sel darah putih yang Perlu Anda Tahu

Adanya kenaikan leukosit juga bisa menjadi tanda adanya penyakit berbahaya. Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai yakni leukimia. Leukimia merupakan kanker leukosit karena adanya kelainan, sehingga menyebabkan peningkatan jumlah leukosit secara drastis. Namun sayangnya, peningkatan leukosit ini tidak dibarengi dengan fungsi yang baik bagi tubuh.

Hal tersebut karena jumlah leukosit yang diproduksi oleh sumsum tulang belakang melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga mengganggu kinerja organ tubuh lainnya, alih alih memerangi infeksi akibat virus atau bakteri. Jadi, jika terdapat kelebihan leukosit ada baiknya untuk tidak disepelekan guna menghindari penyakit yang serius dan berbahaya.

Gejala yang dialami oleh pengidap kanker leukosit, yakni terlihat pucat karena adanya anemia, pandangan berkunang kunang, mudah lelah, perdarahan yang tiba tiba terjadi, penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas, serta nyeri pada tulang dan sendi. Selain itu juga muncul gejala mual dan muntah, demam, tubuh memar, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Penyakit Penyebab Kelebihan Leukosit Dalam Tubuh

Terdapat beberapa penyakit yang bisa menjadi penyebab adanya kelebihan leukosit. Salah satunya yakni adanya reaksi alergi yang parah. Umumnya kenaikan jumlah produksi leukosit dapat dipicu karena adanya reaksi alergi. Tidak hanya itu, kenaikan leukosit juga bisa disebabkan oleh penyakit rheumatoid arthritis yang mengakibatkan nyeri hingga sendi bengkak.

ini Penyebab kelebihan sel darah putih dan Cara Mengobatinya

Penyakit tuberkulosis yang disebabkan oleh serangan dari bakteri Mycobaterium buterculosis, juga bisa menyebabkan adanya produksi leukosit menjadi berlebih di dalam tubuh. Umumnya penyakit satu ini akan ditandai dengan batuk berkepanjangan yang lebih dari 3 minggu, berdahak, dan tidak jarang juga disertai dengan mengeluarkan darah.

Selain itu, adanya produksi leukosit yang berlebihan di dalam tubuh juga bisa saja dipicu oleh penyakit polisitemia vera. Dimana kondisi tersebut disebabkan oleh adanya kelainan pada sumsum tulang belakang yang memproduksi sel darah merah atau eritrosit yang terlalu banyak, akibatnya darah mengalami peningkatan kekentalan.

Sehingga menyebabkan tugas eritrosit untuk membawa oksigen ke organ dan jaringan pada tubuh menjadi terganggu. Selain itu, penyakit ini juga bisa menyebabkan adanya kebekuan darah dan komplikasi lainnya dalam tubuh. Penyakit polisitemia vera umumnya banyak menyerang pada laki laki dibandingkan dengan wanita.

Berbagai penyakit lain seperti limfomia, penyakit lupus, dan juga batuk rejan juga bisa menjadi pemicu adanya produksi leukosit yang berlebihan di dalam tubuh. Karena terdapat banyak penyakit yang menjadi penyebab naiknya produksi leukosit, maka dokter harus melakukan pemeriksaan lanjutan untuk bisa memastikan penyebabnya agar bisa ditangani dengan tepat.

Itulah beberapa penyakit yang menyebabkan adanya kelebihan sel darah putih di dalam tubuh. Bukannya malah menjaga tubuh untuk memerangi virus dan bakteri, adanya kelebihan leukosit malah sangat berbahaya. Untuk itu, ada baiknya Anda selalu menjaga kesehatan dengan menjalani pola hidup sehat agar terhindar dar bahaya leukosit yang berlebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *