Badan Pegal dan Nyeri Otot Menyerang? Begini Cara Mengobatinya

Mengetahui obat yang digunakan untuk mengobati badan pegal dan nyeri otot

Hampir semua orang memiliki keluhan yang sama dan pernah merasakan badan pegal dan nyeri otot. Umumnya keluhan yang disampaikan berupa rasa yang tidak nyaman atau nyeri yang timbul di punggung, lengan, bahu, pergelangan kaki, dan lutut. Rasa pegal di tubuh dan juga nyeri pada otot, bisa terjadi karena banyak penyebab. Yuk simak informasinya di ulasan ini.

Penyebab Pegal dan Nyeri Pada Otot Tubuh

Perlu Anda ketahui, ternyata olahraga yang berlebihan bisa menyebabkan badan menjadi pegal serta timbul nyeri pada otot. Memang olahraga yang rutin sangat baik untuk menjaga tubuh tetap sehat, akan tetapi jika porsinya berlebihan bisa membuat nyeri dan juga pegal. Hal tersebut karena otot, tulang, dan sendi dipaksa untuk bekerja lebih keras daripada biasanya.

cara menghilangkan badan pegal dan nyeri otot

Duduk yang terlalu lama, ternyata juga bisa menyebabkan badan menjadi nyeri dan pegal. Hal tersebut umumnya dikarenakan sendi yang tidak bisa digerakkan. Apalagi jika berada pada posisi duduk yang salah, sehingga membuat sendi pada tulang belakang tertekuk dan harus menopang tubuh yang berada dalam posisi yang tidak nyaman.

Selain itu, berdiri dalam jangka waktu yang lama juga bisa membuat otot menjadi nyeri dan badan pegal pegal. Hal tersebut karena pada saat berdiri, beban tubuh akan dipusatkan pada sendi sendi tungkai, terutama di bagian lutut. Kondisi demikianlah yang membuat lutut menjadi terasa pegal serta otot menjadi nyeri, apalagi jika dilakukan dalam waktu lama.

Tidak hanya itu, ternyata cedera saat beraktivitas saat olahraga atau terjatuh juga bisa menjadi penyebab munculnya rasa pegal atau nyeri pada otot di bagian tubuh yang mengalami benturan. Risiko muncul cedera akan semakin besar apabila pada saat berolahraga tidak melakukan peregangan atau pemanasan terlebih dahulu.

Saat mengangkat beban yang terlalu berat juga bisa menjadi penyebab munculnya rasa pegal atau nyeri di otot. Hal tersebut karena saat mengangkat beban yang berat, maka otot punggung akan berkontraksi atau menegang. Sehingga menyebabkan area tersebut menjadi nyeri dan pegal. Risiko cedera akan semakin besar saat ditambah dengan posisi yang kurang nyaman.

Cara Mengobati Badan yang Pegal dan Nyeri Pada Otot

Saat rasa pegal atau juga nyeri di otot masih tergolong ringan, dengan memilih mengistirahatkan bagian tubuh yang cedera bisa menjadi cara ampuh. Hal ini karena dengan beristirahat, maka sendi akan memiliki waktu untuk melakukan pemulihan hingga bisa membantu rasa pegal serta nyeri menjadi berangsur angsur menghilang.

ini Penyebab badan pegal dan nyeri otot Tips Mengatasinya

Selain itu, mengompres dengan es pada bagian yang nyeri dan pegal juga bisa menjadi obat sederhana yang ampuh. Selain bisa mengurangi rasa pegal atau nyeri pada otot, mengompres dengan es juga bisa mengurangi pembengkakan. Caranya cukup mudah, cukup kompres bagian yang nyeri dan pegal dengan es yang dibungkus handuk selama 10 hingga 20 menit.

Jika rasa pegal atau nyeri terasa sangat tidak nyaman, mungkin Anda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol. Obat satu ini sudah sering digunakan sebagai obat mengatasi nyeri yang ringan hingga menengah. Selain itu, obat pereda nyeri ibuprofen juga cukup efektif untuk dicoba. Namun umumnya jika rasa pegal atau nyeri berbeda, maka obatnya pun berbeda.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi badan pegal dan nyeri otot. Seperti yang dijelaskan bahwa nyeri pada otot dan pegal banyak penyebabnya, sehingga tingkat keparahannya pun berbeda. Oleh karena itu, saat rasa pegal atau nyeri pada otot tidak hilang atau malah disertai dengan demam. Maka sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *