Kenali Aneka Bahaya Begadang Bagi Kesehatan

bahaya begadang

Mengingat pentingnya tidur bagi kesehatan, maka setiap orang disarankan untuk memiliki jam tidur yang sesuai anjuran. Sayangnya, masih banyak orang yang memiliki kebiasaan untuk begadang sampai pagi. Padahal bahaya begadang bisa saja mengintai dan menyerang tubuh. 

Setiap orang membutuhkan jam tidur yang berbeda tergantung usia. Orang dewasa membutuhkan tidur selama 7-9 jam per hari, sedangkan anak-anak selama 10-13 jam setiap harinya. Saat tertidur, tubuh akan memperbaiki kondisi fisik dan mental, serta memperbaiki jaringan rusak.

Bahaya Begadang yang Memberikan Dampak Buruk Bagi Kesehatan

1. Penuaan Dini

bahaya begadang
Begadang di malam hari bisa menyebabkan penuaan dini

Orang yang sering begadang, pasti kulitnya tampak lebih tua dari usianya. Hal ini disebabkan hormon kortisol atau hormon stres dilepaskan dengan jumlah lebih banyak. Hormon kortisol bersifat memecah jaringan kolagen pada kulit. Padahal, jaringan kolagen inilah yang membuat kulit kencang dan elastis.

Begadang juga menyebabkan kulit kusam, pucat, dan mata bengkak. Kebiasaan begadang secara berkepanjangan akan menyebabkan efek kurang tidur yang cukup kronis. Hal ini pada akhirnya akan membuat munculnya garis-garis halus yang menyebabkan kulit kusam dan  menunjukkan penuaan.

2. Resiko Peningkatan Berat Badan

Biasanya, orang yang kurang tidur pada malam hari cenderung menghabiskan waktu dengan makan cemilan yang berkalori tinggi. Makanan dengan kandungan karbohidrat berat juga sering dikonsumsi. Tentu saja sebagai pelepas lapar di malam hari. 

Tidak heran jika ini akan menyebabkan berat badan bertambah. Bukan hanya menyebabkan berat badan meningkat, orang yang kurang tidur juga memiliki resiko lebih besar untuk mengalami obesitas. Mengapa demikian?

Pasalnya, kurang tidur bisa dikaitkan dengan meningkatnya nafsu makan serta bertambahnya rasa lapar. Untuk itu, bagi yang sedang menjalani proses diet menurunkan berat badan, sebaiknya jangan begadang. Karena bisa membuat gagalnya proses diet yang dijalankan.

3. Mudah Lupa

bahaya begadang
Menjadi sering mudah lupa adalah salah satu dampak dari begadang

Perlu diketahui bahwa otak manusia akan melakukan proses regenerasi sel yang sangat berguna untuk memperkuat daya ingat. Tidur juga menjadi proses untuk memindahkan memori atau ingatan ke otak. Tujuannya untuk menyimpan memori dalam jangka panjang. 

Jika terlalu sering begadang, semua proses ini tentu akan terhambat. Akibatnya, seseorang yang sering begadang menjadi pelupa. Kantuk yang dirasakan akan membuatnya sulit berkonsentrasi. 

Oleh karena itu,  sebaiknya hindari kebiasaan begadang agar kinerja otak tidak terganggu. Kemampuan mengingat pun tetap dalam kondisi baik. Terutama jika setiap hari disibukkan dengan sekolah atau bekerja yang butuh konsentrasi.

4. Sistem Imun Menurun

Saat tidur, tubuh akan memproduksi imun yang sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Termasuk melawan virus dan bakteri. Jadi, bisa dikatakan bahwa tidur yang cukup akan meminimalisir tubuh terserang oleh aneka jenis penyakit. 

Sebaliknya, kebiasaan begadang akan membuat imunitas menjadi menurun. Dampaknya tentu saja pada daya tahan tubuh yang semakin rapuh. Bisa saja membuat seseorang menjadi sangat mudah terserang penyakit.

5. Memicu Terjadinya Penyakit Serius

bahaya begadang
Menjadi pemicu penyakit serius

Kebiasaan begadang secara terus-menerus setiap harinya, secara perlahan akan mengundang berbagai macam penyakit serius. Penyakit jantung, diabetes, stroke, tekanan darah tinggi, hingga kanker adalah beberapa daftar penyakit yang mungkin terjadi pada orang-orang yang hobi begadang. 

Itulah bahaya begadang bagi kesehatan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memperbaiki pola tidur dengan cara menghindari begadang. Apalagi jika begadang untuk hal-hal yang kurang penting. Jika ingin tubuh selalu sehat, sebaiknya tinggalkan hobi begadang mulai sekarang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *