Tidak Selalu Baik, Ini Bahaya Kelebihan Vitamin Pada Tubuh

bahaya kelebihan vitamin

Vitamin merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Zat ini berperan untuk menunjang fungsi metabolisme dan membantu menjaga kesehatan. Vitamin dapat diperoleh dari aneka bahan makanan alami. Selain itu, asupan vitamin pun dapat diperoleh dari suplemen. Meski sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun vitamin hanya dibutuhkan dalam jumlah yang cukup saja. Kelebihan vitamin di dalam tubuh justru akan menyebabkan efek yang berbahaya. Apa saja bahaya kelebihan vitamin untuk kesehatan?

Bahaya Kelebihan Vitamin A, B, C, D, E

Setiap jenis vitamin memiliki peran dan fungsi yang berbeda. Masing-masing jenis vitamin juga bisa menimbulkan masalah kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Nah, berikut ini adalah beberapa gangguan kesehatan akibat kelebihan vitamin:

1. Kelebihan Vitamin A

bahaya kelebihan vitamin
Menyebabkan Tulang Keropos

Vitamin A memiliki fungsi utama untuk menjaga kesehatan kulit dan mata. Ternyata, konsumsi vitamin A secara berlebihan bisa meningkatkan resiko tulang keropos atau osteoporosis. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan jika vitamin a dikonsumsi lebih dari 1,5 mg per hari, maka bisa meningkatkan resiko terjadinya patah tulang.

2. Kelebihan Vitamin B

Vitamin B  merupakan jenis vitamin dengan fungsi yang sangat beragam. Mulai dari menjaga kesehatan sistem saraf sampai mendorong pembentukan sel-sel darah merah. Vitamin B mudah diperoleh melalui bahan-bahan alami seperti telur, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan hati. 

Penyakit kelebihan vitamin B umumnya disebabkan oleh asupan vitamin B secara berlebih dari suplemen. Belum ada laporan terjadinya hipervitaminosis B yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung vitamin b alami. Penggunaan vitamin B lebih dari 200 mikrogram per hari bisa menimbulkan efek toksik. Jika hal ini dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, maka dapat berakibat terjadinya penyakit saraf. Biasanya, hipervitaminosis b kompleks akan menyebabkan terjadinya perubahan pada kulit, luka pada usus, mual, liver berlemak, asam urat, hingga meningkatkan kadar gula darah.  

3. Bahaya Kelebihan Vitamin C

bahaya kelebihan vitamin
Mual Akibat Terlalu Banyak Vitamin C

Gangguan kesehatan akibat kelebihan vitamin C terjadi ketika jumlah vitamin C yang dikonsumsi lebih dari dosis 2000 mg setiap hari. Biasanya, hal ini terjadi saat seseorang mengonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen. Gangguan akibat kelebihan vitamin C di antaranya adalah merasa mual, diare, insomnia, sakit kepala, dan efek paling parah yaitu terbentuknya batu ginjal. 

4. Kelebihan Vitamin D

Vitamin D memiliki fungsi utama untuk meningkatkan proses penyerapan kalsium agar kesehatan gigi, tulang, dan otot selalu terjaga. Namun, mengkonsumsi vitamin D secara berlebihan justru akan menyebabkan penumpukan zat kalsium di dalam darah, jaringan lunak, dan arteri. Bukan itu saja, beberapa pasien kelebihan vitamin D juga dilaporkan menderita batu ginjal. Perlu Anda ketahui bahwa batas konsumsi vitamin D, yaitu 600 iu per hari.

5. Bahaya Kelebihan Vitamin E

bahaya kelebihan vitamin
Sakit Kepala Karena Kelebihan Vitamin E

Selain bisa mendapatkan vitamin E melalui sumber makanan seperti buah-buahan, minyak sayur, sereal, telur, dan daging ayam, Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin E melalui suplemen yang tersedia di pasaran. Vitamin E sendiri berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit serta jaringan tubuh. Namun, mengkonsumsi vitamin E secara berlebihan juga tidak dianjurkan karena akan memberikan efek buruk, seperti muncul ruam, memar, sakit kepala, hingga rasa lelah atau letih. Bahkan, penelitian juga mengungkapkan bahwa konsumsi vitamin E berlebih akan meningkatkan risiko stroke.

Itulah bahaya kelebihan vitamin yang wajib Anda ketahui. Jadi, pastikan Anda tidak mengonsumsi vitamin secara berlebihan. Mengonsumsi suplemen vitamin memang diperbolehkan, namun tetap perhatikan dosis yang dianjurkan dan jangan sampai berlebihan. Sebelum mengonsumsi suplemen vitamin, alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dengan begitu, maka Anda bisa mendapatkan resep yang pas dengan kondisi kesehatan Anda dan terhindar dari kesehatan yang bisa mengancam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *