Bahaya! Ini yang Terjadi Bila Mandi Setelah Berolahraga

Setelah berolahraga artinya akan ada banyak keringat yang keluar. Rasa tidak nyaman akan dirasakan bila keringat dibiarkan terlalu lama menempel di kulit dan baju yang dikenakan. Keinginan untuk segera membersihkan tubuhpun rasanya akan menjadi pilihan yang terbaik. Mandi setelah berolahraga dengan air dingin atau air hangat pasti bisa mengembalikan kesegaran.

Namun ternyata, sebaiknya Anda segera menghentikan kebiasaan tersebut. Karena ada banyak bahaya yang mengancam kesehatan bila Anda kerap mandi langsung, setelah tubuh berkeringat. Apa sajakah efek negatif yang bisa Anda dapatkan? Berikut ini beberapa penjelasannya.

Melebarnya Pembuluh Darah

Melakukan olahraga, itu artinya suhu tubuh dan tekanan darah Anda akan meningkat dan jantungpun akan bekerja lebih cepat. Jika Anda langsung mandi setelah berolahraga, maka pembuluh darah akan melebar dan akan membuat Anda menjadi lebih rentan terkena berbagai macam penyakit. Membilas tubuh dengan air dingin bisa juga menyebabkan serangan jantung karena suhu yang drastis, kejadian ini tentunya tidak diinginkan oleh siapapun juga.

Terganggunya Fungsi Kelenjar Keringat

Jumlah keringat yang keluar dari pori-pori setelah berolahraga biasanya akan banyak. Jangan biarkan air mandi menghentikan fungsi kelenjar keringat secara tiba-tiba, karena hanya akan membuat fungsinya terganggu hingga akhirnya kinerjanya akan menurun serta proses pengeluaran panas dalam tubuh menjadi terhambat. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapati ruam pada kulit serta masalah kulit lainnya.

Nyeri Sendi

Nyeri sendi hingga mengalami rematik merupakan salah satu efek negatif yang akan didapat, bila Anda mandi setelah berolahraga. Hal ini disebabkan karena tubuh yang sedang aktif mengeluarkan keringat, tiba-tiba harus terhenti karena air yang Anda siramkan ke tubuh.

Apa Bahaya Mandi Setelah Olahraga?

Mudah Terserang Virus

Alih-alih menghilangkan bakteri yang bisa menyebabkan bau badan karena keringat, ternyata membilas tubuh segera setelah berolahraga, hanya akan membuat virus flu menjadi mudah datang. Ini menunjukkan bahwa daya tahan tubuh mulai menurun dan melemah.

Lantas kapan waktu yang tepat mandi setelah berolahraga agar tidak mengalami kejadian-kejadian yang telah disebutkan di atas tadi?

Sebaiknya, biarkan tubuh kembali pada suhu normal, kisaran suhu berada di 36,5 hingga 37,2 derajat Celscius. Jika Anda berolahraga maka suhu tubuh biasanya akan naik sekitar 0,6 derajat Celsius. Tunggu hingga suhu tubuh normal baru mandi dan hilangkan keringat dengan sabun.

Kini saatnya Anda mengetahui manfaat yang bisa didapat bila Anda mandi 20 hingga 30 menit setelah berolahraga. Mandi setelah berolahraga akan meningkatkan metabolisme tubuh serta memperbaiki kekebalan tubuh. Keringat yang dibiarkan menempel tanpa melalui proses mandi, hanya akan menimbulkan bakteri. Tidak saja menyebabkan bau badan, jerawat, dan gatal-gatal, tidak mandi setelah berkeringat akan membuat kulit menjadi sulit untuk bernapas.

Gunakan air hangat untuk membilas tubuh agar sendi dan otot pulih setelah melakukan olahraga. Aliran darah juga biasanya akan menjadi lebih lancar. Sementara jika Anda suka mandi dengan menggunakan air dingin, maka pembuluh darah akan kembali menyempit dengan sempurna. Mandi air dingin juga membantu meredakan peradangan otot yang bisa saja terjadi karena olahraga yang terlalu berat.

Itulah bahayanya bila mandi setelah berolahraga. Jadi, hindari menyiram badan langsung setelah berolahraga agar terhindar dari berbagai macam jenis penyakit. Tunggu hingga beberapa saat baru bersihkan tubuh dari keringat dan rasakan kesegaran setelahnya. Sambil menunggu kembalinya suhu tubuh dan detak jantung ke posisi normal, Anda bisa melakukan peregangan dan pendinginan, minum air hangat  juga mengisi perut secukupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *