Bahaya Rokok Untuk Wanita yang Mencengangkan

Jika berbicara mengenai rokok, biasanya memang selalu identik dengan pria. Namun, hal tersebut kini sudah tidak berlaku lagi pada zaman sekarang yang sudah tidak terlalu peduli dengan bahaya rokok untuk wanita. Karena sekarang sudah mulai banyak wanita yang juga berani dan memiliki kebiasaan merokok.

Entah apa yang menjadi daya tarik dari rokok ini sehingga banyak peminatnya tanpa pandang jenis kelamin. Nyatanya gambar menyeramkan yang ada pada bungkus rokok yang terpampang jelas itu tidak menjadi ancaman bagi para perokok itu sendiri.

Menurut medis, wanita lebih rentan terserang penyakit yang diakibatkan oleh rokok daripada pria. Sehingga wanita harus mendapatkan perlakuan medis secara khusus dibandingkan pria. Hal ini dikarenakan karena perbedaan fisik antara wanita dan pria. Dimana wanita mengalami gejala hormonal yang secara alami mengalami menstruasi, mengandung bayi, dan menyusui bayi.

Bahaya rokok untuk wanita mengancam wanita yang sedang hamil, akan membuat komplikasi kehamilan, serta tingkat resiko kelahiran bayi dengan berat badan rendah sampai dengan kelahiran bayi prematur.

Meskipun demikian, sampai saat ini jumlah perokok berjenis kelamin wanita terus bertambah dari sebelumnya. Kebanyakan dari mereka, memulai mencoba merokok pada usia remaja, yaitu usia 14 tahun sampai 16 tahun. Hal ini biasanya disebabkan oleh salahnya pergaulan pada remaja yang memaksakan mereka harus melakukan perbuatan yang tidak baik ini.

Nah, berikut ini ulasan mengenai beberapa dampak dari bahaya Rokok untuk wanita. Simak yuk!

Kanker payudara

Bahaya rokok yang sangat berbahaya yaitu dapat menyebabkan kanker payudara bagi wanita. Terbukti bahwa kandungan dalam rokok membuat tubuh tidak dapat melawan sel kanker secara efektif. Menurut analisis oleh Jurnal National Cancer Institute, menyatakan bahwa wanita perokok memiliki resiko 24% lebih tinggi mengalami kanker payudara.

Gangguan kesuburan

Kesuburan atau fertilitas merupakan dampak daribahaya merokok.  Kesuburan pada tubuh wanita perokok dapat berkurang hingga mencapai 72%. Sehingga wanita perokok mempunyai kemungkinan lebih besar untuk infertilatau  mengalami kemandulan.

Rangsangan dari asap rokok akan mengganggu pergerakan sperma maupun sel telur dalam rahim sehingga sulit terjadi pembuahan. Selain itu, hal tersebut juga dapat menyebabkan ovarium pada wanita menua, produksi estrogen rusak, DNA telur rusak, dan menyebabkan menopause dini.

Apa Bahaya Rokok untuk Wanita?

Gangguan kehamilan

Bahaya rokok untuk wanita lainnya yaitu dapat mengganngu kehamilan. Pada wanita hamil, zat racun pada asap rokok dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan ari-ari pada janin. Hal ini dapat menyebabkan bayi terlahir premature atau kekurangan berat badan karena ari-ari yang terhubung dengan Ibunya mengalami gangguan. Selain itu, zat berbahaya dalam rokok dapat menembus plasenta janin dan mengganggu kesehatan janin secara keseluruhan.

Kerusakan DNA

Sel-sel paru perokok memang terlihat sehat ketika melakukan X-Ray, namun sebernarnya sel tersebut sedang berubah menjadi sel kanker. Hal ini diungkapkan dalam Jurnal Stem Cell.

Depresi

Dikutip dari laman Brittish Journal of Psychiatry, bahwa kegantungan terhadap nikotin dapat menyebabkan depresi. Selain itu, kandungan nikotin pada rokok juga dapat menyebabkan perubahan aktifitas neurotransmitter di otak, yang dapat meningkatkan resiko depresi menurut Profesor David Fergusson.

Tidak tahu karena faktor apa, banyak wanita yang terjerat oleh bahaya rokok. Hal tersebut dapat terjadi mungkin karena banyak faktor seperti, stress berlebihan, salah pergaulan, dan rasa penasaran. Hal ini merupakan ancaman bagi wanita, karena beberapa penelitian mengungkapkan bahwa bahaya rokok untuk wanita lebih besar daripada untuk pria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *