Batas Konsumsi Gula Per Hari yang Ideal Untuk Tubuh

batas konsumsi gula per hari

Bukan hal yang baru jika seringkali ditemukan beberapa produk makanan yang mengandung kadar gula melebihi standar yang telah ditetapkan. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap kesehatan. Sebenarnya, berapa sih batas konsumsi gula per hari yang ideal bagi setiap usia?

Batas Konsumsi Gula Per Hari yang Perlu Diketahui

batas konsumsi gula per hari
Inilah batasan konsumsi gula harian yang dianjurkan

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, setiap orang membutuhkan asupan gula paling sedikit 10 persen dari total energi. Jika jumlah kalori harian 2000 kalori, maka gula yang dibutuhkan tubuh sebanyak 50 gram gula. Setara dengan 4 sendok makan. 

Rekomendasi yang dianjurkan oleh AHA (American Heart Association), asupan gula setiap orang harus memenuhi setengah kalori per harinya. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengetahui jumlah gula yang tepat yang dibutuhkan oleh seseorang. Dengan begitu asupan gula bisa terjaga dengan baik. 

Untuk pria, membutuhkan asupan gula sebanyak 9 sendok teh setiap harinya. Sementara wanita cukup mengkonsumsi 6 sendok teh untuk memenuhi asupan gula dalam tubuh. Lalu, usia 2 sampai dengan 18 tahun, sebaiknya menghabiskan paling banyaknya 6 sendok teh dalam kurun waktu 24 jam. 

5 Cara Membatasi Asupan Gula Harian

1. Memperhatikan Asupan Gula dari Makanan dan Minuman

Gula yang ada dalam minuman atau makanan, harus selalu diperhatikan. Walaupun manis yang dikeluarkan tidak terlalu terasa, namun tidak langsung gula tersebut akan diproses oleh tubuh. Sebagai alternatif, dapat menggunakan madu sebagai pengganti gula.

2. Meminimalkan Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

batas konsumsi gula per hari
Kurangi konsumsi minuman dan makanan yang manis

Gula yang ada di dalam soda, sedikitnya adalah 9.75 sendok teh. Jumlah tersebut sudah melebihi anjuran oleh AHA dalam 1 hari. Sementara minuman manis lain seperti jus buah yang ditambah gula, umumnya dijual dengan menambahkan gula setengah dari cup jus. 

Faktanya, gula yang terkandung dalam minuman akan lebih cepat dicerna oleh tubuh bila dibandingkan dengan gula yang ada dalam makanan. Sehingga, terjadi lonjakan yang tidak teratur dan mempengaruhi kadar gula darah di tubuh.

3. Memperbanyak Konsumsi Makanan yang Berasal dari Alam

Makanan yang berasal dari alam bukan makanan olahan, akan lebih untuk meningkatkan kesehatan tubuh seseorang. Selain itu, gula alami yang terkandung di dalam buah-buahan segar lebih mudah dicerna oleh tubuh untuk diubah menjadi energi. 

Caranya, gunakan buah sebagai makanan pencuci mulut setelah memakan makanan utama. Dengan begitu, asupan gula setiap harinya sudah cukup terpenuhi tanpa perlu mengkonsumsi makanan manis olahan.

4. Memeriksa Label Gizi yang Ada Dibalik Kemasan

batas konsumsi gula per hari
Selalu perhatikan label pada balik kemasan makanan

Setiap makanan kemasan pasti terdapat informasi mengenai angka kecukupan gizinya. Bagi yang ingin mengetahui berapa banyak jumlah kandungan gula dalam satu produk, maka dapat memperhatikan komposisi yang tulisannya berakhiran kata ‘osa’.

Contohnya, sukrosa, fruktosa, glukosa, galaktosa, dekstrosa dan maltosa. Dengan begitu kita bisa memperkirakan konsumsi dari makanan atau minuman tersebut. Jangan sampai berlebihan dalam konsumsinya. 

5. Mulai Mencoba Beralih ke Makanan yang Memiliki Rasa Masam dan Pahit

Menghindari makanan atau minuman manis sepertinya cukup sulit jika tidak dibiasakan sejak dini. Bagi orang dewasa, caranya cukup membiasakan diri mengonsumsi makanan yang mengandung rasa asam dan pahit dari buah-buahan.

Misalnya. buah lemon atau pare yang dapat dikonsumsi secara langsung maupun tidak langsung. Dengan begitu kita bisa berangsur lepas dari ketergantungan terhadap gula. Sehingga hidup bisa lebih seimbang. 

Itulah informasi mengenai batas konsumsi gula per hari yang dibutuhkan oleh segala usia beserta tips membatasi asupan gula harian. Pastikan untuk memperhatikan asupan gula setiap harinya. Sehingga tidak akan mengalami masalah kesehatan yang disebabkan oleh gula di kemudian hari. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *