Inilah Beberapa Efek Mandi Malam Jika Terlalu Sering

Mungkin beberapa diantara kita pasti ada yang pernah melakukan mandi saat malam hari, rasanya memang sangat nyaman apalagi ketika kita menggunakan air hangat. Biasanya mandi sat malam hari karena aktivitas yang dilakukan beberapa orang hingga larut malam sehingga tidak sempat untuk mandi malam sebelum tidur.

Disisi lain membuat badan terasa bersih dan nyaman juga dapat membuat tidur menjadi nyenyak. Akan tetapi disisi lain ada beberapa efek mandi malam bagi kesehatan yang tentunya mesti kamu ketahui

Paru – Paru Basah

Bagi kamu yang pernah atau sering mandi malam hingga sekarang tentunya ada beberapa hal yang mesti kamu ketahui salah satunya adalah dapat menyebabkan paru – paru basah. Hal ini tentunya ternyata benar adanya. Apabila kita melakukan mandi saat malam hari terus menerus tentunya tubuh kita pun akan lebih rentan lagi terkena masalah kesehatan pernapasan contoh seperti batuk , paru – paru dan lain sebagainya.

Demam

Semua orang tentunya pasti tahu bahwa mandi malam beresiko menyebabkan demam, apabila pada saat malam hari suhu udara panas, maka di sisi lain suhu tubuh pun akan sedikit meningkat yang sehingga nantinya pori – pori kulit akan terbuka. 

Walaupun kita mandi dengan air yang dinginkan tentunya akan masuk pada kulit yang terbuka sehingga suhu panas pun tercampur dengan air dingin. Selain itu akibatnya akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi turun serta rentan sekali terkena virus dan demam.

Metabolisme tubuh terganggu

Selain itu efek mandi malam selanjutnya dapat membuat metabolisme tubuh kita akan terganggu karena seperti yang sudah dijelaskan diatas pori – pori kulit akan terbuka hingga air pun masuk kedalam tubuh sehingga akan menyebabkan metabolisme tubuh terganggu. Hal tersebut dikarenakan ketika malam hari tubuh pun mulai melemah sehingga membutuhkan istrirahat.


Efek Mandi Malam

Apa Bahaya Efek Mandi Malam?

Pilek

Selain itu apabila kamu mandi saat malam hari bisa saja kamu akan mengalami hidung tersumbat atau pilek,  apabila setelah pulang bekerja tubuh kamu merasa lelah dan juga lengket karena keringat dan ingin menyegarkan tubuh dengan mandi, alangkah baiknya hal tersebut tidak dilakukan. Apalagi ketika suhu tubuh kamu sangat tinggi dan mandi tentunya sangat tidak dianjurkan karena akan berbahaya bagi kesehatan.

Rematik

Salah satu hal yang tentunya sangat tidak diinginkan adalah rematik. Ketika mandi saat malam hari bisa saja dapat menyebabkan penyakit yang satu ini terjadi pada peradangan sendi yang akan menyebabkan sakit pada persendian. Penyakit ini memang belum diketahui penyebabnya akan tetapi menurut beberapa pakar kesehatan penyakit tersebut disebabkan oleh penyakit pada kelainan genetik oleh karena itu kamu mesti hati – hati.

Masuk Angin

Efek mandi malam selanjutnya adalah masuk angin, selain demam, penyakit inipun bisa terjadi ketika selesai mandi pada saat malam hari. Selain itu juga akan lebih beresika apabila suhu tubuh kamu berada dalam keadaan tinggi.

Oleh karena itu hindarilah hal tersebut selain itu bagi kamu yang biasa mandi malam karena pulang dari pekerjaan lebih baik di hentikan karena  bisa saja terkena masuk angin, selain itu cara mengakalinya kamu bisa mencuci muka mulut tangan dan juga kaki sebagai ganti mandi ketika malam.

Nah itulah beberapa efek mandi malam yang tentunya harus kamu ketahui, semoga dengan adanya hal ini bisa menjadi referensi dan juga dapat mengingatkan kamu akan bahayanya mandi ketika malam hari.M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *