Mengenal Aneka Cara Diet Alami yang Aman untuk Kesehatan

cara diet alami

Salah satu cara yang menjadi favorit banyak orang untuk mendapatkan tubuh langsing adalah dengan melakukan diet alami. Tidak heran, jika cara diet alami sangat dicari untuk dipraktekkan. Memiliki tubuh dengan berat yang ideal merupakan dambaan bagi setiap wanita dan pria. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak cara ditempuh untuk mewujudkan berat badan yang ideal. Mulai dari melakukan sedot lemak, mengkonsumsi suplemen pelangsing, hingga mengikuti diet ketat. Meski sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menurunkan berat badan, namun masih banyak orang yang belum berhasil mendapatkan berat badan ideal. 

Berbeda dengan proses diet ketat yang membuat kamu harus menahan rasa lapar berlebihan, diet alami tidak akan menahanmu sekeras itu. Hanya saja, jenis makanan yang boleh dikonsumsi adalah makanan yang mengandung protein , vitamin,  serat, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Lalu, bagaimana cara diet yang aman untuk kesehatan?

Inilah Cara Diet Alami Yang Aman Untuk Kesehatan

cara diet alami
Diet yang Sehat

Jika kamu menganggap bahwa diet karbohidrat artinya tidak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sama sekali, tentu saja kamu salah besar. Proses diet karbohidrat tetap mengharuskan kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat. Namun, tentu jumlah atau porsinya jauh lebih sedikit. Diet semacam ini juga dikenal dengan istilah diet rendah karbohidrat atau a low-carb diet.

Cara diet keto hampir sama dengan diet rendah karbohidrat. Jika diet karbohidrat mengharuskan kamu untuk mengkonsumsi makanan berkarbohidrat dengan porsi sedikit, maka diet keto mengharuskan kamu untuk meningkatkan konsumsi lemak dan mengurangi konsumsi protein.

Tujuan mengapa kamu harus memperbanyak konsumsi lemak pada diet keto adalah supaya tubuh bisa mencapai kondisi yang disebut ketosis. Pada kondisi ketosis, tubuh kita akan membakar lemak yang nantinya digunakan sebagai sumber energi utama. Selain itu, lemak yang dikonsumsi juga akan diolah di dalam hati membentuk keton yang kemudian bisa memberikan energi kepada otak. 

Diet keto sangat dianjurkan sebagai cara untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Beberapa kondisi tubuh yang mendapatkan manfaat dari proses diet keto antara lain mampu mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes tipe 2, membantu mengurangi resiko terjadinya gangguan sistem saraf, mengurangi resiko terkena penyakit jantung, serta dapat meringankan gejala epilepsi yang terjadi pada anak.

Jika kamu tertarik untuk menjalankan diet keto, tentunya kamu harus siap untuk mengurangi konsumsi makanan berkarbohidrat setiap harinya. Diet keto standar  mengharuskan kamu menjaga pola makan berupa 5% karbohidrat, 20% protein, dan 75% lemak. Sementara itu, pada diet keto tinggi protein menerapkan porsi makan berupa 60% lemak, 35% protein, dan 5% karbohidrat.

Durasi Diet Keto dan Asupan yang Disarankan

cara diet alami
Makan Buah-buahan Sehat untuk Diet

Anjuran diet keto adalah hanya boleh dilakukan untuk jangka pendek, yaitu antara 2-3 minggu atau mencapai batas maksimal selama 6-12 bulan. Pada proses jangka pendek ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi lemak pada tubuh serta memperbaiki kesehatan. Pada tahap yang selanjutnya, kamu hanya diharuskan untuk menjalankan pola hidup sehat saja. Hal ini bertujuan untuk terhindar dari risiko gangguan kesehatan yang dapat terjadi jika kamu menjalankan proses diet keto dalam jangka panjang.

Jika kamu ingin diet keto memberikan hasil yang maksimal, maka kamu harus ketat dalam memilih asupan konsumsi nutrisi. Salah satunya adalah ketat dalam memilih jenis buah untuk diet/ Perlu diketahui bahwa beberapa jenis buah mengandung karbohidrat dengan kadar yang tinggi. Nah, beberapa jenis buah yang aman dikonsumsi oleh pelaku diet keto antara lain alpukat, kelapa, zaitun, strawberry, raspberry, blackberry, tomat, dan lemon, 

Pastikan kamu mempertimbangkan berbagai manfaat serta kemungkinan terjadinya resiko dari diet keto sebelum menjalankannya. Jangan sampai kamu hanya sekedar tergiur dengan manfaatnya yang dapat menurunkan berat badan yang cepat. kamu juga harus mempertimbangkan kemungkinan terjadinya risiko ketoasidosis yang cukup berbahaya.

Pada dasarnya, apa pun jenis  diet yang dilakukan tidak selalu memberikan hasil yang sama pada setiap orang. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi kamu untuk memilih cara diet alami yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh. Alangkah lebih baiknya jika kamu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli gizi sebelum memutuskan untuk menjalankan proses diet, sehingga kamu bisa menentukan jenis diet yang paling pas untuk tubuhmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *