Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alami 

cara memanjangkan rambut

Banyak wanita yang kurang percaya diri dengan tampilan rambut pendek. Hingga memilih memanjangkan rambut dengan instan yaitu hair extension. Selain tidak alami, tren ini membutuhkan perawatan ekstra. Sebenarnya, ada cara memanjangkan rambut rambut yang lebih mudah.

Cara Memanjangkan Rambut Alami

Usaha untuk memanjangkan rambut dengan cepat tidak harus menggunakan cara rumit dan mahal. Karena bisa dilakukan dengan alami dan murah. Berikut ini, tips sederhana cepat memanjangkan rambut secara alami dan tetap sehat.

1. Keramas 2 sampai 3 Kali dalam Seminggu

cara memanjangkan rambut
Hindari Kebiasaan Keramas Setiap Hari

Hindari keramas setiap hari karena kebiasaan ini dapat menghilangkan minyak alami yang dihasilkan rambut. Kondisi ini dapat menyebabkan rambut kering dan menghambat pertumbuhan rambut. Sebaiknya keramas dilakukan 2 atau 3 kali dalam seminggu, dan jangan terlalu banyak menggunakan shampoo.

Setiap kali keramas, biasakan untuk memberikan pijatan ringan pada kulit kepala. Cara ini dapat membantu aliran darah di sekitar kepala menjadi lancar, serta mendorong pertumbuhan rambut. Selain itu, pijatan ringan juga dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks.

2. Menggunakan Conditioner Setelah Keramas

Penggunaan conditioner setelah keramas sangat penting. Perawatan ini berguna untuk mencegah rambut bercabang dan menguatkan rambut. Tapi, masih banyak yang salah dalam menggunakan produk ini. Aplikasikan dari rambut bagian atas sampai ujung, jangan sampai terkena kulit kepala.

Conditioner dapat membuat kulit kepala sulit bernapas dan menyebabkan rambut mudah rontok. Sebelum menggunakan conditioner pastikan rambut sudah dibilas hingga benar-benar bersih. Busa yang tersisa pada kulit kepala dapat menimbulkan masalah rambut seperti ketombe.

3. Mengeringkan Rambut Secara Alami

cara memanjangkan rambut
Usahakan untuk Selalu Mengeringkan Rambut dengan Alami

Setelah selesai keramas, jangan membiasakan membungkus rambut dengan handuk. Cara ini membuat rambut kusut dan rapuh. Hindari pula kebiasaan menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut. Panas yang dikeluarkan alat ini dapat menyebabkan rambut rusak dan mudah patah.

Cara terbaik mengeringkan rambut adalah dengan mengangin-anginkan, biarkan kering secara alami. Apabila terburu-buru ingin keluar rumah, gunakan kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan. Rambut yang dibiarkan bebas dari bungkusan handuk atau alat pengering akan tumbuh lebih sehat

4. Rutin Menggunakan Masker Rambut

Rambut dapat tumbuh dengan cepat dan sehat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Salah satu perawatan yang dapat dilakukan adalah menggunakan masker khusus untuk rambut. Manfaat perawatan ini antara lain merangsang pertumbuhan rambut, serta tampilan rambut lebih berkilau dan halus.

Bahan alami yang dapat digunakan adalah putih telur. Campurkan bahan ini dengan minyak zaitun, kemudian aplikasikan pada rambut. Berikan pijatan ringan ketika mengaplikasikan, lalu biarkan sekitar 10 menit agar nutrisi meresap pada kulit kepala. Setelah selesai bilas dengan air hangat.

5. Menjaga Pola Makan

cara memanjangkan rambut
Konsumsi Makanan yang Bergizi dan Mengandung Protein

Memanjangkan rambut tidak hanya dilakukan dari luar. Makanan yang dikonsumsi juga mempengaruhi pertumbuhan rambut. Hindari makanan yang menghambat pertumbuhan seperti ikan yang mengandung merkuri, makanan dengan indeks glikemiks tinggi, dan mengonsumsi protein berlebihan.

Mengonsumsi protein berlebihan dari hewani dapat merusak rambut. Oleh karena itu, cukupi asupan protein dari kacang-kacangan. Imbangi dengan makanan yang kaya gizi seperti daging, ikan, telur, buah, dan sayur. Supaya rambut tetap sehat tubuh harus mendapat protein dan vitamin seimbang.

Ingin mendapatkan rambut panjang secara alami tanpa ribet, ikuti cara memanjangkan rambut seperti di atas. Siapa saja akan lebih percaya diri tampil dengan rambut yang lebih sehat dan tampak lebih terawat. Selamat mencoba! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *