Intip Cara Membakar Lemak Saat Tidur Paling Efektif Berikut Ini! 

cara membakar lemak saat tidur

Tidur memang bisa membakar kalori. Selain harus makan sehat dan rajin olahraga, impian memiliki tubuh ideal juga bisa diwujudkan dengan cara membakar lemak saat tidur. Namun, ini tidak bisa terjadi secara instan. Perlu beberapa trik untuk mewujudkannya.

Perlu diketahui bahwa tidur yang berkualitas memegang peran yang sangat penting untuk kesehatan. Kebiasaan baik ini bisa membantu mengurangi stres, membuat tubuh lebih segar, serta meminimalisir risiko penyakit. Selain itu, tidur juga menjadi waktu yang baik untuk membakar lemak. 

Ini Dia, 5 Cara Membakar Lemak Saat Tidur Paling Ampuh

1. Rutin Minum Susu Tinggi Protein Sebelum Tidur

cara membakar lemak saat tidur
Biasakan diri untuk mengkonsumsi susu tinggi protein ketika akan tidur

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan konsumsi susu tinggi protein sebelum tidur. Dibandingkan camilan, lebih baik minum susu tinggi protein (whey protein) sebelum tidur. Ini akan jauh lebih sehat. 

Hal ini sesuai dengan hasil penelitian dari Florida State University terhadap pria yang minum susu dengan kandungan 30 gram protein sebelum tidur. Hasilnya terbukti bahwa minum susu bisa membakar kalori saat tidur dibandingkan tidak meminumnya. Maka cara ini bisa cukup efektif.

2. Usahakan Tidur dengan Kondisi Kamar Gelap

Kamar gelap akan jauh lebih baik untuk pembakaran kalori. Pasalnya, tubuh akan menghasilkan lebih banyak melatonin ketika kondisi kamar gelap gulita. Melatonin sendiri merupakan hormon yang dapat menyebabkan orang mengantuk. 

Selain itu, penelitian terbaru yang terbit di Journal of Pineal Research juga menyatakan bahwa melatonin bisa meningkatkan produksi brown fat atau lemak coklat. Tujuannya untuk membakar kalori di dalam tubuh. Sehingga bisa sangat membantu untuk pembakaran lemak.

Studi lainnya mengungkapkan bahwa paparan cahaya yang berlebihan bisa meningkatkan risiko depresi serta mengakibatkan kenaikan berat badan. Maka dari itu, pastikan tidur dalam kondisi yang gelap. Dengan begitu pembakaran lemak bisa lebih mudah.

3. Pastikan Suhu Ruang Tidur Sejuk

cara membakar lemak saat tidur
Jangan lupa untuk memastikan suhu ruang kamar sudah sejuk

Sebuah penelitian yang terbit pada jurnal Diabetes mengungkapkan bahwa tidur pada ruangan yang didinginkan pada suhu 18 °C bisa membakar kalori sebanyak 7%. Tentunya dibandingkan pada ruangan yang hangat. Jadi, pastikan untuk membuat kondisi kamar lebih sejuk.

4. Matian Semua Gawai Sebelum Tidur

Adanya kebiasaan bermain gadget bisa menghambat proses pembakaran lemak. Tidak sedikit orang yang memilih meluangkan waktu di malam hari untuk menonton video, televisi, atau scrolling sosial media. Ternyata, kebiasaan tersebut sangat berpengaruh pada kualitas tidur.

Penelitian dari Manchester University menemukan bahwa cahaya yang gadget akan menghambat produksi melatonin. Sudi dari Singapura mengungkapkan menonton TV hingga larut malam meningkatkan lemak darah (trigliserida). Tentunya akan berdampak pada kesehatan. 

Nonton TV hingga malam juga menghambat produksi pengatur glukosa dalam tubuh. Penelitian dari Northwestern University menyatakan bahwa blue light atau cahaya biru yang dipancarkan oleh elektronik bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Maka dari itu hindari kebiasaan ini sebelum tidur.

5. Jangan Lupa Olahraga pada Sore Harinya

cara membakar lemak saat tidur
Jangan olahraga berat pada sore harinya

Olahraga merupakan kunci untuk meningkatkan metabolisme. Maka dari itu, sangat disarankan untuk berolahraga di sore hari. Namun, sebaiknya beri jarak waktu minimal 4 jam dengan waktu tidur supaya tidak mengalami insomnia. Olahraga akan membantu membakar lemak atau kalori dalam tubuh.

Itulah beberapa cara membakar lemak saat tidur. Hanya dengan tidur, maka berat badan bisa turun secara perlahan. Namun, pastikan untuk mengikuti tips dan trik tersebut setiap harinya agar hasilnya bisa lebih maksimal. Selain bisa membakar lemak, tidur yang berkualitas tentunya akan membuat badan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *