4 Cara Menambah Berat Badan dengan Sehat dan Aman

cara menambah berat badan

Tidak selalu menurunkan berat badan, banyak pula orang yang mencari cara menambah berat badan yang sehat. Sebab, ada beberapa orang yang memiliki kondisi kekurangan berat badan dan juga berpotensi menimbulkan penyakit. Oleh karena itu, menambah berat badan perlu dilakukan.

Jika banyak orang mengira bahwa menaikkan berat badan lebih mudah dilakukan hanya dengan makan banyak, tentu saja itu cara yang salah. Pada dasarnya, cara yang dilakukan sama dengan menaikkan berat badan. Mengatur pola makan dan berolahraga, menjadi bagian yang penting untuk dilakukan.

Cara Menambah Berat Badan Secara Sehat

Menambah berat badan perlu dilakukan dengan cara sehat. Sebab, jika salah langkah, justru akan mengalami kelebihan berat badan yang berisiko pada kesehatan. Oleh karena itu, menambah berat badan yang sehat dapat dilakukan dengan menyeimbangkan massa otot dan lemak subkutan, inilah caranya:

1. Cara Menambah Berat Badan dengan Waktu Makan Lebih Sering

 

cara menambah berat badan
Tambah frekuensi waktu makan

Cara pertama adalah dengan makan lebih sering. Dibandingkan dengan makan hanya tiga kali sehari, mencoba makan lebih sering lima atau enam kali sehari, akan menambah jumlah kalori. Hal ini dilakukan agar Anda tidak terlalu merasa kenyang meski harus makan lebih banyak.

Lakukan dalam porsi kecil untuk sekali makan, namun frekuensi makan yang ditambah. Cara tersebut lebih efektif, dibandingkan dengan makan dua atau tiga kali dalam porsi yang besar. Jadi, akan lebih baik untuk melakukan cara ini untuk hasil yang lebih signifikan. 

2. Pilih Makanan yang Padat Kalori

Makanan padat nutrisi seperti kacang-kacangan dan buah-buah dapat dikonsumsi untuk menambah kebutuhan kalori. Buah-buahan seperti mangga dan alpukat dapat menjadi pilihan Anda karena tergolong memiliki kalori yang tinggi. Sehingga tidak perlu terlalu banyak jumlah yang dikonsumsi.

Selain itu, makan lebih banyak kalori daripada yang dibakar oleh tubuh. Anda harus menambah asupan kalori harian sekitar 300-500 kalori per hari. Hal ini dapat mempengaruhi penambahan berat badan secara perlahan dan lebih sehat.

Makanan padat dan tinggi kalori juga bisa Anda dapatkan di makanan sumber protein. Makanan yang mengandung protein, dapat menambah berat badan dengan meningkatkan jumlah massa otot. Sehingga akan lebih sehat daripada makanan yang hanya menumpuk lemak di tubuh.

3. Olahraga Rutin

cara menambah berat badan
Berolahraga rutin supaya berat badan bertambah

Melakukan olahraga dengan rutin juga menjadi salah satu cara menambah berat badan. Terutama jenis olahraga yang dapat meningkatkan massa otot. Selain itu, olahraga rutin juga akan meningkatkan nafsu makan. Olahraga seperti aerobic, angkat beban, berenang, atau berlari, adalah contohnya.

Jika ragu untuk melakukannya sendiri di rumah, Anda dapat pergi ke Gym untuk olahraga. Selain itu, juga dapat menggunakan pelatih untuk membantu olahraga yang tepat agar mendapatkan hasil maksimal. Namun, jika Anda memiliki masalah kesehatan, sebaiknya perlu konsultasi dokter dahulu.

4. Mengatur Waktu Minum

Minum air pada saat makan atau 30 menit setelah makan, akan dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak kalori. Apalagi jika minuman yang Anda konsumsi adalah minuman tinggi kalori. Seperti susu coklat, smoothie atau milkshake, yang dapat dibuat dari susu dan buah segar.

Cara di atas merupakan langkah yang sehat untuk menambah berat badan. Konsumsi suplemen vitamin untuk cara menambah berat badan, tidak akan efektif jika tidak diimbangi dengan pola makan yang sehat dan olahraga. Bahkan justru akan menambah bahaya bagi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *