Jangan Panik! Ini 6 Cara Mengatasi Anak Demam di Malam Hari

cara mengatasi anak demam di malam hari

Cara mengatasi anak demam di malam hari perlu diketahui orangtua agar tidak panik saat anak mengalami demam. Demam yang ditandai oleh naiknya suhu tubuh sebenarnya merupakan respon alami tubuh. Peningkatan suhu tubuh ini merupakan cara sistem imun untuk memerangi infeksi.

Orangtua seringkali menjadi panik karena saat anak-anak mengalami demam, terutama di malam hari, mereka lantas menjadi sangat rewel. Hal ini sebenarnya wajar karena anak-anak merasa tidak nyaman saat demam. Simak beberapa langkah mengatasi demam pada anak berikut ini.

6 Cara Mengatasi Anak Demam di Malam Hari

Sebagian besar anak akan menjadi rewel dan susah tidur akibat demam di malam hari. Para orangtua tidak perlu panik, apalagi buru-buru membawa mereka ke unit gawat darurat di rumah sakit. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Mengompres dengan Air Hangat

cara mengatasi anak demam di malam hari
Berikan kompresan untuk mengeluarkan suhu tubuhnya

Langkah penanganan pertama demam pada anak adalah dengan mengompresnya. Mengompres anak dengan air hangat dapat membantu mengeluarkan panas dari dalam tubuh. Kompres hangat dibuat dengan merendam handuk tipis ke dalam air hangat. 

Botol berisi air hangat yang dilapisi dengan handuk juga bisa dijadikan sebagai alat kompres. Kemudian, letakkan kompres pada bagian dahi dan lipatan-lipatan seperti ketiak dan kedua lipatan paha. Jika air dirasa mulai kering dan tidak hangat, basahi dengan air hangat lagi.

2. Beri Banyak Minum Air Putih Hangat

Cara selanjutnya adalah memberikan air putih hangat. Minum air dalam jumlah yang banyak dapat membantu mengeluarkan panas di dalam tubuh. Demam juga dapat menyebabkan anak mengalami resiko dehidrasi. 

Oleh karena itu sering-seringlah menyuruh anak minum pada saat demam untuk mencegah dehidrasi. Selain air putih, anak-anak juga bisa diberi sup hangat dan susu. Hindari memberikan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda.

3. Kenakan Pakaian Tipis

cara mengatasi anak demam di malam hari
Jangan memakaikan anak dengan pakaian tebal

Pakaian tipis dan longgar menyebabkan panas akan lelauasa keluar. Jangan kenakan pakaian tebal, jaket, maupun selimut untuk menutupi tubuh. Mengenakan pakaian tebal dan rapat serta selimut yang menutupi tubuh membuat panas terperangkap, sehingga suhu badan akan semakin tinggi.

4. Berikan Pijatan dengan Lembut

Memijat anak dapat memberikan efek yang menenangkan dan nyaman sehingga mereka akan beristirahat dengan tenang. Olesi tubuh dengan minyak gosok hangat agar pori-porinya terbuka dan panas tubuhnya lebih mudah keluar. Memijat juga dapat melancarkan peredaran darah.

5. Beri Vitamin C

cara mengatasi anak demam di malam hari
Beri asupan vitamin C untuk anak

Berikan vitamin C sesuai dosis yang tertera pada label kemasan. Vitamin C mempunyai sifat anti radang sehingga sangat bermanfaat membantu proses penyembuhan radang dan infeksi penyebab demam. Vitamin C juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan produksi sel darah putih.

6. Beri Obat Penurun Panas

Minumkan obat penurun panas seperti parasetamol atau ibuprofen. Pemberian obat penurun panas harus sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan. Jangan memberikan kedua jenis obat ini secara bersamaan. 

Parasetamol mempunyai efek penurun panas yang lebih rendah. Tentu jika dibandingkan ibuprofen namun aman bagi segala usia.  Sementara ibuprofen, lebih cepat menurunkan panas namun tidak dapat digunakan untuk usia di bawah 6 bulan. 

Ibuprofen memberikan efek samping yang berbahaya bila diberikan kepada anak dengan usia lebih muda. Maka dari itu selalu baca dengan baik petunjuk obat pada kemasan yang tersedia. Sesuaikan juga dengan usia anak Anda. 

Demikian 6 cara mengatasi anak demam di malam hari. Bila panas anak tidak kunjung reda, sebaiknya langsung bawa ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *