Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

Cara menghilangkan cegukan pada bayi. Cegukan pada bayi memang seringkali terjadi. Hal ini diakibatkan karena belum matangnya fungsi saraf yang mengatur otot diafragma bayi, seperti otot penyekat antara rongga dada dan perut.

Akibatnya fungsi saraf tidak bekerja secara efektif, bayi mudah mengalami cegukan karena kontraksi yang terjadi tiba-tiba pada otot diafragmanya. Kontraksi ini juga terjadi karena adanya udara dalam lambung yang membuat bayi selalu cegukan.

Udara bisa masuk ke dalam lambung bayi, karena pada saat bayi minum susu ada udara yang tanpa sengaja ikut terhisap oleh bayi. Tapi cegukan lebih sering terjadi apabila bayi minum susu dari botol. Tetapi jika pada bayi yang mendapatkan ASI eksklusif setidaknya jarang yang mengalami cegukan karena tidak ada udara yang masuk ke dalam lambung.

Sebagai seorang bunda, maka Anda tidak perlu khawatir tentang masalah ini, karena sejalan dengan bertambahnya usia bayi, ia akan semakin jarang mengalami cegukan. Hal seperti itu sangat wajar terjadi pada bayi. Tetapi jika bunda tetap risau, cara menghilangkan cegukan pada bayi bisa mudah untuk dilakukan.

Bila Bayi Masih Menyusui

Cobalah ubah posisi bayi saat menyusui. Tetap teruskan proses menyusui sampai cegukan bayi menghilang. Jika cegukan terus terjadi, hentikan sejenak kegiatan menyusu, Lakukan burping. Sandarkan bayi tegak menghadap Anda dengan kepala di bahu Anda, lalu tepuk-tepuk punggungnya dengan sangat lembut, agar bayi bisa bersendawa.

Perhatikan Posisi Menyusui

Pastikan puting bunda masuk seluruhnya ke mulut sang bayi agar udara tidak ikut terhisap. Dan bayi tidak akan cegukan.

Bagaimana Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi?

Atur Posisi Menyusui yang Benar

letakan posisi bayi dan lengannya berada dalam garis lurus, serta perut bayi berhadapan dengan perut Anda agar bayi merasa nyaman tentunya. Serta memberikan ketenangan bada bayi.

Perhatikan Bayi Bunda Saat Dia Menyusui

Apakah bayi dalam kondisi tenang atau malah terlihat terlalu bersemangat? Terlalu semangat saat menyusui bisa membuat udara masuk dengan mudah ke diafragma bayi.

Bila Sang Bayi Minum dari Botol Susu

Perhatikanlah apakah botol susu yang digunakan memiliki regulator dan lubang pada dot bayi. Pilih botol dengan lubang yang lebih kecil pada dotnya agar bayi bisa mengatur ritme menyedot susu sehingga tidak cegukan. Bila bayi sudah mendapatkan MPASI berikan makanan dalam jumlah sedikit demi sedikit dan perlahan-lahan agar tidak cegukan

Pijat Lembut Punggung Bayi

Bunda juga bisa menelungkupkan bayi di pangkuan bunda, lalu mengelus punggungnya dari bokong ke arah kepala agar membuat bayi rileks. Ketika bayi mulai merasakan kenyamanan, maka cegukanpun akan hilang dengan sendirinya.

Jika bunda telah mengetahui  hal tersebut, maka Anda tidak perlu khawatir lagi jika sang bayi mengalami cegukan, karna bunda bisa langsung mengatasi nya dan cegukan akan hilang.

Cara menghilangkan cegukan pada bayi ini sangat mudah dan efektif sekali bukan? Dan bunda tidak perlu repot mencari dokter anak untuk mengatasi cegukan si kecil ini. Sang bayi pun tidak akan kesulitan karna segukan yang di alaminya. Sepertinya hanya itu yang bisa saya beritahukan kepada bunda yang di landa galau karna si kecil mengalami cegukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *