Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi Secara Efektif

Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi Secara Efektif! Seperti yang disebut di atas. Pilek yang menyerang bayi dikarenakan sistem imunitas tubuh yang belum sempurna. Selain itu, virus yang berhasil masuk ke dalam tubuh bayi yang jumlah nya lebih dari 200 virus yang menjadi penyebab penyakit pilek.

Pilek pada dasarnya akan ditandai dengan munculnya cairan jernih dari lubang hidung yang bisa berubah warna menjadi sedikit kuning bahkan berwarna hijau jika sudah mencapai satu minggu. Biasanya disertai demam dan batuk pada awal pilek menyerang. Bayi masih mau untuk makan. Berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi pilek pada bayi yang bisa dilakukan secara efektif.

Perlakuan yang Harus Diberikan Pada Anak

Ingus yang keluar dari tubuh sejujurnya salah satu cara tubuh mempertahankan keimunitasnya dengan cara mengeluarkan kuman lewat ingus itu. Tapi, jika ingus yang dikeluarkan cukup banyak, dapat mengganggu sistem pernapasan bayi. Tidak mau bukan hal tersebut terjadi pada bayi Anda?

Lalu apa yang harus Anda lakukan ketika bayi Anda terkena pilek? Berikut ini penulis rangkum, hal-hal yang harus Anda lakukan pada bayi Anda jika terkena pilek :

Yang pertama, menempatkan bayi di ruangan tanpa AC atau bersuhu cukup rendah untuk menghindari hidung tersumbat. Namun jika bayi Anda merasa lebih nyaman dan terbiasa di ruangan ber AC, maka Anda harus meletakkan mesin pelembap udara atau setidaknya air panas dalam termos agar bayi Anda bisa sedikit merasakan hangat nya uap air panas. Jangan lupakan minyak esential yang sudah dibalur ke tubuh bayi.

Yang kedua adalah jika pilek yang di derita bayi Anda sudah cukup mengganggu aktivitas bermain bayi, maka yang harus Anda lakukan adalah mengencerkan lendir dengan cara menetesi nya dengan air garam di ujung hidung bayi. Lalu silahkan gunakan alat penyedot ingus untuk membersihkan ingus bayi yang sudah mengencer.

Bagaimana Cara Mengatasi Pilek Secara Efektif?

Selanjutnya adalah menepuk perlahan punggung bayi agar bayi setidaknya bisa bernafas karena hidungnya yang mulai tersumbat karena lendir yang tidak kunjung mengencer. Yang harus Anda lakukan adalah membaringkan bayi Anda dengan posisi nya yang tengkurap pada lutut atau biarkan pada pangkuan Anda dengan posisi tubuh sedikit condong ke depan.

Jika Anda takut bayi mengalami iritasi di bagian hidung karena terlalu sering di usap untuk membersihkan ingus, maka Anda harus sedia petroleum jelly dan mengoleskannya pada hidung atau area sekitar hidung yang menurut Anda rawan terkena iritasi.

Selanjutnya adalah, jika lendir atau ingus pada rongga hidung bayi Anda mengeras maka yang harus dilakukan adalah mengambil air hangat dan kapas. Lalu bersihkan secara perlahan rongga hidung bayi Anda. Awas jangan terlalu keras! Kulit bayi masih cukup sensitif apalagi bagian rongha dalamnya.

Jika bayi Anda berusia lebih dari 6 bulan, maka Anda bisa memberikan teh hangat. Fungsi dari teh hangat sendiri adalah melegakan tenggorokan agar kembali bernafas dengan baik. Sedangkan menghirup aroma teh bisa membantu melegakan hidung tersumbat.

Bayi belum memiliki sistem imunitas yang sempurna seperti manusia dewasa. Maka dari itu pilek yang disertai beberapa gejala selain demam biasa dan batuk, mengharuskan Anda berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Itu dia beberapa cara mengatasi pilek pada bayi. Jangan sembarangan memberi obat jika pilek pada bayi Anda disertai gejala berat. Semoga lekas sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *