Penyebab dan Aneka Cara Mengatasi Rambut Bercabang

cara mengatasi rambut bercabang

Memahami cara mengatasi rambut bercabang adalah hal yang penting untuk semua orang. Terutama para wanita dengan rambut panjang. Rambut bercabang merupakan kondisi yang umum terjadi. Akan tetapi bisa sangat mengganggu penampilan. 

Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Ada beberapa hal yang memicu terjadinya rambut bercabang. Kondisi ini bisa diakibatkan oleh kebiasaan mengeringkan rambut dengan hair dryer atau pengering rambut, menyisir rambut dengan kasar, mewarnai rambut, dan mengeriting.  Bisa juga karena meluruskan rambut menggunakan bahan kimia. 

Pewarnaan rambut dengan bahan kimia, dapat menghilangkan lipid dari rambut. Mengingat lipid mampu menjaga serat rambut agar tetap menyatu, maka jika lipid mengalami kerusakan, rambut juga akan rentan terhadap kerusakan dan bercabang. Ini dia 5 cara mengatasi rambut bercabang:

1. Tidak Menyikat atau Menyisir Rambut Terlalu Sering

cara mengatasi rambut bercabang
Hindari Menyisir Rambut Terlalu Sering

Menyisir rambut secara berlebihan, dapat menyebabkan rambut rusak akibat adanya gesekan yang ditimbulkan. Menyisir terlalu sering serta dengan kasar, dapat menyebabkan kutikula rambut rusak. Jadi, sebaiknya tidak perlu sering-sering menyisir rambut. 

Selain itu, pastikan menggunakan sisir dengan gigi-gigi yang halus atau lembut. Terutama untuk para wanita dengan rambut yang lebar dan panjang. Sehingga tidak sakit saat digunakan.

2. Hindari Rambut dari Paparan Sinar Matahari

Terpapar sinar matahari terus-menerus bisa menjadi penyebab rambut bercabang. Terutama pada pukul 10 pagi hingga 2 siang. Jika harus melakukan aktivitas di luar rumah, sebaiknya lindungi rambut dengan menggunakan topi. Sehingga, bisa meminimalisir paparan sinar matahari pada rambut.

3. Upayakan Selalu Rutin Menggunakan Masker Rambut

cara mengatasi rambut bercabang
Selalu Gunakan Masker Rambut

Mengatasi rambut bercabang, dengan menggunakan masker kulit bisa menjadi solusi terbaik. Solusinya bisa dengan 2 cara. Menggunakan produk-produk perawatan rambut bercabang yang dijual di pasaran, atau menggunakan masker alami yang bisa dibuat sendiri di rumah. 

Caranya dengan memanfaatkan telur. Telur mengandung protein dan asam lemak. Rambut terdiri dari 70% keratin, sehingga protein pada telur mampu membentuk kembali helai-helai rambut serta membuat rambut tidak mudah rusak. Sehingga, cocok sekali untuk perawatan rambut bercabang.

Cara penggunaannya sangatlah mudah. Cukup dengan mengocok kuning telur dan tambahkan 2 – 3 sendok minyak zaitun serta satu sendok madu. Usapkan masker alami ini pada rambut yang basah. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas menggunakan sampo.

4. Cukupi Kebutuhan Nutrisi Rambut

Perlu diketahui bahwa kekurangan nutrisi dapat membuat rambut anda terlihat kusam bahkan rontok. Untuk itu, perbanyak konsumsi sayuran yang mengandung mineral dan vitamin. Tujuannya untuk membantu rambut dan kulit kepala tetap sehat. 

Misalnya, saja konsumsi bayam dan wortel untuk mendapatkan vitamin A. Selain itu, ada pula biotin yang mampu memperbaiki kondisi rambut bercabang dan menipis. Dengan mengkonsumsi pisang, kacang-kacangan, kembang kol, telur, dan salmon dapat mencukupi kebutuhan biotin setiap hari.

5. Tidak Terus Menerus Melakukan Bleaching Pada Rambut

cara mengatasi rambut bercabang
Hindari Terlalu Sering Melakukan Bleaching

Bleaching merupakan teknik mewarnai rambut yang dapat mengubah struktur rambut dan membuatnya rentan terhadap kerusakan. Proses ini menyebabkan zat kimia meresap ke dalam kutikula rambut. Akibatnya, menyingkirkan pigmen alami pada rambut. 

Bleaching menyebabkan rambut menjadi lebih tipis, bercabang, rapuh, dan gampang patah. Untuk itu, sebaiknya tidak perlu melakukan bleaching terlalu sering. Cukup lakukan sesuai kebutuhan saja. 

Itulah penyebab dan 5 cara mengatasi rambut bercabang. Cara ini mudah dilakukan dan sederhana, sehingga bisa diaplikasikan sendiri di rumah tanpa perlu datang ke salon kecantikan. Tentu saja, cara ini juga lebih hemat biaya dibandingkan melakukan perawatan di salon yang menguras biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *