Kenali Berbagai Cara Mengatasi Rambut Berminyak yang Efektif

cara mengatasi rambut berminyak

Secara fakta, minyak pada kulit kepala bisa membuat rambut tampak berkilau. Tetapi, jika produksi minyak terlalu berlebihan, maka rambut akan cenderung mudah kotor dan lepek, sehingga kurang indah bila dipandang. Untuk itulah diperlukan cara mengatasi rambut berminyak.

Rambut berminyak juga sering membuat orang merasa terganggu penampilannya. Perlu diketahui rambut berminyak dapat terjadi karena beberapa hal. Munculnya minyak pada area rambut dan kulit kepala terjadi karena adanya produksi keringat di kulit kepala.

Selain itu, hormon juga dapat menjadi faktor rambut berminyak. Hal ini dikarenakan terjadi fluktuasi hormon dalam tubuh, terutama tubuh perempuan. Peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh berdampak terhadap kadar minyak pada kulit.

Faktor lain yang menjadi penyebab rambut berminyak adalah faktor genetik, rutinitas perawatan rambut yang salah. Bisa juga disebabkan karena kondisi medis. Namun, jangan khawatir ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut berminyak.

Inilah 5 Cara Mengatasi Rambut Berminyak

1. Keramas dengan Cara yang Benar

cara mengatasi rambut berminyak
Selalu Biasakan untuk Keramas dengan Benar

Pastikan mencuci rambut dengan benar setelah menggunakan sampo. Karena kulit kepala yang berminyak diakibatkan oleh sampo atau pelembab rambut yang tidak terbilas atau tertinggal. Keramas cukup dilakukan satu kali sehari saja dan dilakukan setiap hari.

Keramas lebih dari satu hari, akan menyebabkan kelenjar minyak memproduksi minyak lebih banyak. Selain itu, jangan keramas dengan air hangat, hal ini menyebabkan dapat merangsang kelenjar yang menghasilkan minyak alami rambut. Lebih baik jika menggunakan air biasa.

2. Menggunakan Shampo Khusus Perawatan Rambut Berminyak

Sebelum keramas dengan menggunakan sampo, ada baiknya lihat terlebih dahulu kandungan sampo yang akan digunakan. Hal ini penting supaya manfaat shampo lebih efektif. Gunakan sampo khusus rambut berminyak, tanpa membuat rambut menjadi kering dan memicu produk minyak berlebih.

Penggunaan sampo dengan kandungan tertentu dapat meningkatkan produksi minyak pada kepala. Sehingga shampo dengan kandungan melembutkan dan dibuat untuk mengendalikan minyak pada rambut dapat mengatasi masalah rambut berminyak. Oleh karena itu gunakan shampo yang memang khusus rambut berminyak.

3. Menggunakan Masker Rambut Alami

cara mengatasi rambut berminyak
Selalu Gunakan Masker Rambut Alami dari Lidah Buaya

Gunakan lidah buaya sebagai masker dan aplikasikan pada rambut. Bahan alami pada lidah buaya efektif untuk mengurangi minyak. Sehingga rambut menjadi lebih sehat, kuat dan berkilau. 

Vitamin, mineral dan enzim dalam lidah buaya, mampu untuk menghilangkan minyak berlebih pada kulit kepala. Lidah buaya juga mampu mendetoksifikasi kulit kepala dari kotoran dan mengontrol sekresi minyak. Tidak heran jika lidah buaya sering dianjurkan untuk perawatan rambut.

4. Membilas Rambut dengan Bahan Alami

Selain menggunakan masker, bisa juga bahan alami yang digunakan untuk membilas rambut. Misalnya saja, bilas rambut dengan teh hijau. Zat tanin yang terkandung dalam teh hijau dapat mengatasi minyak berlebih sekaligus menutrisi kulit kepala.

Selain teh hijau, bahan alami yang bisa digunakan adalah cuka apel. Cuka sari apel merupakan bahan alami yang dapat mengatasi rambut berminyak. Asam asetat yang terkandung dalam cuka apel, dapat menyeimbangkan pH di kulit kepala. 

Sehingga, dapat mencegah produksi minyak berlebih dan mengurangi minyak pada rambut.   Cuka apel juga bisa digunakan sebagai hair tonic untuk membuat rambut menjadi lembut dan berkilau. Oleh karena itu penggunaan cuka apel sangat dianjurkan.

5. Menggunakan Dry Shampoo

cara mengatasi rambut berminyak
Alternatif Keramas Menggunakan Dry Shampoo

Cara ini bisa dilakukan jika ingin cepat diatasi dengan sampo kering atau dry shampoo. Gunakan dry shampoo untuk menyerap minyak dikulit kepala. Caranya hanya dengan menyemprotkan sedikit saja pada rambut. 

Itulah beberapa cara mengatasi rambut berminyak yang sangat praktis untuk dilakukan. Mudah bukan?  Cara ini juga bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Selamat mencoba! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *