Informasi Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi Rambut Botak

cara mengatasi rambut botak

Kerontokan rambut yang terjadi pada kulit kepala secara bertahap dapat mengarah ke kebotakan. Kebotakan dapat dialami oleh kaum laki-laki dan wanita di segala usia. Sebanyak 50-100 helai rambut pada keadaan normal dapat rontok dalam satu hari. 

Ketahui Gejala dan Penyebab Rambut Botak

cara mengatasi rambut botak
Gejala dan Penyebab Kebotakan

Rambut botak atau kebotakan, secara umum memiliki tanda dan gejala khas. Diantaranya adalah rambut rontok lebih dari 100 helai per hari dan terkadang muncul rasa terbakar atau sensasi gatal di kulit kepala. Kerontokan rambut dapat terjadi sewaktu masa peralihan atau masa siklus pertumbuhan rambut. 

Berdasarkan gejala dan penyebabnya, kebotakan (Alopecia) dibagi menjadi tiga gejala. Diantaranya adalah alopecia areata, totalis, dan universalis. Kasus yang paling banyak terjadi ini adalah alopecia areata, dimana rambut botak hanya pada titik-titik tertentu di kepala.

Rambut yang botak, secara umum dipicu oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah faktor genetik, lingkungan, paparan bahan kimia, obat-obatan, kekurangan gizi, stres atau penyakit lama. Tentunya, bagi yang sudah mengalami rambut botak akan mengganggu kepercayaan dirinya.

5 Cara Mengatasi Rambut Botak

Mengalami kebotakan rambut tentu membuat rasa percaya diri menurun. Oleh karena itu, masalah ini harus cepat diatasi. Nah, berikut adalah cara mengatasi rambut botak yang bisa dilakukan oleh kaum wanita dan pria.

1. Mengkonsumsi Jus Bawang

Bawang memiliki kandungan yang kaya akan sulfur. Hal tersebut membuat metode ini cukup efektif dengan membantu sirkulasi darah ke kulit kepala. Selain itu, kandungan sulfur juga dapat memproduksi kolagen yang dibutuhkan dalam produksi rambut. 

Kandungan sulfur juga mengandung sifat antibakteri yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur pada kulit kepala. Oleh karena itu meski rasanya kurang enak, jus bawang bisa menjadi solusi mengatasi kebotakan. Tentunya dengan cara yang alami.

2. Mengoleskan Minyak Kemiri

cara mengatasi rambut botak
Memakai Minyak Kemiri

Minyak kemiri dibuktikan berkhasiat sebagai penumbuh rambut. Manfaat ini sudah diketahui sejak zaman dahulu. Selain itu, minyak kemiri banyak mengandung protein, zat thiamin, vitamin B, dan asam lemak tak jenuh. 

Kandungan mineral dan protein dalam minyak kemiri mampu menguatkan akar serta merangsang rambut baru yang kuat. Cara pemakaiannya tentu sederhana, cukup mengoleskan minyak kemiri kemudian pijat selama 15 menit. Tidak heran jika minyak ini sering direkomendasikan sebagai obat kebotakan.

3. Mengkonsumsi Buah-Buahan

Mengkonsumsi buah-buahan juga dapat mengatasi rambut botak. Ada banyak buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi rambut botak. Misalnya, pepaya, nanas, kiwi, apel, jeruk, lemon, pisang, dan buah lainnya.

Kandungan vitamin yang ada dalam buah-buahan, misalnya saja A, C, dan B6 dapat membantu proses pembentukan kolagen. Selain itu, asam lemak omega 3 yang terdapat dalam buah kiwi dapat memberikan kelembaban kulit kepala. Sehingga mampu memperbaiki kerontokan pada rambut.

4. Memperbanyak Makan Sayuran

cara mengatasi rambut botak
Konsumsi Sayuran yang Banyak

Sayuran bisa mengatasi kebotakan. Sayuran yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi rambut botak diantaranya bayam, mentimun, labu, tomat, wortel, ubi jalar, serta sayuran lainnya. Selain berkhasiat bagi kesehatan, nutrisi dalam sayuran juga akan membantu pertumbuhan rambut semakin sehat dan subur.

5. Mengoleskan Lidah Buaya

Lidah buaya banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan produk kecantikan. Aloe vera yang ada dalam lidah buaya, banyak mengandung vitamin diantaranya vitamin A, C, E, B12. Selain itu, juga mengandung asam amino esensial, asam lemak, tembaga, dan zink. 

Sehingga, tak heran jika lidah buaya dapat membantu proses pertumbuhan rambut. Cara penggunaannya, cukup oleskan lidah buaya pada rambut dan kulit kepala. Dengan begitu pertumbuhan rambut bisa menjadi lebih kuat dan sehat. 

Itu dia, 5 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut botak. Jika ingin mengetahui dengan pasti apa penyebab rambut mengalami kebotakan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Sehingga, nantinya dokter akan memberi penanganan atau cara mengatasi rambut botak sesuai penyebabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *