Simak 6 Cara Mengatasi Stress Ini Agar Hidup Lebih Bahagia!

cara mengatasi stress

Saat mengalami stres, tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit karena daya tahannya berkurang. Hormon kortisol di dalam tubuh akan meningkat dan dapat memicu penyakit jantung dan gangguan pencernaan. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara mengatasi stress. 

Stres sebenarnya merupakan hal yang wajar dialami oleh semua orang. Namun kondisi stres yang berkepanjangan dan sering terjadi dapat memberi dampak negatif. Apakah penyebab stres dan bagaimana cara mengatasinya? Kalau kamu penasaran dan ingin tahu jawabannya, silahkan simak artikel berikut ini.

Apakah Penyebab Stres?

cara mengatasi stress
Mengenali berbagai faktor yang bisa menyebabkan stress

Stres sebenarnya merupakan reaksi saat tubuh menghadapi tekanan, ancaman, ataupun perubahan. Stres seringkali disebabkan karena adanya situasi yang menyebabkan seseorang tertekan. Perasaan tertekan ini akan menimbulkan perasaan mudah marah, putus asa, tidak bersemangat, dan depresi. 

Kondisi stres yang berkepanjangan harus dihindari karena dapat mengganggu kesehatan dan membuat daya tahan tubuh menjadi lemah. Lalu bagaimana cara mengatasi stress? Berikut akan dibahas beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi stress.

Lakukan Cara Mengatasi Stress Berikut Ini, Mudah dan Efektif

cara mengatasi stress
Bercerita ke orang yang dipercaya bisa membantu mengatasi stress

Langkah awal cara mengatasi stress adalah dengan mengetahui apa yang menyebabkan stres. Tentu cuma kamu yang bisa menjawabnya. Tuliskan apa saja pemicunya agar dapat segera melakukan tindakan pencegahan. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melawan stress.

1. Olahraga Lari

Cobalah berlari secara rutin minimal setengah jam setiap hari. Penelitian menunjukkan bahwa lari adalah salah satu cara mengatasi stress karena meningkatkan produksi hormon endorphin, yaitu hormon bahagia. Melakukan olahraga lari dapat meningkatkan mood dan menghilangkan pikiran negatif.

2. Curhat dengan Orang yang Dipercaya

Memendam perasaan yang mengganggu bisa membuat seseorang menjadi stres. Jika kamu sedang tertekan, sebaiknya jangan sendirian. Bagilah semua unek-unek di hati dengan orang yang bisa kamu percayai. Meski tidak menemukan solusi, bercerita membuat perasaan jauh lebih baik.

3. Menulis

Apabila kamu bukan tipe orang yang gampang curhat, maka menulis bisa menjadi pilihan yang tepat. Tulislah semua hal yang membuat dirimu merasa tertekan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menuliskan segala hal yang membuat depresi dapat menurunkan kadar stres pada seseorang. 

4. Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Apakah kamu suka berkebun, berjalan-jalan, atau menonton film? Lakukan semua kegiatan yang kamu senangi agar  membantu menurunkan stresmu. Kamu juga bisa memelihara binatang. Berinteraksi dengan binatang dipercaya dapat meningkatkan produksi oksitosin, yaitu hormon pereda stres.

5. Mengurangi Konsumsi Gula, Kafein, dan Daging Merah

Kamu harus membatasi konsumsi gula, kafein, dan daging merah untuk melawan stres. Ketiga bahan makanan ini dapat memicu tubuh memproduksi hormon kortisol dalam jumlah berlebih. Hal ini dapat memperburuk suasana hati, menyebabkan kegelisahan, dan ujung-ujungnya akan meningkatkan stres.

6. Jangan Begadang

Sering begadang bisa menjadi salah satu penyebab stres tak kunjung reda. Kamu harus memberikan waktu yang cukup untuk tubuh agar dapat beristirahat dengan baik. Tubuh akan memiliki metabolisme yang lebih baik dan produksi hormon rileks akan menjadi seimbang. 

Apabila stres yang dialami justru menyebabkan kamu sulit tidur di malam hari, maka lakukan hal-hal yang dapat meredakan stres. Minumlah segelas susu hangat atau bacalah buku dengan tema yang ringan sebelum tidur. Atur cahaya lampu di kamar agar tidak terlalu terang dan putarlah musik yang lembut.

Itulah cara mengatasi stress yang bisa kamu lakukan. Ingatlah untuk selalu mendekatkan diri kepada Yang Maha Esa dan menjaga agar pikiran tenang. Jika masih berlanjut, kamu bisa meminta pertolongan pada ahlinya seperti psikiater agar kesehatan mental kamu terjaga. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *