Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari Dijamin Ampuh! 

cara mengatasi susah tidur di malam hari

Kesulitan tidur di malam hari menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Apalagi jika frekuensi susah tidur tersebut sudah sangat parah dan bisa mengganggu kesehatan. Tentu saja dibutuhkan cara mengatasi susah tidur di malam hari yang efektif. 

Susah tidur di malam hari akan menyebabkan badan kurang bertenaga dan tidak bersemangat untuk menjalankan aktivitas di esok hari. Imun tubuh pun bisa melemah akibat kurang tidur. Akibatnya, tubuh bisa lebih mudah terserang oleh penyakit dan menjadi mudah jatuh sakit. 

5 Cara untuk Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari Dijamin Ampuh

Sebenarnya untuk mengatasi susah tidur tidak harus dengan konsumsi obat-obatan. Sebaliknya, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan. Inilah 5 cara mengatasi susah tidur di malam hari yang efektif:

1. Matikan Lampu Kamar

cara mengatasi susah tidur di malam hari
Keadaan gelap bisa membantu mempermudah proses untuk tidur

Adanya cahaya yang terlalu terang, bisa menyebabkan terganggunya hormon serta merangsang otak agar tetap terjaga. Tidak heran jika banyak orang yang mengalami susah tidur jika keadaan lampu kamar masih menyala. Untuk itu, cobalah matikan lampu kamar. 

Hal ini akan membantu otak dan tubuh lebih rileks. Keadaan ruangan kamar yang minim cahaya dipercaya bisa membantu agar bisa tidur lebih cepat. Dengan begitu tubuh bisa terdorong untuk tidur lebih cepat.

2. Coba Gunakan Aromaterapi

Aromaterapi berfungsi untuk memberikan efek tenang dan rileks pada tubuh. Tidak heran saat menggunakan aromaterapi bisa membuat tidur lebih nyenyak. Oleh karena itu, aromaterapi juga bisa dimanfaatkan untuk membantu agar cepat tidur di malam hari.

Sebuah penelitian menyatakan menggunakan aromaterapi sebelum tidur akan memberikan dampak positif bagi kualitas tidur. Karena mendapatkan waktu tidur yang sangat berkualitas, saat bangun di pagi hari pun tubuh semakin bertenaga. Untuk itu coba gunakan aromaterapi ini.

3. Mandi dengan Air Hangat

cara mengatasi susah tidur di malam hari
Mandi dengan air hangat bisa menjadi solusi agar tidur lebih nyenyak

Setiap orang pasti pernah merasakan sensasi tubuh rileks saat mandi dengan air hangat. Nah, ini bisa dicoba juga jika mengalami gejala susah tidur di malam hari. Mandi dengan air hangat memang diyakini bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. 

Langkah ini juga bisa membantu mengatur suhu tubuh. Sehingga, bisa tidur lebih cepat dan nyenyak. Biasakan hal ini secara rutin, maka Anda akan lebih mudah untuk lelap di malam hari.

4. Hindari Tidur Berlebihan di Siang Hari

Banyak sekali orang yang mengeluh sulit tidur di malam hari akibat terlalu banyak tidur di siang hari. Oleh karena itu, sebaiknya waktu luang di siang hari jangan selalu dihabiskan dengan tidur. Pasalnya, hal ini akan membuat mata tidak mengantuk saat malam tiba. 

Perlu diketahui bahwa tidur siang lebih dari 2 jam bisa menyebabkan siklus tidur berantakan. Tidur menjelang sore hari juga tidak baik untuk siklus tidur yang benar. Maka dari itu, sebaiknya tidur secukupnya saja di siang hari agar pada malam hari bisa lebih cepat tidur.

5. Rutin Berolahraga

cara mengatasi susah tidur di malam hari
Berolahraga secara rutin agar tubuh lebih sehat dan tidur menjadi lebih berkualitas

Olahraga juga ada hubungannya dengan kualitas tidur. Melakukan olahraga secara rutin akan memberikan efek positif bagi kesehatan dan kebugaran badan. Sebuah studi menyatakan bahwa orang dengan gangguan tidur bisa meningkatkan kualitas tidurnya setelah berolahraga secara rutin.

Itu dia cara mengatasi susah tidur di malam hari. Menghindari konsumsi makanan padat dan kafein di malam hari juga bisa menjadi langkah untuk bisa cepat tidur. Namun, jika ternyata gejala susah tidur tersebut tidak juga mereda, sebaiknya jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *