Cara Menggemukkan Badan Secara Alami Paling Ampuh

cara menggemukkan badan secara alami

Memiliki tubuh yang terlalu kurus membuat penampilan jadi kurang percaya diri. Maka dari itu, diperlukan cara menggemukkan badan secara alami. Dengan begitu, tubuh bisa terlihat lebih segar dan juga berisi. 

Bukan hanya mengganggu penampilan saja, berat badan kurus juga bisa menimbulkan masalah kesehatan. Diantaranya adalah bisa mengalami malnutrisi dan kekebalan tubuh jadi menurun. Oleh karena itu, harus segera melakukan tindakan agar tubuh bisa lebih sehat. 

Inilah 5 Cara Menggemukkan Badan

Seseorang dikatakan kurus dan perlu menambah berat badan jika memiliki nilai IMT. Kisaran angkanya adalah di bawah angka 18,4. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab berat badan kurus, seperti faktor genetik, kondisi medis, masalah psikologis, atau karena aktivitas fisik yang tinggi. 

Menggemukkan badan secara instan menggunakan suplemen tentu tidak disarankan. Pasalnya obat kimia bisa membawa efek buruk bagi tubuh. Sebaliknya bisa melakukan 5 cara menggemukkan badan yang alami berikut ini:

1. Makan Dalam Porsi Kecil Namun Sering

cara menggemukkan badan secara alami
Lebih baik makan sering namun dalam porsi yang kecil

Makan teratur merupakan cara terbaik untuk mengatasi kehilangan massa otot dan jaringan penting lainnya. Makanlah lima sampai enam kali dalam sehari, namun dalam porsi kecil. Lakukanlah dengan jarak 3-5 jam sepanjang hari. Cara ini lebih baik daripada makan tiga kali sehari dalam porsi besar.

2. Perhatikan Asupan Makanan

Meskipun dianjurkan untuk sering makan, bukan berarti diperbolehkan untuk makan sembarangan. Asupan makanan harus tetap dijaga. Makanan berkalori tinggi seperti gandum, sayur, kacang-kacangan, keju, serta buah-buahan merupakan sumber kalori yang baik untuk tubuh. 

Jangan lupa pula untuk meningkatkan konsumsi protein dan karbohidrat. Ikan, susu, telur, dan daging merupakan bahan makanan yang tinggi protein yang dibutuhkan untuk menaikkan berat badan. Pemilihan camilan juga penting untuk diperhatikan. 

Sebaiknya, pilih jenis camilan yang mengandung karbohidrat dan protein. Selain itu, hindari camilan dengan kandungan MSG yang tinggi atau terlalu gurih seperti keripik. Dengan komposisi seperti ini tubuh bisa gemuk dengan cara yang sehat dan alami. Untuk itulah cara ini sangat dianjurkan.

3. Rutin Olahraga

cara menggemukkan badan secara alami
Olahraga yang teratur supaya berat badan bisa naik

Olahraga dapat melatih kekuatan tubuh, membantu menambah berat badan, serta dapat membentuk otot. Beberapa olahraga yang bisa dipilih adalah angkat beban, senam aerobik, berenang, dan lari. Olahraga ini akan membentuk tubuh dan membuat badan lebih berisi.

4. Penuhi Kebutuhan Cairan

Asupan cairan sangat penting untuk metabolisme tubuh. Disarankan untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Namun, sebaiknya hindari minum air putih sebelum makan. Pasalnya, hal ini bisa membuat perut kenyang. 

Selain itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman manis dan bersoda. Akan lebih baik jika diganti dengan minuman yang lebih sehat seperti jus atau yogurt. Dengan begitu cairan dalam tubuh bisa tetap seimbang dan terjaga.

5. Tidur yang Cukup

cara menggemukkan badan secara alami
Jangan lupa untuk istirahat dengan cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk pertumbuhan massa otot. Terlalu lelah beraktivitas dan kurang tidur, pasti bisa membuat kekebalan tubuh melemah dan akhirnya berat badan menurun. Maka dari itu, sebaiknya tidak melewatkan waktu untuk tidur malam minimal 6-8 jam per hari.

Itulah beberapa cara menggemukkan badan secara alami. Menambah berat badan memang tidak semudah yang dibayangkan. Hasilnya tidak bisa langsung dilihat begitu saja. Ada proses panjang yang harus dilalui. Maka dari itu, jangan menyerah untuk menaikkan berat badan agar lebih ideal. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *