Kenali Penyebab, Jenis, dan Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

cara menghilangkan komedo

Cara menghilangkan komedo menjadi salah satu topik yang hangat diperbincangkan oleh masyarakat, terutama bagi kaum wanita. Komedo merupakan suatu benjolan kecil yang muncul pada pori-pori kulit. Perlu diketahui bahwa komedo adalah cikal bakal dari tumbuhnya jerawat. 

2 Macam Komedo yang Umum Muncul Pada Kulit

cara menghilangkan komedo
Kenali 2 (Dua) Jenis Komedo

Ada dua macam komedo yang biasanya terjadi pada wajah seseorang, yaitu komedo putih dan komedo hitam. Jika permukaan komedo tertutup oleh lapisan kulit, maka dinamakan dengan komedo putih. Hal ini karena komedo berwarna putih atau seperti warna kulit.

Berbeda halnya dengan komedo putih, komedo hitam memiliki permukaan yang terbuka. Akibatnya, komedo terpapar oleh udara dan warnanya berubah menjadi coklat hingga kehitaman. Maka dari itu, komedo terbuka seperti ini dinamakan komedo hitam.

Penyebab Munculnya Komedo Pada Kulit Wajah

Penyebab munculnya komedo putih dan komedo hitam tentunya berbeda. Komedo putih dapat disebabkan oleh keringat atau kotoran yang bercampur. Komedo seperti ini tidak hanya mengganggu penampilan saja, tetapi juga bisa menimbulkan jerawat. 

Sementara itu, komedo hitam terjadi oleh paparan kotoran dan debu yang menempel di  pori-pori wajah yang besar. Jenis komedo ini terbilang paling sering dialami oleh orang-orang. 

Aneka Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Terdapat beberapa bahan yang bisa digunakan oleh para wanita sebagai cara menghilangkan komedo yang efektif dan teruji. Berikut ini merupakan bahan-bahan tersebut: 

1. Putih Telur 

cara menghilangkan komedo
Menghilangkan Komedo dengan Putih Telur

Masker putih telur yang diberi tambahan madu ternyata bisa melindungi kulit dari dampak produksi minyak yang berlebih. Dalam hal ini termasuk komedo. Putih telur juga diketahui dapat mengecilkan pori-pori, sehingga pori-pori menjadi tidak tersumbat oleh debu atau kotoran.

Campurkan secara merata satu butir putih telur dengan satu sendok teh madu. Selanjutnya, oleskan masker tersebut pada wajah. Tunggu beberapa saat hingga masker mengering, lalu bersihkan wajah menggunakan air hangat. 

2. Kunyit dan Minyak Kelapa

Kunyit mengandung senyawa antijamur, antibakteri, dan anti radang yang sangat dibutuhkan untuk membasmi komedo. Tetapi, penggunaan kunyit juga bisa membuat kulit menjadi berwarna kuning. Oleh karena itu, Anda harus lebih cermat saat menggunakannya.

Ambil satu sendok bubuk kunyit asli, kemudian tambahkan dengan satu sendok minyak kelapa. Campur hingga merata dan teksturnya membentuk pasta. Oleskan pasta kunyit tersebut pada area kulit yang berkomedo. Lalu, diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air sampai bersih.

3. Lidah Buaya

cara menghilangkan komedo
Menggunakan Lidah Buaya yang Sangat Berkhasiat

Lidah buaya bermanfaat untuk melembutkan kulit, membersihkan pori-pori, dan mengurangi minyak berlebih. Manfaat inilah yang membuat lidah buaya dapat menghilangkan komedo secara alami. Siapkan daun lidah buaya yang masih segar secukupnya. 

Selanjutnya, keluarkan gel bening lidah buaya dan langsung oleskan pada permukaan kulit wajah. Tunggu selama 10 menit, kemudian bilas wajah dengan air bersih. 

4. Minyak Tea Tree

Minyak tea tree memiliki kandungan senyawa antimikroba dan anti radang. Sehingga, minyak ini diyakini bisa mengatasi komedo. Cara kerja dari bahan alami ini dengan membersihkan kotoran atau membunuh bakteri penyebab komedo.

Untuk penggunaanya, minyak ini bisa langsung digunakan pada area wajah. Terutama pada area yang mengalami masalah komedo. Termasuk bagian hidung dan dagu. 

5. Lemon, Madu, dan Brown Sugar

Campuran perasan lemon, madu, dan brown sugar merupakan bahan scrub alami yang sangat ampuh menghilangkan komedo. Campurkan 1 sendok brown sugar, 2 sendok perasan lemon, serta 1 sendok madu murni. Oleskan scrub tersebut di area wajah.

Setiap orang mempunyai kondisi kulit yang berbeda-beda. Maka hasil dari penerapan cara menghilangkan komedo bagi masing-masing orang juga berbeda. Sebaiknya, pahami terlebih dahulu jenis dan penyebab komedo pada kulit, sehingga bisa menemukan solusi terbaik untuk mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *