Cara Menghilangkan Kutil yang Ampuh dan Cepat

cara menghilangkan kutil

Kutil merupakan masalah kulit yang bisa terjadi pada semua orang. Gangguan kulit yang satu ini sering muncul di bagian  tangan dan kaki. Meski dalam kondisi tertentu juga bisa terjadi kutil kelamin. Pada umumnya, orang-orang banyak mencoba cara menghilangkan kutil menggunakan bahan alami karena telah banyak terbukti khasiatnya. Namun, tidak jarang cara-cara tersebut justru bisa menimbulkan efek samping, misalnya meninggalkan bekas luka dan terjadinya iritasi. Maka dari itu, kutil harus dihilangkan dengan cara alami yang tepat agar terhindar dari efek samping yang berbahaya.

5 Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

cara menghilangkan kutil
Virus Penyebab Kutil

Penyebab kutil adalah Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini bisa menyebabkan kelainan lapisan kulit, sehingga produksi keratin menjadi berlebih. Kelebihan keratin yang semakin menumpuk di permukaan kulit, menyebabkan terbentuknya tekstur kulit baru yang kita sebut sebagai kutil.

Virus yang menyebabkan timbulnya kutil merupakan jenis virus yang dapat menular dengan cukup mudah. Penularan bisa terjadi saat seseorang bersentuhan dengan kulit penderita kutil secara langsung atau menyentuh benda yang telah terkontaminasi oleh virus hpv. Namun, tidak semua orang dapat mudah terinfeksi oleh virus ini karena semua tergantung dengan kekebalan tubuh masing-masing. Lantas, bagaimana cara menghilangkan kutil secara alami yang aman dan tidak menimbulkan efek samping? Ini dia jawabannya:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cara utama untuk melawan kutil adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat kekebalan tubuh meningkat, maka virus kutil tidak akan tumbuh kembali dan menyerang tubuh. Sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi, seperti pepaya, yogurt, biji bunga matahari, pisang, kiwi, kerang, kacang almond, jahe, dan bawang putih.

2. Menempelkan Perekat

cara menghilangkan kutil
Menempelkan Perekat

Cara ini dilakukan dengan menempelkan sebuah perekat pada kulit yang mengalami kutil, minimal selama enam hari. Selanjutnya, perekat dilepaskan dan kutil direndam dalam air sambil membuang jaringan mati secara lembut memakai batu apung. Lalu, biarkan selama kurang lebih 12 jam dan kemudian proses ini diulangi lagi hingga kutil di permukaan kulit benar-benar menghilang. 

3. Mengoleskan Vitamin C

Pertama, Anda harus menghancurkan tablet vitamin C terlebih dahulu. Kemudian, campurkan serbuk vitamin C tersebut dengan sedikit air sampai terbentuk pasta. Lalu, oleskan pasta pada kutil dan tutup menggunakan plester. Selanjutnya, lepaskan plester pada malam hari agar terkena udara. Lakukan cara ini selama beberapa hari sampai kutil menghilang.

4. Mengoleskan Cuka Apel

cara menghilangkan kutil
Cuka Apel Untuk Obat Kutil

Cuka apel memiliki kandungan zat asam yang dipercaya dapat membunuh beberapa jenis virus dan bakteri penyebab kutil. Penerapannya adalah dengan mencelupkan cotton bud ke wadah yang telah berisi cuka apel. Selanjutnya, tempelkan cotton bud tersebut pada area yang ditumbuhi kutil semalaman penuh, lalu lepaskan keesokan paginya. Ulangi cara ini setiap malam hingga kutil pada permukaan kulit menghilang sepenuhnya.

5. Menggunakan Baking Powder dan Minyak Kastor

Campurkan minyak kastor dengan baking powder secukupnya, lalu oleskan menggunakan cotton bud atau kapas pada kutil. Tutup kutil memakai plester semalaman, kemudian ganti plester di pagi harinya. Campuran ini akan mengakibatkan kutil mengalami iritasi sehingga membuatnya terkelupas. Cara ini umumnya dipercaya lebih efektif untuk mengatasi kutil di wajah atau punggung tangan yang berbentuk datar.

Itulah cara mengobati kutil secara alami. Perlu Anda ketahui bahwa cara tersebut belum teruji secara klinis atau medis. Untuk mendapatkan kesembuhan total, sebaiknya Anda tetap harus memeriksakan gangguan kutil tersebut ke dokter agar mendapat penanganan yang paling tepat. Selain itu, Anda juga bisa terhindar dari efek samping negatif yang mungkin saja bisa terjadi. Dokter nantinya akan memberikan rekomendasi  tindakan tertentu sebagai cara menghilangkan kutil yang paling efektif sesuai tingkat keparahan kutil yang Anda alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *