Kenali Penyebab, Gejala, dan Cara Menghilangkan Kutu Rambut

cara menghilangkan kutu rambut

Kutu yang bersarang di rambut tentu sangat mengganggu. Bukan hanya menyebabkan kepala terasa gatal dan panas saja, keberadaan kutu rambut pastinya membuat penampilan menjadi kurang percaya diri. Oleh karena itu, perlu dilakukan cara menghilangkan kutu rambut untuk mengatasi masalah ini.

Kutu rambut merupakan hewan berukuran kecil yang tinggal di kepala manusia dan bertahan hidup dengan cara menghisap darah di kulit kepala. Umumnya, kutu rambut lebih sering menyerang anak-anak. Namun, banyak juga orang dewasa yang mengalami masalah ini.  

Penyebab kutu rambut sangat beragam. Misalnya karena pemakaian sisir, topi, atau jepit rambut yang sama dengan orang lain yang ternyata menderita kutu rambut. Gejala kutu rambut sangat mudah dikenali. Penderita akan merasakan gatal yang luar biasa di kulit kepala. 

Bahkan, gatal seringkali menjalar hingga leher dan telinga. Gatal merupakan akibat dari kutu yang menghisap darah. Air liur kutu yang menyebabkan reaksi alergi berupa gatal di kepala. Selain gatal, gejala lain adalah munculnya telur kutu berwarna putih yang menempel di helai-helai rambut.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

1. Menggunakan Sisir Serit

cara menghilangkan kutu rambut
Sisir Serit untuk Mengambil Kutu Rambut yang Menempel di Helai Rambut

Cara menghilangkan kutu rambut yang paling umum adalah menggunakan sisir serit. Setiap penderita kutu rambut memang sangat wajib untuk memiliki sisir dengan gigi rapat ini. Dengan jarak hanya 0,2 mm saja, sisir ini akan sangat ampuh digunakan untuk mengangkat kutu dan telurnya dari rambut. 

Untuk hasil maksimal, sebaiknya gunakan sisir serit setelah keramas. Sebab, kutu akan sulit bergerak jika kondisi rambut sedang basah. Sisir secara menyeluruh ke semua bagian kepala dan setelah itu bunuh kutu yang tertangkap di sisir tersebut.

2. Petroleum Jelly

Petroleum jelly juga cukup ampuh untuk membunuh kutu beserta telur-telurnya. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan petroleum jelly ke seluruh bagian rambut dengan merata. Pastikan tidak ada bagian rambut yang tertinggal. 

Selanjutnya, rambut ditutup menggunakan shower cap. Sebaiknya cara ini dilakukan malam hari sebelum tidur. Diamkan semalaman dan bersihkan rambut keesokan harinya.

3. Garam dan Cuka

cara menghilangkan kutu rambut
Memakai Campuran Cuka dan Garam

Garam sudah lama dikenal sebagai bahan antiseptik alami. Campuran antara garam dan cuka ternyata sangat ampuh untuk membunuh kutu beserta bayi dan telurnya. Caranya adalah dengan mencampurkan garam dengan cuka. 

Silahkan campuran larutan ini dimasukkan dalam botol semprot. Semprot-semprotkan larutan ini secara menyeluruh rambut dan kulit kepala. Gunakan shower cup dan tunggu selama 1 – 2 jam.

4. Minyak Zaitun

Bukan hanya bermanfaat untuk membuat rambut semakin sehat, minyak zaitun ternyata juga memiliki kemampuan untuk membasmi kutu. Sekaligus telur-telurnya yang membandel. Cukup dengan mengoleskan minyak zaitun saja ke seluruh rambut dan kulit kepala pada malam hari. 

Biarkan semalaman dengan menggunakan shower cap. Pagi harinya, cuci rambut menggunakan air bersih. Lalu, sisir rambut menggunakan sisir serit untuk mengangkat kutu dan telur yang masih tertinggal.

5. Baking Soda

cara menghilangkan kutu rambut
Menggunakan Baking Soda

Bukan hanya ampuh membunuh kutu dewasa, baking soda juga bisa membantu meringankan rasa gatal di kulit kepala akibat gigitan kutu yang bersarang di kepala. Cara menggunakannya yaitu dengan dicampurkan bersama kondisioner, kemudian oleskan merata pada rambut dan kulit kepala. 

Bahan ini akan membuat kutu rambut sulit bernafas, hingga akhirnya akan mati seketika. Tentunya cara ini mudah sekali untuk dilakukan. Dengan melakukan cara ini 2 sampai 3 kali, kutu sudah bisa hilang. 

Cara menghilangkan kutu rambut tentu tidak cukup dilakukan satu kali saja. Cara ini perlu dilakukan secara rutin, agar kutu rambut benar-benar diberantas. Dengan membasmi kutu rambut, maka aktivitas bisa lebih nyaman karena terbebas dari rasa gatal. Penampilan pun menjadi lebih percaya diri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *