Perlu Waspada, Ini Tanda dan Cara Menghilangkan Stress

cara menghilangkan stress

Pengertian stress adalah sebuah tekanan fisik dan psikologis yang bereaksi saat menghadapi suatu situasi yang dianggap cukup berbahaya. Saat merasa terancam, maka sistem saraf Anda akan memberi respons dengan melepaskan hormon stres, yaitu hormon kortisol dan adrenalin. Nah, kedua jenis hormon inilah yang dapat memunculkan reaksi dalam tubuh Anda, seperti jantung berdebar dengan cepat, tekanan darah meningkat, otot tubuh menegang, bahkan nafas akan menjadi lebih cepat. Lalu, apa saja penyebab dan gejala stress? Dan bagaimana cara menghilangkan stress?

Penyebab dan Gejala Stress

cara menghilangkan stress
Tanda Seseorang Mulai Terkena Stress

Stress dapat disebabkan oleh banyak hal.  Beberapa peristiwa atau situasi yang bisa menjadi penyebab stres, di antaranya adalah beban tempat kerja, tidak kunjung mendapatkan pekerjaan, tidak kunjung hamil setelah menikah cukup lama, sedang bertengkar dengan pasaran, bercerai, akan segera menghadapi wawancara kerja, hubungan tidak baik dengan anggota keluarga, menjadi korban pencurian atau pelecehan, hingga menderita suatu penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Ya, berbagai masalah hidup memang seringkali memunculkan stress yang berlebihan.

Nah, kondisi tubuh yang stress ini bisa dikenali dari beberapa gejalanya. Gejala stress antara lain mudah marah, murung, frustasi, tidak berenergi, sakit perut, sakit kepala, pikiran tidak tenang, tidak bisa bersantai, gelisah, nafsu makan berkurang, sering gugup, merasa kehilangan kendali, pesimis, insomnia, pegal linu dan nyeri, hingga sering menghindari bertemu dengan orang lain.

Cara Mengatasi Stress

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi stress agar tidak berkepanjangan dan mengganggu aktivitas: 

1. Konsumsi Makanan Sehat

cara menghilangkan stress
Konsumsi Makanan Sehat

Ketika sedang dilanda stres, Anda akan disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat. Bahkan, ada beberapa makanan yang bisa mengurangi rasa stress pada tubuh Anda, seperti berry, alpukat, yoghurt, kacang mede,  dan jeruk. Ya, jenis makanan tersebut dipercaya dapat membantu Anda untuk terhindar dari kondisi tertekan dan pusing pikiran secara berkepanjangan. Selain itu, makanan tersebut juga mengandung banyak nutrisi yang terbukti dapat memberi dorongan energi dan meningkatkan kadar hormon bahagia (serotonin).

2. Belajar untuk Rileks

Stress dapat dihilangkan dengan cara relaksasi. Teknik relaksasi memang dipercaya mampu mengurangi kekhawatiran dan kecemasan yang berlebihan. Relaksasi sekaligus dapat meningkatkan kemampuan untuk menghadapi kondisi tertekan, baik secara fisik atau psikologis. Teknik relaksasi yang bisa Anda lakukan misalnya dengan meditasi, mendengarkan lagu yang menenangkan, hingga menjalankan aktivitas seperti tai chi dan yoga.

3. Perluas Pertemanan

cara menghilangkan stress
Memperluas Pertemanan

Saat kesepian, tentu akan lebih sulit dalam mengelola tekanan secara psikologis. Bahkan kondisi ini dapat mengarah pada kondisi yang lebih serius seperti depresi. Untuk itu, jangan sampai Anda terlalu sering kesepian atau menyendiri saat sedang mengalami stress. Cobalah pergaulan pertemanan Anda, berbagi curahan hati dengan teman, hingga menghabiskan waktu dengan orang tersayang. Dengan cara ini, diharapkan Anda bisa segera pulih dan bangkit kembali dari kondisi yang selama ini menekan psikologi.

4. Konsultasi dengan Terapis Profesional

Jangan malu untuk berkonsultasi dengan psikolog. Justru cara ini sangat membantu Anda untuk mengetahui penyebab dan mencari cara terbaik dalam menghilangkan tekanan yang mendera. Psikolog nantinya akan memberikan saran-saran tertentu agar Anda bisa terbebas dari beban pikiran yang melanda. 

5. Istirahat yang Cukup

Tidak ada cara lainnya yang bisa mengatasi stress selain tidur dan istirahat yang cukup. Dengan memiliki kualitas tidur yang baik, maka tubuh dan pikiran Anda tidak akan mudah merasa tertekan. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan mood dan kinerja otak menjadi kacau. Maka dari itu, pastikan Anda tetap tidur setiap malam minimal 7-8 jam.

Itulah beberapa cara menghilangkan stress yang bisa Anda terapkan jika sedang mengalami tekanan batin. Stres memang sulit dihindari mengingat banyaknya tekanan hidup yang sering kita alami. Namun, tidak perlu khawatir karena yang terpenting adalah bagaimana Anda mengatasi rasa stress yang muncul. Jangan sampai terjadi stres secara berkepanjangan, karena hal ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *