Cara Menghitung Berat Badan Ideal dan Tips Menyeimbangkan Berat Badan

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dan Tips Menyeimbangkan Berat Badan!Berat badan berlebih biasanya menjadi salah satu alasan terkuat bagi seseorang untuk segera diet demi menguruskan tubuh yang mulai terasa berat. Jika Anda termasuk salah satu orang yang ingin memulai diet, ada baiknya Anda mengetahui ukuran berat badan ideal yang seharusnya dimiliki. Hal ini akan menjadi patokan mengenai jumlah angka yang harus diturunkan. Simak cara menghitung berat badan ideal berikut ini.

Rumus Menghitung Berat Badan Ideal

Perhitungan umum yang digunakan untuk menyelaraskan berat badan diambil dari Rumus Broca. Angka hitungannya berbeda antar wanita dan pria.  Berikut ini cara menghitung berat badan yang proporsional berdasarkan rumus Broca untuk wanita.

(tinggi badan wanita – 100) – (15% x (tinggi badan wanita – 100)).

Contoh perhitungannya sebagai berikut. Jika seorang wanita memiliki tinggi badan 165 cm, berat idealnya: (165 – 100) – (15% x (155 – 100)) = 65 – 15 = 45. Maka berat badan ideal wanita dengan tinggi badan 155 cm adalah 45 kg. Angka yang bisa ditolelir untuk rumus Broca sekitar 5 kilo, maka dapat disimpulkan bahwa untuk wanita dengan tinggi 165 cm memiliki berat badan ideal antara 45-50 kg.

Bagaimana Cara Menghitung Berat Badan Ideal?

Kemudian untuk  menghitung berat badan ideal pria berdasarkan rumus Broca adalah sebagai berikut.

(berat badan pria – 100) – (10% x (tinggi badan pria -100)).

Jika seorang pria memiliki tinggi badan 185 cm, berat idealnya: (185 – 100) – (10% x (180 – 100)) = 85 – 8 = 73. Jika digabungkan dengan tolerasi berat 5 kilo, maka dapat disimpulkan bahwa untuk pria dengan tinggi 185 cm dikatakan memiliki berat ideal bila timbangannya berada pada angka 73-78 kg.

Faktor yang Mempengaruhi Berat Badan

Tubuh seseorang memiliki standar kekuatan dan porsinya masing-masing. Anda pasti pernah melihat beberapa orang yang dianugerahi tubuh tetap kurus meski porsi makannya seperti kuli bangunan kan? Ada juga tipe tubuh yang mudah naik dan mudah turun sesuai kebutuhan. Nah, sebetulnya hal apakah yang mempengaruhinya?

  1. Massa Tulang yang Berbeda

Perbedaan perhitungan berat badan ideal antara wanita dan pria berbeda karena struktur tubuh dan tulangnya tidak sama. Massa tulang seseorang akan cukup berpengaruh dalam menyumbangkan angka pada timbangan berat.

  • Aktivitas Harian dan Pola Makan yang Dilakukan

Jika Anda mengonsumsi makanan berminyak terlalu sering sedangkan tubuh cenderung memiliki format untuk menekan kadar air, maka penumpukan lemak tidak akan bisa dihindari bila tak dibarengi dengan olahraga.

  • Faktor Hormonal

Gen yang terbentuk dari kedua orang tua akan mempengaruhi berat badan. Meskipun tetap bisa diubah bila Anda memutuskan untuk berdiet, faktor hormonal gen biasanya akan menetap cukup lama dalam tubuh. Jika Anda terobsesi untuk menurunkan berat badan, Anda bisa berkaca pada Deddy Corbuzier yang melawan gen obesitas dari orang tuanya menjadi lebih sehat seperti sekarang.

Rekomendasi Makanan Sehat Menurut WHO

  1. Lebih banyak makan sayur, buah, biji-bijian (legumes; pea, bean, lentil), kacang, dan sereal gandum.
  2. Batasi dan kurangi konsumsi garam, gula, beras berlebihan. Makanan yang berwarna putih atau telah mengalami proses refinasi berpotensi akan meningkatkan berat badan Anda.
  3. Mewasdai konsumsi lemak berlebih dan minyak yang tak baik untuk metabolisme tubuh.

Cara menghitung berat badan ideal juga bisa disinkronkan dengan  pepatah yang mengatakan”Sarapan seperti raja, makan siang seperti pangeran dan makan malam seperti pengemis”. Jika hal tersebut Anda lakukan, tubuh proporsional bukan lagi impian. Secara alami tubuh kita telah memiliki jam biologisnya masing-masing. Usahakan makan malam 2 jam sebelum tidur agar makanan dapat diolah dengan baik sebelum istirahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *