Pahami Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Flu

cara mengobati flu

Flu atau influenza merupakan infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan. Influenza sendiri merupakan kondisi yang datangnya secara tiba-tiba. Umumnya penyakit ini berlangsung selama 7-10 hari dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, ada pula yang harus sembuh dengan diobati. Flu adalah jenis penyakit yang cukup mudah menular pada orang lain, terutama saat 3-4 hari pertama setelah penderitanya terinfeksi. Terlebih jika kondisi tubuh sedang tidak fit, pastinya akan lebih mudah tertular virus influenza yang sedang dialami oleh orang lain. Lantas apa saja gejala dan bagaimana cara mengobati flu?

Gejala Terserang Influenza

Gejala flu pada umumnya datang dengan tiba-tiba. Umumnya, gejala flu mulai muncul sejak 24-48 jam setelah penderita terpapar oleh virus flu. Gejala terburuk biasanya berlangsung sekitar 3-5 hari. Nah, beberapa tanda dan gejala yang dirasakan oleh penderita flu adalah demam tinggi, sakit kepala, panas dingin, mata terasa sakit, nyeri otot, hidung meler, batuk dan bersin, sakit tenggorokan, sakit perut, dan merasa sangat lelah.

Penyebab Sakit Flu

Influenza disebabkan oleh Serangan Virus

Lalu, apa penyebab flu atau influenza? Flu adalah gangguan tubuh yang disebabkan oleh virus. Orang yang terserang virus influenza dapat disebabkan karena menghirup udara yang tercemar virus influenza dari orang lain, misalnya melalui bersin atau batuk. Selain itu, flu juga dapat disebabkan karena menyentuh sesuatu yang sebelumnya telah disentuh penderita yang telah terinfeksi virus influenza atau secara tidak sengaja menghirup percikan air liur yang dikeluarkan oleh penderita ke udara.

Cara Mengobati Flu

Flu merupakan kondisi yang bisa dan cukup mudah diatasi. Pengobatan terbaik untuk mengatasi flu adalah dengan beristirahat. Untuk mengatasi gejala yang sering membuat tubuh terasa tidak nyaman, Anda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri NSAID, yaitu ibuprofen atau paracetamol, obat batuk pilek, dan obat dekongestan.

Selain itu, flu juga dapat diatasi dengan menerapkan gaya hidup sehat dan melakukan pengobatan di rumah. Nah, berikut ini adalah beberapa cara menyembuhkan flu yang dapat dilakukan di rumah:

1. Mandi Air Hangat

Flu Bisa Diredakan dengan Mandi Air Hangat

Air hangat memang menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. Manfaat air hangat juga bisa dirasakan pada penderita flu. Mandi dengan air hangat akan membuat tubuh Anda terasa lebih rileks, terutama pada tubuh yang terasa kelelahan akibat sakit flu. Mengompres dengan bantalan pemanas juga bisa membantu meringankan gejala nyeri otot.

2. Menghirup Uap Hangat

Saat flu, biasanya hidung akan tersumbat, sehingga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan vaporizer untuk membantu mengencerkan ingus atau sekret hidung.

3. Berkumur dengan Air Garam

Selain menggunakan obat kumur, Anda juga bisa memanfaatkan air garam hangat untuk berkumur  guna meringankan sakit tenggorokan. Hal ini mengingat bahwa salah satu gejala flu yang paling menyiksa adalah sakit tenggorokan.

4. Perbanyak Cairan dalam Tubuh

Banyak Minum Air Putih Saat Terserang Flu

Saat sedang flu, pastikan tubuh Anda mendapatkan cairan yang cukup. Maka dari itu, minumlah minimal 2 liter air putih setiap harinya guna mengganti cairan tubuh yang hilang. Jika perlu. Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh

5. Istirahat yang Cukup

Idealnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur antara 7-8 jam per hari guna memberikan waktu bagi otot dan pikiran untuk beristirahat. Terlebih saat tubuh sedang diserang flu, tentunya sangat membutuhkan banyak waktu untuk beristirahat.

Kapan harus pergi ke dokter? Kebanyakan orang yang terserang flu bisa melakukan pengobatan sendiri di rumah tanpa perlu pergi ke dokter. Namun, jika flu sudah menunjukkan gejala parah dan berisiko komplikasi, maka pastikan Anda pergi ke dokter dengan segera.

Cara mengobati flu yang pertama kali harus dilakukan adalah dengan mengonsumsi obat antivirus pada 48 jam pertama setelah gejala flu muncul. Hal ini berguna untuk mengurangi lamanya Anda mengidap penyakit tersebut serta membantu mencegah munculnya masalah yang lebih serius.