Cara Mengobati Kaligata pada Anak yang Wajib Diketahui

cara mengobati kaligata pada anak

Cara mengobati kaligata pada anak wajib diketahui oleh para orang tua. Kaligata sering juga disebut dengan biduran dan dalam istilah medis disebut dengan urtikaria. Orang tua seringkali menjadi panik ketika muncul kaligata pada tubuh anak. 

Kaligata ditandai dengan munculnya bentol-bentol merah pada kulit yang disertai rasa gatal. Bentol-bentol pada kulit tersebut akan memudar ketika ditekan. Inilah informasi lengkap seputar kaligata pada anak. 

Penyebab Kaligata atau Biduran Pada Anak

cara mengobati kaligata pada anak
Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kaligata pada anak

Orang tua sering kali mengaitkan kaligata atau biduran dengan alergi. Menurut Ikatan Dokter Indonesia, kaligata tidak selalu muncul karena adanya reaksi alergi. Beberapa hal yang dapat memicu munculnya kaligata selain alergi adalah adanya infeksi, tekanan, suhu, dan juga penyakit autoimun. 

Suhu udara yang terlalu panas atau justru terlalu dingin juga dapat menyebabkan munculnya kaligata. Dapat disebabkan oleh infeksi virus, parasit, bakteri, dan juga infeksi cacing. Beberapa jenis makanan dan juga obat dapat menjadi alergen bagi sebagian orang. 

Ketahui Cara Mengobati Kaligata pada Anak

cara mengobati kaligata pada anak
Lotion lembut juga bisa mengobati kaligata

Setelah mengetahui penyebab munculnya kaligata pada anak, selanjutnya yang perlu diketahui oleh orang tua adalah cara mengobatinya. Penyebab kaligata yang berbeda tentu saja memerlukan pengobatan yang berbeda pula. Ini cara mengobati kaligata pada anak:

1. Mandi dengan Air Dingin

Mandi dengan air dingin dapat membantu mengurangi rasa gatal pada kulit. Hindari memandikan anak dengan air hangat karena justru akan membuat kaligata semakin menyebar. Air hangat akan membuat pembuluh darah melebar sehingga kaligata mudah menyebar ke seluruh tubuh.

2. Jangan Biarkan Anak Menggaruk Kaligata

Saat anak mengalami gatal-gatal, sebaiknya hindari menggaruknya. Menggaruk dapat menyebabkan kondisi semakin parah dan membuat kaligata semakin menyebar. Mengoleskan es batu yang telah dibungkus kain dapat menjadi pertolongan pertama mengatasi rasa gatal akibat kaligata.

3. Hindari Faktor Pemicu

Cara mengobati kaligata yang harus diperhatikan adalah dengan menghindari faktor pemicu. Jika kaligata muncul ketika suhu udara sedang panas maka sebaiknya hindarkan anak dari udara panas. Bawalah anak ke tempat yang bersuhu sejuk atau gunakan penyejuk ruangan agar kaligata tidak muncul.

4. Hindari Mengenakan Pakaian Ketat

Orang tua kadangkala tidak menyadari jika pakaian ketat yang dikenakan anak-anak akan memperparah kondisi kaligata. Padahal ini menjadi pemicu yang umum terjadi. Kulit menjadi lembab karena tertutup pakaian yang ketat.

Hal ini justru membuat kaligata terasa semakin gatal dan justru semakin menyebar. Pakaian longgar dengan kain yang lembut dapat membuat anak-anak merasa lebih nyaman saat menderita kaligata. Jadi, sebisa mungkin pakaikan baju yang longgar kepada anak.

5. Oleskan Losion Kulit atau Taburi dengan Bedak Khusus

Mengoleskan lotion kulit khusus untuk kulit yang gatal ternyata cukup efektif. Lotion dengan kandungan calamine dapat mengurangi rasa perih dan gatal akibat kaligata. Selain mengoleskan lotion, bedak khusus kulit gatal juga dapat ditaburkan untuk mengurangi rasa gatal.

6. Minum Antihistamin

Memberikan antihistamin pada anak tidak bisa sembarangan. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan dosis antihistamin bagi anak. Konsumsi obat antihistamin sebaiknya diberikan ketika cara-cara sebelumnya sudah dilakukan namun kaligata belum juga berkurang. 

Kaligata yang menyebar di seluruh tubuh dan disertai dengan bengkak pada bagian mata dan bibir haruslah diwaspadai. Kondisi akan semakin berbahaya jika anak mengalami sesak nafas, nyeri pada perut. Bahkan dalam beberapa kasus anak menjadi tidak sadar. 

Tentunya anak perlu segera mendapat pertolongan medis jika mengalami gejala-gejala tersebut, dan harus segera dibawa ke dokter. Kenali penyebab dan cara mengobati kaligata pada anak. Semoga bermanfaat.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *