Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Ideal dan Sehat Bugar

cara menjaga tubuh agar tetap ideal

Memiliki tubuh yang langsing dan bugar adalah dambaan setiap orang. Dengan tampilan tubuh yang ideal, tubuh bisa sehat dan penampilan juga sangat ditunjang. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari cara menjaga tubuh agar tetap ideal di tengah padatnya aktivitas yang dijalani.

Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Ideal

Banyak orang yang ingin menjaga tubuhnya agar tetap sehat dan ideal. Namun, seringkali bingung harus memulainya dari mana. Sebenarnya, cara menjaga agar tubuh tetap ideal bisa dimulai dari menerapkan kebiasaan atau pola hidup yang baik. Inilah cara lengkapnya:

1. Rajin Minum Air Putih

cara menjaga tubuh agar tetap ideal
Pastikan kebutuhan cairan mu selalu terpenuhi

Minum air putih memang terlihat sepele. Namun, dampak positif yang dihasilkannya cukup besar. Tubuh akan terlihat segar dan sistem pencernaan menjadi lancar. 

Setiap orang memiliki kebutuhan air putih yang berbeda tergantung dari jenis aktivitas yang dilakukan. Umumnya, setiap orang wajib mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari. Dengan air yang cukup, proses hidrasi sel-sel tubuh yang berperan dalam proses metabolisme akan lancar. 

Jangan pernah melewatkan air putih satu hari saja. Terapkan kebiasaan untuk minum segelas air putih di pagi hari sebagai detoksifikasi. Penting juga untuk minum segelas air sebelum makan siang agar meminimalisir porsi makan.

2. Perhatikan Pola Makan Harian

Pola makan sehari-hari sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan juga berat badan. Rutin mengkonsumsi makanan yang kaya serat sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh agar tetap ideal. Serat yang tinggi bisa diperoleh dari sayur dan buah-buahan. 

Beberapa diantaranya adalah buah pepaya, pisang, pir, dan jambu biji. Sementara untuk sayur adalah labu, brokoli, kol, bayam, dll. Pola makan 3 kali sehari memang baik untuk kesehatan tubuh. Seperti halnya sarapan pagi. 

Makanan yang dikonsumsi di pagi hari akan diproses oleh tubuh dan menjadi sumber energi awal dalam mengawali aktivitas sehari-hari. Contoh menu sarapan yang sehat dan kaya akan serat adalah sereal gandum serta buah-buahan. Dengan pola makan yang baik, maka tubuh pun jadi tetap ideal.

3. Hindari Ngemil Setelah Makan Malam

cara menjaga tubuh agar tetap ideal
Jangan lupa hindari kebiasaan ngemil setelah makan!

Ngemil di malam hari memang menjadi kebiasaan yang sulit dihindari. Apalagi sambil nonton TV, godaan yang cukup berat untuk dilewati. Namun, demi menjaga tubuh agar tetap ideal, sebaiknya mulai hapus kebiasaan seperti ini. 

Kebiasaan makan camilan yang manis-manis di malam hari harus segera dihindari. Ganti kebiasaan ini dengan mengonsumsi air putih saja. Dengan begitu tubuh bisa tetap ideal dan berat badan tidak naik.

4. Banyak Bergerak dan Rutin Olahraga

Malas-malasan tanpa banyak bergerak tentu bukan perilaku hidup sehat. Untuk menjaga tubuh tetap ideal, maka jangan malas untuk banyak bergerak serta rutin berolahraga. Olahraga yang ringan juga sudah cukup untuk membuat tubuh sehat. 

Ada banyak contoh olahraga yang bisa dilakukan. Bahkan pada saat sibuk sekalipun. Misalnya, senam aerobik, jogging di pagi hari, skipping, yoga, dan beberapa jenis olahraga ringan lainnya.

5. Istirahat dan Tidur yang Cukup

cara menjaga tubuh agar tetap ideal
Istirahat dan tidur yang cukup

Perlu diketahui bahwa kurang istirahat dalam hal ini kurang tidur bisa menyebabkan tubuh merasa lapar terus-menerus. Ini bisa terjadi karena kurang tidur dapat memicu peningkatan produksi kortisol. Sebuah hormon yang ikut berperan dalam mengatur nafsu makan. 

Bukan hanya itu, kurang istirahat juga dapat menyebabkan terjadinya penumpukan lemak. Kurang tidur juga memiliki efek yang buruk bagi ketahanan tubuh. Maka dari itu jangan pernah abaikan pentingnya tidur dengan cukup. 

Itu dia cara menjaga tubuh agar tetap ideal. Jadi, memiliki tubuh yang ideal bukan berarti tidak boleh makan sama sekali. Melainkan harus pandai-pandai memilih makanan bernutrisi yang baik atau kurang baik untuk dikonsumsi. Selamat mencoba! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *