Aneka Cara Menyuburkan Rambut Agar Sehat dan Kuat

cara menyuburkan rambut

Salah satu permasalahan yang sering menyerang rambut adalah kebotakan dan juga rambut rontok. Hal ini tentu saja membuat rambut menjadi tipis. Solusi yang bisa diambil adalah dengan melakukan cara menyuburkan rambut agar kembali sehat dan tebal. 

Tidak selalu harus pergi ke salon atau melakukan perawatan yang mahal. Cara menyuburkan rambut bisa dilakukan dengan alami, mudah, dan juga murah. Kuncinya adalah pada konsistensi perawatan dan bahan-bahan alami yang digunakan untuk menyuburkan rambut. 

5 Cara Menyuburkan Rambut Secara Alami

1. Memakai Daun Pare

cara menyuburkan rambut
Menggunakan Daun Pare untuk Pertumbuhan Rambut

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menyuburkan rambut adalah menggunakan daun pare. Sebagai tanaman yang dikenal memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan, pare juga bisa digunakan untuk rambut. Yaitu dengan memanfaatkan daunnya. 

Daun pare memiliki khasiat untuk menyuburkan rambut, kandungan flavonoid dalam daun pare memiliki aktivitas sebagai bakterisida. Hal ini menyebabkan daun pare dapat menekan pertumbuhan bakteri. Sehingga, dapat menyuburkan rambut dengan sehat. Bahan ini dapat dipakai dalam bentuk sediaan gel.

2. Gunakan Lidah buaya

Menyuburkan rambut dengan lidah buaya, bukan hal asing lagi. Kebanyakan orang sudah mengetahui bahwa lidah buaya dapat menyuburkan rambut, karena lidah buaya dapat ditemukan dimana pun. Cara ini juga banyak digunakan untuk merawat rambut.

Cara menyuburkan rambut dengan lidah buaya bisa dengan menggunakan sediaan gel yang sudah banyak dijual di pasaran. Namun, bagi yang menanam lidah buaya di halaman rumah, juga bisa langsung digunakan. Caranya, ambil satu batang lidah buaya, kemudian patahkan batangnya hingga keluar lendir. 

Oleskan lendir lidah buaya pada rambut secara merata. Pijat hingga beberapa menit. Bilaslah rambut dan keramas. Gunakan lidah buaya dua sampai tiga kali seminggu untuk mendapatkan rambut yang tebal, sehat, dan lembut.

3. Mengoleskan Minyak Esensial

cara menyuburkan rambut
Dengan Mengoleskan Minyak Esensial

Selain daun pare dan lidah buaya, menggunakan minyak esensial untuk menyuburkan rambut juga bisa dilakukan. Tujuannya agar tercapainya rambut lembut dan sehat. Salah satu minyak esensial yang bisa digunakan adalah rosemary oil

Rosemary oil merupakan minyak esensial terbaik untuk membuat rambut tumbuh lebat. Minyak ini dapat menstimulasi pertumbuhan rambut serta mengurangi kerontokan. Gunakan rosemary oil yang dicampur dengan olive oil. Oleskan pada rambut setelah itu pijat pada kepala selama beberapa menit. 

Diamkan beberapa menit hingga kandungan minyak benar-benar meresap. Kemudian lanjutkan dengan keramas menggunakan shampo. Dengan pemakaian yang rutin, maka rambut bisa tumbuh subur kembali.

4. Gunakan Madu

Menyuburkan rambut secara alami bisa juga menggunakan madu murni. Madu banyak mengandung vitamin dan mineral. Salah satu mineral yang terkandung dalam madu adalah zinc yang juga digunakan untuk mencegah rambut rontok.

Selain mineral, nutrisi yang terkandung dalam madu adalah vitamin B. Vitamin B penting bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Penggunaannya cukup dengan mengoleskan madu pada rambut saja, lalu diamkan sekitar 20 menit agar semua nutrisi diserap oleh rambut.

5. Menghindari Bahan Kimia

cara menyuburkan rambut
Batasi Penggunaan Bahan Kimia Pada Rambut

Untuk rambut subur,  selalu hindari bahan kimia dalam produk perawatan rambut. Hindari produk rambut yang dapat merusak folikel dan membuat rambut kering. Misalnya saja, penggunaan cat rambut, bahan pengeriting dan pelurus rambut yang biasanya mengandung banyak bahan kimia.

Nah, itulah 5 cara menyuburkan rambut secara alami agar sehat dan lembut. Caranya mudah dan tidak mahal bukan? Menyuburkan rambut tentu berhubungan dengan kesehatan rambut dan kulit kepala. Jadi, pastikan cukupi kebutuhan nutrisi rambut ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *