5 Cara Tidur Nyenyak Agar Kualitas Tidur Meningkat 

cara tidur nyenyak

Perlu diketahui bahwa kurang tidur bisa menyebabkan banyak masalah bagi kesehatan. Mulai dari menurunnya daya ingat dan konsentrasi hingga meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti serangan jantung. Cara tidur nyenyak sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. 

Kualitas tidur memang sangat ditentukan dari nyenyak atau tidaknya seseorang. Dengan tidur nyenyak, tubuh bisa menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berat. Selain itu tubuh bisa mendapatkan waktu istirahat yang benar dan optimal. 

5 Cara Tidur Nyenyak yang Efektif

1. Batasi Tidur Siang

cara tidur nyenyak
Jangan membiasakan diri untuk tidur siang terlalu lama

Tentunya, tidak sedikit orang yang mengalami susah tidur di malam hari setelah tidur siang terlalu lama. Tanpa disadari, ini justru bisa memperburuk pola tidur di malam hari. Maka dari itu, kita perlu membatasi jam tidur siang. Disarankan untuk tidur siang tidak lebih dari 20 menit.

Sebenarnya waktu luang pada siang hari bisa dimanfaatkan untuk hal-hal produktif. Tujuannya agar tidak mengantuk dan akhirnya tidur siang. Jadi, bagi yang memiliki kebiasaan tidur siang lama, sebaiknya mulai dikurangi agar mendapatkan tidur malam yang berkualitas.

2. Jangan Konsumsi Makanan Berat Menjelang Tidur

Perlu diketahui bahwa makanan berat akan menyebabkan sistem pencernaan bekerja lebih keras. Hal ini akan membuat waktu tidur jadi terganggu. Akibatnya, tidur jadi kurang nyenyak. Untuk itu, cara tidur nyenyak adalah jangan makan makanan berat di malam hari.

Rasa lapar di malam hari sebenarnya bisa disiasati dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan ringan. Misalnya sereal, biskuit, atau dengan minum susu. Selain itu, penting juga untuk membatasi waktu makan malam. Paling lambat adalah satu jam sebelum tidur.

3. Hindari Berolahraga Berat Menjelang Tidur

cara tidur nyenyak
Jangan melakukan olahraga berat sebelum tidur

Ada dua efek yang bisa didapatkan setelah berolahraga. Pertama, tubuh terasa lelah dan akan lebih mudah untuk tertidur. Kedua, olahraga justru membuat badan terasa lebih segar atau fresh sehingga tubuh semakin terjaga.

Bagi yang sering susah tidur akibat olahraga, disarankan untuk menggantinya dengan relaksasi. Membaca buku, melakukan yoga, mandi air hangat, atau mendengarkan musik adalah beberapa pilihan yang bisa dilakukan. Dengan begitu tidur bisa lebih berkualitas.

4. Hindari Kebiasaan Menggunakan Gawai di Kamar

Banyak orang yang tidak bisa tidur karena membawa pekerjaannya ke tempat tidur. Tentu saja, ini akan membuat tubuh sulit rileks akibat banyaknya pikiran yang berhubungan dengan pekerjaan. Oleh karena itu, coba singkirkan pikiran tentang pekerjaan setelah di tempat tidur.

Selain itu, sebaiknya singkirkan gawai atau peralatan elektronik lainnya. Baik itu TV, laptop, atau smartphone yang biasanya sangat menggoda untuk berselancar di dunia maya. Ini bisa sangat membantu proses tidur menjadi lebih berkualitas dan nyenyak.

5. Jangan Merokok atau Minum Kopi Sebelum Tidur

cara tidur nyenyak
Hindari asupan kafein sebelum waktu tidur tiba

Kopi memiliki kandungan kafein yang bisa menyebabkan seseorang sulit mengantuk dan akhirnya terjaga semalaman. Meski sudah dipaksa untuk memejamkan mata, namun biasanya akan membuat seseorang kembali terbangun. Tentu saja, ini membuat tidur  tidak nyenyak.

Efek nikotin dari rokok juga bisa menyebabkan hal yang sama. Berbagai zat kimia yang terkandung pada rokok mungkin bisa menyebabkan tubuh tidak mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Hal ini akan mengurangi waktu tidur yang menyebabkan rasa lelah pada saat bangun di pagi hari.

Itu dia beberapa cara tidur nyenyak dan berkualitas yang bisa diterapkan mulai sekarang. Ingat bahwa tidur nyenyak merupakan kebutuhan semua orang. Dengan memiliki waktu tidur yang berkualitas, maka kesehatan fisik dan psikis akan lebih terjaga. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *