Kenali Ciri-ciri Depresi, Penyebab, dan Cara Mengobati

ciri-ciri depresi

Apakah belakangan Anda sering merasakan perasaan sedih yang berlebihan, pikiran kosong atau mengkhawatirkan masa depan yang belum tentu hingga perasaan bunuh diri? Apabila Anda merasakan salah satu gejala atau kondisi tersebut, Anda perlu waspada akan kondisi tersebut. Mengapa? Karena kondisi tersebut hampir mirip dengan ciri-ciri depresi.

Depresi adalah kondisi yang digambarkan sebagai sebuah kelainan mood atau hilangnya minat pada suatu hal yang menetap. Dalam hal ini, depresi sangat mempengaruhi bagaimana perasaan Anda, bagaimana cara Anda berpikir, hingga sangat mempengaruhi stabilitas emosi.

Jika Anda merasakan sedih berlebihan hingga berminggu-minggu serta menyebabkan pekerjaan menjadi terganggu, atau bahkan sampai mengganggu kehidupan sosial Anda, maka kemungkinan besar itu adalah sebuah tanda depresi. Apabila Anda merasa sangat kacau maka ada baiknya Anda menghubungi dokter atau psikiater. Bagaimanakah tanda-tanda umum dari depresi?

Inilah Tanda dan Ciri-ciri Depresi

Mudah Cemas Berlebihan Salah Satu Tanda Depresi

Depresi pada kasus tertentu berbeda pada setiap individunya, kondisi dari depresi menimbulkan bermacam-macam gejala. Beberapa orang saat depresi justru akan tidur lebih banyak, sementara pada kasus lain justru akan susah tidur hingga hilangnya nafsu makan.

Meski kondisinya berbeda, namun terdapat gejala-gejala umum yang sering terjadi pada gejala depresi, seperti sulit untuk berkonsentrasi, merasa sedih atau hampa yang berlebihan, rasa cemas yang berlebihan, sering lemas dan tidak bersemangat, insomnia atau susah tidur, hipersomnia atau tidur yang berlebih, kehilangan minat akan hal-hal yang menyenangkan misalnya pada hobi yang selama ini disenangi, merasa sudah tak ada pertolongan dan tidak ada harapan, bahkan hingga pikiran untuk mengakhiri kehidupan atau bunuh diri

Umumnya pada orang yang mengalami depresi, gejala ini akan berlangsung kurang lebih selama dua minggu dengan gejala umum yang disebutkan di atas. Apabila Anda merasa khawatir akan hal-hal yang mungkin di luar dugaan, maka ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter atau psikiater terdekat.

Mengenal Aneka Faktor Penyebab Depresi

Penyebab Depresi

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab depresi:

1. Faktor Organobiologis atau faktor ketidakseimbangan neurotransmiter pada otak terutama serotonin
  2. Segi Psikologis, atau adanya sebuah tekanan maupun bebas psikis yang berdampak pada perilaku terhadap situasi sosial
  3. Akibat sosio-lingkungan atau dikarenakan kehilangan suami maupun istri ,pekerjaan maupun dampak yang ada dari kehidupan sehari-hari

Sementara itu, faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko depresi di antaranya adalah:

1. Memiliki riwayat genetik yang memiliki kelainan mental seperti gangguan mental dan pascatrauma
  2. Penggunaan zat terlarang seperti alkohol dan kawanannya
  3. Memiliki riwayat penyakit kronis seperti kanker, stroke, atau bahkan jantung
  4. Mengonsumsi obat-obat obat dengan kandungan tekanan darah tinggi. Apabila Anda akan berhenti mengkonsumsi alangkah baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter Anda
  5. Kejadian yang menimbulkan trauma yang dapat menyebabkan stres misalnya saja korban pembullyan, kekerasan seksual, hingga kekerasan dalam rumah tangga

Beberapa Cara Mengobati Depresi

Berkonsultasi dengan Psikolog

Depresi adalah kondisi dimana orang tersebut sangat membutuhkan pertolongan, dalam hal ini sangat dianjurkan untuk menghubungi dokter atau psikiater terdekat. Biasanya dokter akan memberikan obat depresi tertentu yang sesuai dengan kondisi masing-masing pasien. Hal ini mengingat bahwa kondisi depresi yang dialami oleh setiap pasien adalah berbeda.

Selain berobat ke dokter atau psikiater, penderita depresi juga dapat melakukan penyembuhan di rumah. Beberapa gaya hidup dan pengobatan yang mungkin dapat membantu Anda di rumah adalah jangan terlalu sering menyendiri atau istilahnya bengong, Melakukan olahraga teratur, Mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat Mendekatkan diri kepada Tuhan untuk mencari ketenangan jiwa, Seringlah bercakap atau menghibur diri, misalnya saja pergi bertamasya atau menonton film di bioskop.

Apabila akan mengambil keputusan, usahakan Anda sedang dalam kondisi tenang. Jika diperlukan, konsultasikanlah kepada orang terdekat yang dapat di percaya. Lalu, jika Anda mengkonsumsi obat tertentu, pastikan Anda selalu berkonsultasi dengan dokter yang berkaitan dengan kondisi Anda. Demikian itulah beberapa penyebab, ciri-ciri depresi dan cara mengobatinya. Dengan melakukan hal-hal tersebut, maka Anda atau pasien depresi lainnya bisa lebih tenang dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.