Ciri-ciri Kanker Payudara yang Wajib Diwaspadai Oleh Wanita

ciri-ciri kanker payudara

Apa itu kanker payudara? Ini adalah kanker yang menyerang payudara. Sejauh ini, belum diketahui secara pasti penyebab dari kanker ini. Penyakit muncul sebagai akibat kerusakan sel serta perubahan sifat genetik jaringan payudara. Ada beberapa ciri-ciri kanker payudara yang bisa dikenali. 

Meski menjadi jenis kanker yang paling banyak dialami oleh wanita, sayangnya sedikit wanita yang menyadari sejak dini adanya kanker ini pada tubuhnya. Padahal, kanker bisa dikenali dari beberapa tanda dan gejala. Dan hal ini dapat menjadi tindakan pemeriksaan pertama yang bisa dilakukan. 

Ciri-ciri Kanker Payudara yang Harus Diwaspadai

Kanker payudara sebenarnya sudah menimbulkan gejala pada taraf stadium 1. Sayangnya, masih banyak wanita yang tidak mengenali gejala ini. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali:

1. Kulit Payudara Berubah Warna

ciri-ciri kanker payudara
Terjadinya Perubahan Kulit disekitar Payudara

Terjadinya perubahan warna kulit pada payudara sebaiknya perlu diwaspadai. Gejala yang muncul berupa perubahan kulit menjadi berwarna kemerahan layaknya mengalami iritasi. Tekstur kulit payudara menjadi mirip kulit jeruk,  penebalan kulit, dan kulit payudara menjadi tampak berlekuk-lekuk. 

2. Timbul Benjolan Pada Payudara

Benjolan yang muncul pada payudara adalah pertanda awal yang menunjukkan adanya kanker payudara. Umumnya, benjolan tersebut tidak terasa sakit, namun pada beberapa kasus akan terasa sakit jika dipegang. Tetapi, benjolan yang timbul di area payudara tidak semua bersifat sebagai kanker. 

3. Muncul Benjolan di Ketiak

ciri-ciri kanker payudara
Terdapat Benjolan di Bagian Ketiak

Selain munculnya benjolan, kanker payudara juga ditandai dengan munculnya benjolan di sekitar ketiak. Hal ini karena jaringan payudara cukup meluas sampai ke bawah ketiak. Itulah alasan mengapa kanker payudara juga bisa menyebar sampai ke kelenjar getah bening yang ada di bawah ketiak.

4. Puting Susu Tertarik dan Masuk ke Dalam

Sel kanker pada umumnya akan menyerang sel normal yang ada di belakang puting. Hal ini menyebabkan perubahan pada puting susu, yaitu menjadi terbalik atau menjorok ke dalam. Sementara puting susu yang normal adalah menonjol keluar.

Selain bagian ujung puting yang menjorok ke dalam, ukuran dan bentuk puting juga berubah dari aslinya. Meski demikian, gejala ini tidak menunjukkan 100% positif kanker payudara. Perubahan penampilan puting dapat juga disebabkan karena infeksi atau pun kista.

5. Keluar Cairan dari Puting 

ciri-ciri kanker payudara
Adanya Cairan yang Muncul Pada Payudara

Ciri-ciri kanker payudara juga terlihat dari munculnya luka yang mirip dengan eksim dan tidak kunjung sembuh. Saat puting mengeluarkan cairan bertekstur kental atau encer, maka Anda perlu waspada. Cairan dari puting ini memiliki warna coklat kemerahan layaknya darah.

Pencegahan kanker payudara dapat dilakukan dengan rutin melakukan SADARI. SADARI adalah pemeriksaan payudara sendiri yang dilakukan setiap bulan. Dengan rutin melakukan SADARI, maka bisa membantu diagnosa kanker. Waktu terbaik melakukannya adalah seminggu setelah menstruasi.

Setelah dirasa memang ada kejanggalan pada payudara, Anda bisa segera memeriksanya sedini mungkin pada dokter. Dan akan dilakukan pemeriksaan awal. Pemeriksaan kanker payudara pada tahap awal meliputi pemeriksaan fisik payudara (mamografi)atau USG pada payudara. 

Semakin cepat ciri-ciri kanker payudara terdeteksi, maka akan semakin tinggi juga angka keberhasilan dalam pengobatan, Sangat disarankan untuk menjalani hidup sehat dan menjaga pola makan untuk meminimalisir kanker payudara. Selain itu, jangan lupa untuk rutin melakukan SADARI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *