Inilah 3 Ciri-ciri Kolesterol dan Asam Urat yang Sering Disepelekan

Di zaman modern seperti saat ini, ada banyak penyakit yang bisa diderita oleh setiap orang tanpa mengenal usia. Namun karena anggapan bahwa penyakit hanya bisa menghinggapi tubuh saat tubuh sudah tua, banyak orang yang menyepelekan tanda-tanda penyakit yang mulai muncul. Diantara banyaknya jenis penyakit, penyakit yang gejalanya sering disepelekan adalah kolesterol dan asam urat.

Kedua penyakit ini sering kali diabaikan terutama oleh kaum muda karena dianggap hanya bisa menjangkiti para lansia. Nyatanya penyakit ini bisa menyerang semua usia mulai dari usia 20an hingga lansia. Kedua penyakit ini memiliki keterikatan yang erat dan bisa menimbulkan akibat yang fatal seperti masalah jantung.

Ciri-ciri kolesterol dan asam urat banyak dirasakan kaum muda saat ini. Kolesterol dan asam urat sama-sama disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat sehingga memberikan gejala yang serupa. Penyakit ini juga tidak hanya menyerang orang-orang yang memiliki masalah berat badan sesuai rumor yang beredar. Hampir seluruh masyarakat yang memiliki gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat bisa terserang penyakit ini.

Sebelum penyakit ini menyerang Anda, ada baiknya jika Anda mengenali tanda-tanda awal penyakit ini. Hal ini sangat bermanfaat agar Anda bisa segera melakukan pencegahan dan pengobatan terhadap gejala-gejala tersebut. Meskipun saat ini sudah tersedia obat-obatan yang membantu pengobatan penyakit ini, namun akan lebih baik jika ciri-ciri kolesterol dan asam urat ini dikenali agar bisa segera diobati. Berikut 3 gejala kolesterol dan asam urat yang wajib dikenali sejak awal.

Kesemutan dan Pegal

Gejala asam urat dan kolesterol yang pertama ini bisa disebut sebagai gejala satu paket. Kadar kolesterol yang tinggi sering memberikan sensasi pegal dan tidak nyaman pada tengkuk atau pundak. Hal ini dikarenakan terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah yang akhirnya menghambat aliran darah. Selain itu, orang yang memiliki gejala kolesterol tinggi dan asam urat juga cenderung sering merasakan kesemutan pada kaki dan tangan. Jika Anda sering mengalami gejala-gejala ini alangkah baiknya Anda segera memperbaiki pola makan dan pola hidup Anda.

Bagaimana Ciri -Ciri Kolestrol dan Asam Urat?

Nyeri Sendi

Ciri-ciri kolesterol dan asam urat berikutnya adalah nyeri atau ngilu pada persendian. Gejala ini biasanya diikuti dengan pembengkakan dan kemerahan. Gejala ini sering dirasakan jika kadar kolesterol atau asam urat Anda mulai meningkat. Penderita ini juga cenderung sering mudah kelelahan dan mudah mengantuk. Nyeri atau ngilu pada persedian juga sering disertai dengan kesemutan. Jika kadar asam urat sudah terlalu tinggi, maka hal ini akan membuat penderitanya kesulitan untuk bergerak.

Jantung Berdebar

Penyakit kolesterol dan asam urat pasti tidak lepas dari kerja jantung. Maka dari itu, salah satu gejala yang menunjukkan kadar kolesterol sudah terlalu tinggi adalah jantung berdebar. Ciri-ciri kolesterol dan asam urat ini disebabkan oleh terlalu banyaknya tumpukan kolesterol pada pembuluh darah sehingga membuat jantung bekerja semakin keras untuk memompa darah ke organ tubuh lainnya.

Tumpukan kolesterol yang disebabkan oleh plak ini bisa terus menebal dan mengeras sehingga mengganggu kerja jantung. Jika gejala ini dibiarkan dan tidak ditindak dengan cepat, maka dapat mengakibatkan kelelahan jantung atau yang sering disebut sebagai gagal jantung. Gagal jantung sendiri merupakan salah satu kondisi kelelahan jantung yang paling dihindari karena dapat menyebabkan kematian bahkan dalam waktu yang singkat.

Itulah ciri-ciri kolesterol dan asam urat yang seringkali disepelekan oleh banyak orang. Bagi Anda yang cenderung merasa sering mengalami gejala diatas, alangkah baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter Anda agar tindakan pencegahan dapat segera dilakukan. Selain itu, memperbaiki pola makan dan pola hidup adalah hal yang wajib dilakukan jika gejala ini mulai Anda rasakan. Karena mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati.