Tips Diet Pisang yang Fenomenal dan Terbukti Manjur

diet pisang

Belakangan ini, teori diet pisang menjadi semakin fenomenal. Diet menggunakan buah pisang ini memang dikenal ampuh untuk menurunkan berat badan. Pisang yang digunakan untuk diet sendiri merupakan jenis buah pisang segar yang belum diolah. 

Sebagian besar buah pisang mengandung karbohidrat tidak larut. Kandungan ini dipercaya mampu membantu membakar lemak dan memberi efek mengenyangkan dalam waktu yang cukup lama. Kandungan potasium dan serat yang cukup tinggi pada buah pisang menyebabkan efek kenyang yang lama ketika buah ini dikonsumsi. Lantas, bagaimana cara melakukan diet dengan pisang secara baik dan benar?

Cara Melakukan Diet Pisang Dengan Benar

diet pisang
Diet yang Sehat

Fenomena diet pisang kini sedang ramai diperbincangkan oleh masyarakat. Hal ini karena jenis diet ini dipercaya sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Menjalankan diet ini bukan berarti bahwa Anda hanya akan mengonsumsi pisang saja seharian penuh. Anda pun tetap dapat mengonsumsi jenis makanan lainnya. Tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Nah, berikut adalah tips diet pisang yang baik dan benar:

1. Sarapan

Saat sarapan, Anda bisa mulai membiasakan diri untuk mengganti menu sarapan dengan menggunakan buah pisang. Buah pisang yang dikonsumsi saat sarapan, tentunya akan membuat Anda merasa kenyang dalam kurun waktu yang lebih lama. Dengan begitu, maka keinginan Anda untuk memakan jenis makanan yang lain dapat diurungkan.

Caranya yaitu dengan mengkonsumsi air putih dan buah pisang segar saat sarapan. Jika Anda merasa masih lapar setelah memakan buah pisang, maka sebaiknya tunggu 15-30 menit sebelum Anda mengonsumsi jenis makanan lainnya.

2. Makan Siang 

Tidak ada aturan makan siang yang ketat selama Anda menjalankan metode diet menggunakan pisang ini. Anda diperbolehkan untuk mengkonsumsi jenis makanan apa saja. Tentunya dengan syarat bahwa Anda tidak boleh makan berlebihan serta wajib berhenti makan sebelum merasa kenyang. 

Sebelum makan siang, sebaiknya Anda mengkonsumsi buah pisang terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk menekan rasa lapar yang mungkin Anda rasakan. Sifat buah pisang yang mengenyangkan akan membantu Anda untuk tidak mengkonsumsi makanan berlebih saat makan siang.

3. Camilan di Sore Hari

diet pisang
Pisang untuk Camilan

Saat menjalankan diet ini, Anda hanya boleh mengonsumsi makanan ringan satu kali saja setiap harinya, yaitu pada sore hari. Anda diperbolehkan untuk mengkonsumsi jenis camilan apa saja, termasuk makanan manis seperti permen. Namun, sebaiknya hindari susu, es krim, dan produk olahan susu yogurt dan keju.

4. Makan Malam

Saat makan malam, Anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi minimal satu buah pisang terlebih dahulu. Dengan begitu, maka Anda pun bisa mengurangi porsi makan pada malam hari, sehingga lemak pada tubuh tidak bertambah.

5. Istirahat yang Cukup

diet pisang
Istirahat dengan Cukup

Bukan hanya fokus kepada pola makan saja, metode diet ini juga menyarankan Anda untuk memiliki waktu istirahat yang cukup. Saat seseorang kurang tidur, biasanya cenderung akan lebih banyak makan. Risiko untuk mengonsumsi jenis makanan kurang sehat pun juga akan besar. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda untuk memiliki waktu istirahat dan tidur yang cukup.

Itulah beberapa cara diet pisang yang bisa Anda coba. Penurunan berat badan yang terjadi sebenarnya disebabkan karena adanya pengurangan jumlah kalori yang Anda konsumsi. Pisang sendiri merupakan jenis buah yang sangat kaya nutrisi, sehingga sangat baik dikonsumsi secara rutin meski Anda sedang tidak menjalankan diet.

Perlu diingat bahwa saat Anda ingin menurunkan berat badan menggunakan metode diet pisang, Anda juga harus mencukupi asupan cairan pada tubuh serta rutin berolahraga. Jenis makanan bergizi lainnya tetap wajib dikonsumsi, bukan hanya mengkonsumsi buah pisang saja setiap harinya. Jika perlu, diskusikan dengan dokter tentang teknik penurunan berat badan yang sesuai dengan kondisi kesehatan dan tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *