Fungsi Sistem Saraf Manusia yang Penting Untuk Diketahui

fungsi sistem saraf

Kita pasti pernah merasakan sentuhan baik sengaja maupun tidak sengaja ketika mengenai tubuh seseorang. Bagaimana tubuh kita bisa merasakan sentuhan tersebut?

Sentuhan tersebut bisa terasa karena adanya sistem saraf di dalam tubuh kita. Sistem saraf adalah jaringan kompleks yang terdiri atas sel-sel dengan fungsi khusus. Sel-sel tersebut saling terhubung dan berkomunikasi satu sama lain dengan adanya gelombang elektrokimia.

Sistem saraf termasuk salah satu sistem tubuh yang paling kompleks yang mengontrol kerja hampir setiap bagian tubuh. Fungsi sistem saraf sering dianalogikan seperti komputer yang terpusat dalam mengontrol fungsi seluruh sistem.

Sistem saraf pada manusia adalah mengontrol sistem yang berbeda dalam tubuh. Sistem saraf pada manusia terdiri atas sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi (perifer). Yang termasuk ke dalam sistem saraf pusat adalah otak dan sumsum tulang belakang.

Jaringan saraf di luar sistem saraf pusat bergabung membentuk sistem saraf perifer. Sistem saraf perifer terdiri atas sistem saraf somatik dan sistem saraf otonom.

Fungsi sistem saraf akan dijelaskan sebagai berikut:

kesimpulan fungsi saraf

Fungsi Saraf Pusat

  • Fungsi Otak

Otak manusia terdiri atas beberapa bagian, yaitu selebrum, otak kecil, sistem limbik dan stem otak.

  • Otak Besar (cerebrum) merupakan bagian otak yang dibagi menjadi empat lobus, antara lain lobus frontal yang berhubungan dengan fungsi penalaran, perencanaan, bahasa, dll. Lobus parietal berfungsi pengakuan, orientasi dan persepsi stimuli. Lobus temporal berhubungan pada memori, pidato, rangsangan pendengaran, dll. Kemudian ada lobus oksipital yang berfungsi pada proses visual.
  • Otak Kecil (cerebellum) merupakan bagian otak yang terlibat dalam kontrol motor seperti konsentrasi, bahasa, respon kesenangan, dll. Otak kecil juga memiliki beberapa daerah lain mulai dari Thalamus yang melakukan fungsi sensorik dan motorik, Amigdala yang terkaitan dengan respon emosional, ketakutan dan memori, Hipotalamus yang bertanggung jawab mengatur suhu tubuh dan mengendalikan haus, lapar, dan emosi. Ada juga Hippocampus yang berkaitan dengan menghafal, membantu mengubah kenangan jangka pendek menjadi permanen dan memungkinkan kita untuk mempelajari hal-hal yang baru.
  • Sistem Limbik adalah bagian dari otak yang fungsinya untuk mengontrol respon emosional dan membantu proses belajar dan menghafal.
  • Stem Otak (Brain Stem) yaitu batang otak yang berfungsi mengenali sentuhan halus, nyeri, gatal, sentuhan kasar, merasakan getaran dan masih banyak lagi. Stem otak juga memiliki fungsi yang berhubungan dengan sistem pernapasan dan jantung.
  • Otak belakang berfungsi mengoordinasi gerakan tubuh dan homeostasis.
  • Medulla Oblangata mengontrol tekanan darah, pernapasan dan denyut jantung.
  • Ganglia Basal mengendalikan keseimbangan tubuh dan gerakan.
  • Fungsi Sumsum Tulang Belakang

Sumsum tulang belakang memiliki peran vital sebagai penghubung antara sistem saraf perifer dengan otak. Sumsum tulang belakang juga memiliki fungsi yang berhubungan dengan gerakan tubuh dan otot tubuh.

Ada salah satu unit dari sistem saraf yang berhubungan dengan sumsum tulang belakang dan otak yaitu busur refleks. Busur refleks ini berfungsi merespon rangsangan, salah satunya mata berkedip.

  • Sistem Saraf Perifer

Sistem saraf perifer merupakan bagian dari sistem saraf yang fungsi utamanya adalah sebagai penghubung antara anggota tubuh dan organ tubuh lainnya dengan sistem saraf pusat.

  • Sistem Saraf Somatik berfungsi mengontrol setiap gerakan sadar yang dilakukan tubuh dengan cara otot rangka dengan mengecualikan busur refleks. Saraf somatik terdiri dari tiga jenis yaitu, Spinal, Asosiasi dan Kranial.
  • Sistem Saraf Otonom berfungsi mengendalikan beberapa proses seperti pencernaan, keringat, buang air kecil, pernapasan, dilatasi pupil dan masih banyak lagi. Saraf otonom tidak bergantung pada otak untuk mengaktifkan respon, sehingga dapat merespon tanpa sadar.

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *