Ketahui Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegah Penyakit Gagal Ginjal

gagal ginjal

Ginjal adalah organ tubuh yang fungsinya untuk menyaring racun serta zat-zat sisa metabolisme yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Ketika mengalami penyakit ginjal, maka fungsi ini tidak mungkin berjalan dengan semestinya. Itulah alasan mengapa kesehatan ginjal sangat penting untuk dijaga. Gagal ginjal kronis merupakan penyakit yang disebabkan karena penurunan fungsi ginjal sampai di bawah batas normal.

Jika Anda menderita penyakit ini, maka artinya ginjal Anda tidak mampu menyaring kotoran. Ginjal juga tidak mampu mengontrol jumlah air, kadar garam, dan kalsium dalam darah. Setiap zat-zat sisa metabolisme yang sudah tidak berguna juga akan tetap tinggal atau mengendap di dalam tubuh. Lambat laun, hal ini bisa semakin membahayakan kondisi pasien.

Ciri-Ciri dan Gejala Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Gejala yang Terjadi pada Penderita Gagal Ginjal

Gagal ginjal kronis umumnya terjadi secara tiba-tiba dengan pertumbuhannya yang bertahap. Penyakit ini muncul secara lambat, bahkan gejalanya tidak muncul sampai pasien berada pada kondisi yang parah. Dalam kondisi yang semakin parah, biasanya penderita akan menunjukkan ciri-ciri dan gejala tertentu.

Ciri-ciri gagal ginjal di antaranya adalah sering merasa mual, muntah, pusing, pucat, nafsu makan hilang, kulit gatal berkepanjangan, berat badan meningkat atau menurun drastis, sering buang air kecil, muncul darah pada urine, nyeri dada, sesak napas, tekanan darah tinggi, dan insomnia. Gejala tersebut biasanya muncul pada saat ginjal mengalami penurunan fungsi dan mencapai tahap akhir.

Apa Penyebab Penyakit Ginjal Kronis?

Organ Tubuh Ginjal

Penyakit ginjal kronis dapat terjadi saat ada suatu penyakit atau kondisi tertentu yang merusak fungsi ginjal. Akibatnya, ginjal akan rusak selama beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Penyakit dan beberapa kondisi yang menjadi penyebab gagal ginjal di antaranya adalah Diabetes tipe 1 atau tipe 2, peradangan pada ginjal (Glomerulonefritis), tekanan darah tinggi, gangguan ginjal polikistik, Obstruksi saluran kemih secara berkepanjangan, Refluks Vesicoureteral (kondisi yang menyebabkan urine kembali ke ginjal),  Infeksi ginjal berulang (pielonefritis), serta penggunaan obat-obatan tertentu pada jangka panjang, misalnya aspirin dan ibuprofen.

Cara Sederhana Pencegahan Gagal Ginjal

Menjaga Kesehatan Ginjal

Sebenarnya, banyak cara sederhana untuk mencegah dan terhindar dari penyakit ginjal. Pertama, tentu saja Anda harus menerapkan gaya hidup sehat. Beberapa gaya hidup yang dapat menjaga kesehatan ginjal di antaranya adalah minum air putih 8-10 gelas per hari, berhenti merokok, tidur 6-8 jam sehari, jaga berat badan agar selalu ideal, hindari pemakaian obat-obatan tanpa pengawasan dokter.

Perlu Anda ketahui bahwa hipertensi dan diabetes adalah dua penyakit yang apat menyebabkan komplikasi pada ginjal. Apabila Anda menderita penyakit tersebut, Anda sangat dianjurkan untuk selalu rutin periksa ke dokter. Hal ini berguna untuk memantau perkembangan penyakit tersebut serta mencegah munculnya penyakit ginjal.

Ketika seseorang mulai mengalami penurunan fungsi organ ginjal, maka harus melakukan berbagai cara untuk mencegah menurunnya fungsi ginjal. Salah satunya adalah dengan membatasi makanan, seperti ikan asin, pisang, nasi merah, daging olahan, alpukat, roti gandung, makanan kalengan, yogurt, dan keju.

Selain itu, Anda juga wajib mengenali gejala awal dari penyakit gagal ginjal. Jumlah produksi urine yang sedikit, terjadinya pembengkakan di bagian anggota gerak tubuh, serta nyeri punggung bagian bawah merupakan beberapa gejala yang wajib Anda kenali. Mengenali gejala penyakit ginjal sejak dini, sangat membantu Anda untuk mendapatkan penanganan secepat mungkin. Pastikan Anda menerapkan pola hidup sehat dan rutin periksakan diri ke dokter.