Ketahui Berbagai Cara untuk Mengatasi Kondisi Gigi Goyang

gigi goyang

Gigi goyang merupakan sebuah kondisi gigi yang mudah bergerak ketika diraba menggunakan lidah atau jari. Kondisi disebabkan karena akar gigi perlahan mulai lepas dari gusi. Mengunyah makanan dengan tekstur keras atau menyikat gigi dengan kencang merupakan faktor penyebab lain. 

Penyebab Kondisi Gigi Bisa Mudah Bergerak

gigi goyang
Hal yang Menyebabkan Kondisi Gigi Menjadi Goyang

Gigi yang goyang tentu bisa mengganggu aktivitas, terutama pada aktivitas yang melibatkan mulut. Kondisi ini juga akan mempengaruhi cara berbicara sera mengganggu pengunyahan makanan. Apabila kondisi ini dibiarkan, maka pada akhirnya gigi akan semakin tanggal dan terlepas.

Salah satu penyebab gigi goyang yaitu penyakit periodontitis kronis. Penyakit ini disebabkan karena terjadinya akumulasi plak yang melekat di permukaan gigi. Perlu diketahui bahwa plak gigi akan semakin mengeras dan membentuk karang gigi jika tidak dibersihkan dengan benar.

Pada tahap awal, kondisi ini menyebabkan radang gusi. Apabila tidak diatasi secepatnya, maka dapat menjadi penyakit periodontitis kronis. Nah, kondisi periodontitis kronis yang tidak mendapatkan perawatan akan menjadi periodontal abses, kemudian menyebabkan gigi goyang.

Bahan Alami yang Dipercaya Dapat Mengatasi Gigi Goyang

Gigi goyang dapat diatas dengan menggunakan jalur medis atau tradisional. Keduanya sama-sama bisa meredakan masalah gigi yang mudah bergerak. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi gigi goyang dengan bahan alami:

1. Mustard

Mustard adalah jenis rempah yang memiliki rasa asam yang khas. Minyak mustard mengandung magnesium, kalium, dan kalsium yang berperan penting dalam menjaga kekuatan gigi. Ketiga jenis mineral tersebut juga dapat meningkatkan kepadatan gigi. 

2. Air Garam

gigi goyang
Mengatasi Gangguan Gigi dengan Air Garam

Air garam adalah obat alami yang bisa meredakan infeksi serta membersihkan mulut dari berbagai jenis kuman. Caranya dengan mencampurkan 3 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur pada setiap pagi serta malam hari setelah menggosok gigi. 

3. Buah Cermai

Buah ini cukup ampuh dalam mengatasi gigi goyah yang dialami oleh orang dewasa. Cermai dapat membantu memperbaiki jaringan yang telah rusak pada gusi. Caranya adalah dengan melarutkan ekstrak buah cermai ke dalam satu cangkir air hangat, kemudian diminum satu kali setiap hari.

4. Bawang Putih

Bawang putih sangat populer sebagai agen antimikroba. Apabila gigi yang goyang terjadi karena infeksi, maka cara mengatasinya adalah dengan menggunakan bawang putih yang ditempelkan pada gusi. Cara ini juga bisa ikut menyingkirkan beragam mikroba berbahaya dalam waktu singkat.

5. Minyak Kelapa

gigi goyang
Khasiat Minyak Kelapa untuk Masalah Gigi

Minyak kelapa ternyata cukup populer di kalangan para dokter gigi. Hal ini mengingat bahwa manfaat minyak kelapa bagi kesehatan mulut sangat banyak. Minyak kelapa tidak hanya dapat menyerap kotoran di setiap sudut gigi saja, tapi juga bisa membunuh mikroba yang ada di dalam mulut.

Pada beberapa kasus gigi goyah tidak cukup hanya diatasi dengan bahan alami. Jika penyebab gigi goyah adalah periodontitis, maka hal yang harus dilakukan adalah memberikan antibiotik, penghalusan akar, dan pembersihan karang gigi. Dan harus diobati dengan cara medis.

Pengobatan gigi goyang secara medis diperlukan jika kondisi kerusakan parah. Contohnya adalah kondisi lekatnya gusi pada gigi yang mengalami kerusakan dan mengakibatkan poket gigi yang dalam. Pada kondisi seperti ini, maka tindakan pengikisan pada dinding gusi harus dilakukan. 

Jika Anda mengalami masalah gigi goyang dengan gejala yang semakin menyiksa, maka sebaiknya segera atasi masalah tersebut. Selain memanfaatkan bahan alami, sebaiknya Anda juga melakukan konsultasi dengan dokter gigi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *