Kenali Penyebab, Ciri-ciri, Dan Cara Pengobatan Infeksi Ginjal

infeksi ginjal

Infeksi ginjal merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh orang indonesia. Wanita, pada umumnya lebih berisiko mengalami infeksi pada ginjal dibandingkan dengan pria. Kelainan saluran kemih yang pernah dialami sebelumnya juga bisa menjadi penyebab seseorang rentan terkena infeksi pada ginjal.

Penyakit pada organ tubuh ginjal dapat diketahui dari ciri-ciri dan gejalanya. Ciri-ciri infeksi ginjal antara lain ada darah dan nanah pada urine, nafsu makan berkurang, demam hingga menggigil, terasa nyeri di bagian punggung, sakit perut hingga muntah-muntah, dan selalu merasa kelelahan. Beberapa gejala dan tanda lainnya yang mungkin dapat terjadi adalah rasa terbakar saat kencing, urine berbau tidak sedap, perut bagian bawah terasa nyeri, serta menjadi sering buang air kecil. Lantas, apa saja penyebab infeksi pada organ ginjal?

Penyebab Umum Infeksi Ginjal

Penyebab Infeksi pada Ginjal

Sebagian besar infeksi yang terjadi disebabkan karena adanya bakteri. Selain infeksi oleh bakteri, juga bisa disebabkan karena terjadinya infeksi jamur atau virus, namun keduanya masih jarang terjadi.

Pada umumnya, Bakteri penyebab penyakit berasal dari bagian saluran pencernaan. Bakteri ini keluar bersama tinja, kemudian masuk ke lubang kencing hingga berkembang biak di dalam kandung kemih. Biasanya, bakteri ini akan ikut terbuang bersama keluarnya urine, sehingga tidak menyebabkan infeksi. Namun pada kondisi tertentu, bakteri ini bisa berkembang biak di dalam saluran kemih, sampai akhirnya menyebar luas ke ginjal.

Obat Herbal untuk Infeksi Ginjal

Obat Herbal untuk Infeksi Ginjal

Gangguan pada ginjal merupakan masalah kesehatan yang sangat serius. Penyakit mengerikan ini tidak bisa dibiarkan, dibutuhkan penanganan dengan cepat dan segera. Selain melakukan pemeriksaan ke dokter, penderita juga bisa mengkonsumsi obat herbal yang dipercaya mampu mengatasi penyakit ini. Obat herbal untuk ginjal yang paling disarankan adalah kumis kucing, daun sendok, dan rumput mutiara

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan ketiga bahan herbal tersebut. Ketiganya memang cukup populer di kalangan masyarakat karena kemampuannya dalam melawan aneka penyakit. Ternyata resep herbal tersebut juga bermanfaat untuk membantu proses pemulihan.

Cara Membuat Resep Herbal untuk Ginjal

Cara Membuat Obat Herbal

Bahan pertama yang digunakan adalah kumis kucing. Kumis kucing mampu adalah bahan herbal yang bisa merangsang produksi urine, sehingga bisa meningkatkan frekuensi proses buang air kecil. Saat frekuensi buang air kecil semakin meningkat, maka bakteri yang terdapat di dalam kandung kemih akan ikut terbilas. Kemungkinan besar bakteri yang menempel akan semakin berkurang.

Bahan kedua, yaitu daun sendok. Bahan herbal ini mengandung senyawa tanin, aucubin, dan flavonoid. Ketiga senyawa ini dipercaya memiliki efek sebagai anti-inflamasi serta antibakteri, sehingga sangat baik untuk membantu proses pengobatanpada ginjal agar berjalan lebih cepat.

Bahan ketiga, yaitu rumput mutiara. Bahan herbal yang tergolong rumput liar ini ternyata dapat membantu pengobatan saluran kemih serta sakit pada organ tubuh ginjal. Kandungan rumput mutiara mempunyai sifat diuretik. Bahan ini akan melancarkan kemih agar proses buang air kecil lebih lancar serta mendorong kerja ginjal agar tidak terganggu.

Lalu, bagaimana cara pencegahan infeksi ginjal? Penyakit ini dapat kita cegah dengan menghindari berbagai faktor risikonya. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain Rajin konsumsi air putih, biasakan buang air kecil setelah selesai berhubungan seksual,  tidak menunda atau menahan buang air kecil, hindari produk perawatan untuk alat kelamin, khusus wanita harus rajin membersihkan organ kelamin dengan mengusap dari bagian depan ke bagian belakang agar dapat menghindari terjadinya penyebaran bakteri dari dubur ke bagian organ kelamin. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, artinya Anda sudah menghindari faktor risiko penyakit infeksi ginjal.