Jerawat Bernanah: Penyebab, Cara Mencegah, dan Cara Mengatasinya

jerawat bernanah

Jerawat merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh kaum pria maupun wanita. Jerawat sendiri terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah pustula atau jerawat bernanah. Pustula terjadi karena jerawat terinfeksi bakteri. Jerawat ini juga menimbulkan rasa nyeri ketika disentuh. 

Jerawat ini harus segera ditangani agar meradang. Umumnya, jerawat muncul disebabkan oleh kulit mati atau minyak alami kulit menyumbat folikel. Penyebab jerawat bernanah diantaranya jarang mencuci muka, perubahan hormon, stress, produk kecantikan, atau banyak konsumsi makanan manis.

Berbagai Cara untuk Mengatasi Jerawat Bernanah

Lalu, bagaimana jika pustula terlanjur muncul di permukaan kulit? Memang, awalnya jenis jerawat ini berukuran kecil. Akan tetapi, lama-kelamaan akan semakin besar dan menimbulkan rasa sakit. Jangan panik, berikut ini cara mengatasi jerawat bernanah:

1. Jangan Memencet Jerawat

jerawat bernanah
Hindari Kebiasaan Untuk Memencet Jerawat

Munculnya jerawat memang sangat mengganggu penampilan. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang menghilangkan jerawat dengan cara memencet. Sebenarnya, cara ini tidak disarankan karena dapat menimbulkan jerawat yang lebih parah. Bahkan, bisa meninggalkan bekas kehitaman pada kulit.

Bukan membuat jerawat menghilang, gerakan memencet jerawat dapat membuat nanah semakin masuk dalam pori-pori kulit. Selain itu, tindakan ini juga meningkatkan jumlah kuman pada kulit di sekitar tumbuhnya jerawat. Hal inilah yang dapat memicu munculnya jerawat yang semakin banyak. 

2. Menggunakan Obat Jerawat

Pustula dapat ditangani dengan penggunaan obat jerawat. Gunakan obat jerawat yang mengandung bahan aktif benzoil peroksida, asam salisilat, dan sulfur. Obat-obatan ini aman digunakan tanpa resep dokter. Namun, tetap ikuti cara penggunaan pada kemasan.

Umumnya obat-obatan ini berbentuk gel atau krim. Jenis obat ini dapat mengeringkan jerawat bernanah dengan cepat dan mencegah timbulnya jerawat baru. Obat yang mengandung benzoil peroksida dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. 

3. Menggunakan Produk Skincare yang mengandung Sulfur dan Asam Salisilat

jerawat bernanah
Melakukan Perawatan Wajah dengan Produk Sulfur

Selain menggunakan obat jerawat, pustula dapat dihilangkan dengan perawatan kulit menggunakan produk yang mengandung sulfur atau asam sulfat. Sulfur biasanya terkandung dalam masker wajah atau pembersih. Sementara itu, asam salisilat terdapat dalam sabun atau pembersih.

Asam salisilat berfungsi untuk mengangkat semua jenis kotoran yang menyumbat pori-pori. Kuman penyebab jerawat tidak akan muncul ketika pori-pori kulit dalam keadaan bersih. Perlu diperhatikan, saat menggunakan produk berbahan asam salisilat jangan disertai dengan exfoliasi.

4. Membunuh Bakteri Penyebab Pustula dengan Antibiotik

Jika pustula sudah meradang dan parah, sebaiknya segera konsultasikan pada ahlinya. Biasanya dokter akan memberikan resep obat antibiotik oral atau topikal. Antibiotik ini dapat mencegah bakteri penyebab jerawat berkembang semakin banyak, serta meredakan peradangan.

Dokter menyarankan antibiotik hanya digunakan dalam jangka pendek. Hal ini untuk mencegah tubuh rentan terhadap infeksi. Antibiotik hanya dapat digunakan untuk jerawat yang ditimbulkan oleh bakteri tertentu. Itulah alasan cara ini hanya dapat dilakukan berdasarkan petunjuk dari dokter.

5. Mengatasi Pustula dengan Salep Isotretinoin

jerawat bernanah
Menggunakan Salep Isotretinoin

Pengobatan dengan salep isotretinoin atau accutane dilakukan jika penggunaan obat atau antibiotik gagal. Salep ini berbahan dasar Vitamin A. Pengobatan ini dilakukan untuk nanah yang sangat parah. Normalnya, salep isotretinoin memberikan efek samping seperti iritasi, kulit kering, dan gatal. 

Cara mencegah jerawat bernanah dapat dilakukan dengan rajin mencuci muka, terutama bagi yang sering mengeluarkan keringat. Bukan hanya itu, pustula dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, bijak memilih kosmetik yang aman untuk kulit, dan menjaga pikiran agar tidak terlalu stres.

Jerawat bernanah merupakan salah satu gangguan kulit yang dapat menyerang siapa saja. Dalam kondisi tertentu, jerawat jenis ini dapat hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, ada pula yang tidak hilang selama berminggu-minggu. Untuk itu, perlu solusi pengobatan jerawat secara intensif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *