Inilah Manfaat Jeruk Nipis untuk Batuk Berdahak yang Dapat Anda Coba

Batuk merupakan salah satu reaksi tubuh yang kerap menyerang sistem imun manusia tanpa memandang usia. Baik itu disebabkan oleh cuaca yang kerap berubah-ubah, alergi, makanan yang memicu, ataupun merupakan salah satu gejala dari suatu penyakit.

Reaksi tubuh yang dikeluarkan biasanya merupakan suatu upaya tubuh untuk mengeluarkan zat-zat asing seperti dahak. Selain karena penyebab umum seperti diatas, penyebab batuk pun dapat diakibatkan oleh adanya rangsangan yang dapat berasal dari debu, bakteri ataupun virus pada selaput lendir pada tenggorokan.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang tidak  biasa ataupun mungkin ragu dengan mengkonsumsi obat medis, Anda dapat mencobanya dengan mengkonsumsi obat herbal yang masih berupa bahan dan rempah mentah ataupun yang sudah menjadi bentuk kapsul, atau bisa juga sudah berbentuk minuman ekstrak.

Salah satu bahan herbal yang sudah umum dipercaya ampuh dalam mengobati batuk seperti batuk berdahak adalah jeruk nipis. Jeruk nipis untuk batuk berdahak dapat dikonsumsi secara langsung dengan ditambahkan beberapa bahan lain yang memang sangat membantu dalam meredakannya.

Jeruk nipis merupakan salah satu tanaman dengan buah yang sangat identik dengan rasa asam. Dalam buah jeruk nipis mengandung vitamin C yang terbilang cukup tinggi. Buah ini memiliki sifat ekspektoran yang dapat membantu dalam mengeluarkan dahak.

Jeruk nipis untuk batuk berdahak dapat dikonsumsi dengan mencampurkan beberapa bahan lain untuk mendapatkan ramuan herbal yang cukup aman dikonsumsi dalam jangka panjang. Anda dapat menambahkan madu atau kecap manis secukupnya ke dalam satu sendok perasaan air jeruk nipis.

Kemudian Anda dapat langsung meminum ramuan tersebut secara rutin yaitu sebanyak satu sendok dengan waktu 2 sampai 3 kali dalam sehari. Dan dikonsumsi sampai batuk mereda dan dahak betul-betul mereda bahkan sampai sembuh.

Apakah Jeruk Nipis untuk Batuk Bedahak?

Namun apabila tetap akan mengkonsumsi obat medis, Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti sebagai berikut.

  • Obat batuk dengan kandungan ekspektoran sangat memudahkan untuk mengurangi kekentalan dahak, sehingga dahak dapat dengan mudah di keluarkan.
  • Apabila Anda seorang ibu hamil, namun tidak kuat atau tidak disarankan meminum jeruk nipis untuk batuk berdahak, Anda dapat mencari obat batuk dengan bahan utama Guaiphenesin atu Bromhexine yang terjamin aman untuk dikonumsi selama masa kehamilan.
  • Obat batuk dengan kandungan Ibuprofen, aatu paracetamol dapat meredakan gejala demam yang dating menyertai batuk serta dapat menghilangkan sakit pada tenggorokan. 

Disamping mengkonsumsi obat herbal, harus disertai dengan beberapa pemeliharaan sederhana terhadap diri seperti sebagai berikut.

  • Perbanyak minum air putih disertai dengan istirahat yang cukup dan konsumsi minuman herbal seperti jeruk nipis untuk batuk berdahak.
  • Untuk menghilangkan bakteri dan kuman bakteri pada tenggorokan, Anda dapat berkumur menggunakan air garam ataupun air biasa selama 60 detik.
  • Upayakan badan tetap hangat, Anda dapat menggunakan jaket, mandi air hangat, meminum air hangat atau minuman hangat seperti air jahe, dan lain-lain.
  • Cobalah untuk hindari berdekatan dengan pengidap flu ataupun batuk dan sejenisnya.
  • Apabila batuk yang dialami oleh Anda tak kunjung sembuh bahkan sampai bertambah parah setelah pengobatan oleh diri sendiri, alangkah lebih baik untuk diperiksakan lebih lanjut ke dokter. Jangan sampai membiarkan batuk berlangsung lama.

Mungkin itu beberapa penjelasan mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan, dan apa yang harus diatasi dan bagaimana cara menggunakan jeruk nipis untuk batuk berdahak sebagai obat herbal. Anda dapat menerapkan hal tersebut dengan memperhatikan beberapa hal. Jangan lupa untuk tetap menjaga makanan dan imunitas tubuh agar tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *