Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Ketombe pada Anak

ketombe pada anak

Tak hanya dewasa, anak-anak juga bisa terkena ketombe. Ketombe pada anak akan menyebabkan rasa gatal yang membuat mereka terus-menerus menggaruk kepalanya. Hal ini akan menyebabkan kulit kepala memerah, terasa sakit, bahkan kerontokan rambut.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya ketombe pada anak. Diantaranya karena kurang terjaganya kesehatan rambut, kulit kepala kering, tidak cocok produk perawatan rambut, atau karena penyakit kulit seperti eksim hingga infeksi jamur. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

5 Cara Mengatasi Ketombe pada Anak Paling Ampuh

1. Perhatikan Intensitas Mandi Si Kecil

 

ketombe pada anak
Selalu perhatikan intensitas keramas anak

Saat anak mengalami tanda-tanda munculnya ketombe, intensitas mandi menjadi faktor yang sangat penting. Orang tua tidak perlu memandikan anak terlalu sering. Sewajarnya saja, yaitu dua kali sehari. 

Anak-anak yang mandi dan keramas terlalu sering bisa menyebabkan terjadinya berbagai masalah kulit. Pada kasus lainnya, penggunaan sampo juga bisa menumpuk pada kulit kepala. Untuk itu, mandi dan keramas secara teratur tanpa berlebihan merupakan langkah pertama untuk memerangi ketombe.

2. Pijat Rambut saat Keramas

Terjadinya pengelupasan kulit kepala pada bayi sebenarnya sangat umum terjadi. Hal ini sebagai bentuk regenerasi kulit baru. Akan tetapi, jika ini terjadi secara terus-menerus sampai anak hal ini bisa menyebabkan terjadinya ketombe. 

Tentu ini akan mengurangi kenyamanan anak dalam beraktivitas. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengaplikasikan sedikit sampo khusus bayi saat mandi keramas. Jangan lupa untuk memijat kepala secara lembut. 

Jika ketombe terkelupas, segera bersihkan dengan sikat bulu yang halus. Pastikan untuk melakukannya secara hati-hati karena kulit balita masih sangat sensitif. Dengan begitu tidak akan melukai kulit kepalanya.

3. Gunakan Obat Ketombe Khusus Balita

ketombe pada anak
Pakai obat khusus ketombe yang memang diformulasikan untuk anak

Penggunaan sampo biasa mungkin tidak cukup untuk membasmi ketombe yang membandel pada anak. Untuk itu, tidak ada salahnya jika memanfaatkan obat khusus ketombe. Gunakan sampo dengan kandungan anti ketombe, seperti zinc, selenium sulfida, serta ketoconazole. 

Sampo khusus ketombe ini sangat mudah ditemukan di apotek. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini bertujuan untuk keamanan produk yang digunakan. 

Nantinya, dokter akan merekomendasikan jenis shampo ketombe yang aman untuk balita beserta resep pemakaiannya. Jangan sampai asal pilih karena kulit balita yang masih sangat sensitif dan rawan mengalami iritasi. Dengan begitu pemakaian obat ketombe bisa tetap aman.

4. Gunakan Baby Oil

Baby oil bisa menjadi alternatif penghilang ketombe. Teteskan baby oil atau minyak mineral pada kulit kepala anak. Kemudian, diamkan selama beberapa menit sebelum keramas dan menyikatnya. 

Cara ini terbukti cukup membantu untuk mengurangi banyaknya ketombe pada balita. Perlu diketahui bahwa kondisi kulit kepala yang kering merupakan penyebab ketombe. Jadi, pastikan kulit kepala balita selalu terhidrasi.

5. Perbanyak Konsumsi Omega-3

ketombe pada anak
Tambah asupan Omega-3 untuk anak

Selain melakukan perawatan dari luar, orang tua juga harus melakukan perawatan dari dalam. Asam lemak omega-3 bukan hanya bagus untuk mendukung perkembangan mata dan otak anak. Omega-3 juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk kesehatan kulit kepala.

Asam lemak omega-3 akan membantu mengontrol produksi minyak. Selain itu, juga mengatur kelembaban pada kulit kepala. Omega-3 juga berfungsi untuk mengurangi terjadinya peradangan dan iritasi. Sehingga, akan bagus untuk meringankan terjadinya gatal oleh ketombe.

Ketombe pada anak sebenarnya merupakan masalah kulit yang cukup ringan namun bisa sangat mengganggu. Oleh karena itu, orang tua wajib melakukan perawatan mandiri agar masalah ketombe tersebut bisa cepat teratasi. Selamat mencoba! 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *