Memahami Komplikasi adalah Sebuah Istilah Medis Bukan Penyakit

komplikasi adalah

Apa itu penyakit komplikasi? Komplikasi adalah penyakit gabungan dari beberapa jenis penyakit berat yang menyerang tubuh manusia. Jadi, komplikasi bukan merupakan sebuah nama dari suatu penyakit, melainkan hanya sebuah istilah saja. Istilah yang menggambarkan adanya beberapa penyakit tertentu yang menyerang dan bersarang di dalam tubuh manusia dalam waktu yang bersamaan.

Komplikasi Adalah?

Dunia kedokteran mengenal komplikasi sebagai sebuah perubahan pada suatu penyakit atau kondisi kesehatan yang tidak dikehendaki. Suatu penyakit baru dapat muncul sebagai hasil komplikasi dari penyakit yang sudah bersarang pada tubuh sebelumnya. Sementara itu, penggunaan pengobatan medis, seperti pembedahan dan obat-obatan juga dapat memberikan efek samping berupa terjadinya masalah kesehatan baru dari penyakit yang diobati itu sendiri. Lalu, apa saja jenis komplikasi penyakit pada manusia?

Apa Saja Jenis-jenis Penyakit Komplikasi?

Komplikasi adalah suatu penyakit yang timbul akibat dari efek penyakit tertentu pada tubuh. Komplikasi dapat terjadi karena konsumsi obat-obatan kimia berlebihan atau karena tindakan medis tertentu. Sebagai contoh penyakit komplikasi yaitu diabetes, yaitu penyakit yang bisa menimbulkan komplikasi pada ginjal, jantung, dan mata. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai macam-macam penyakit komplikasi, silahkan simak ulasan berikut:

1. Henti Jantung

Jantung Manusia

Henti jantung tentu menjadi penyakit yang sangat perlu diwaspadai karena termasuk kondisi yang darurat. Jika penyakit ini tidak ditangani dengan segera, kondisi ini tentu bisa menyebabkan terjadinya kematian mendadak. Henti jantung sendiri merupakan sebuah penyakit komplikasi yang terjadi akibat jantung berhenti berdetak dengan tiba-tiba. Terjadinya gangguan irama jantung ini bisa menjadi penyebab gangguan pernapasan atau bahkan kehilangan kesadaran.

2. Gagal Jantung

Gagal jantung adalah salah satu penyakit komplikasi yang sangat umum terjadi. Kondisi ini terjadi karena ketidakmampuan jantung untuk memenuhi kebutuhan aliran darah ke seluruh tubuh. Gagal jantung terjadi saat otot-otot jantung tidak mampu lagi untuk memompa darah.

3. Emboli Paru

Emboli paru adalah suatu kondisi di saat arteri pulmonalis mengalami terjadinya penyumbatan. Penyumbatan ini akan menyebabkan tubuh kekurangan oksigen dengan sangat cepat. Akibatnya, ada beberapa gejala yang muncul, misalnya sulit bernapas, dada terasa sakit, serta kulit menjadi membiru. Kondisi berbahaya ini tentu wajib diwaspadai karena bisa menjadi pemicu kematian.

4. Aneurisma

Penyakit Aneurisma

Aneurisma adalah suatu jenis komplikasi yang sangat serius. Gejala penyakit ini yaitu terjadinya pembengkakan arteri pada bagian tubuh mana saja. Jika aneurisma mengalami pecah, kondisi ini bisa berakibat fatal karena akan terjadi perdarahan internal.

5. Arteri Perifer

Terjadinya penyempitan pembuluh darah bisa menyebabkan dampak buruk pada aliran darah menuju ke jantung. Kondisi ini juga bisa berdampak buruk pada bagian ujung tubuh karena bagian ujung tubuh tersebut tidak bisa mendapatkan aliran darah yang cukup. Biasanya hal ini akan menyebabkan rasa nyeri, misalnya rasa nyeri pada kaki saat sedang berjalan.

6. Stroke

Sakit Stroke

Stroke merupakan sebuah kondisi yang disebabkan karena adanya gumpalan darah. Kondisi ini menyebabkan aliran darah menuju ke otak menjadi terhambat. Gumpalan darah semacam ini bisa muncul saat jantung tidak mampu bekerja dengan baik. Stroke merupakan penyakit yang bisa menyebabkan beberapa gangguan dalam berbicara, mengingat, dan kemampuan koordinasi. Stroke juga bisa menyebabkan tubuh mengalami mati rasa karena tentunya, kondisi ini harus diwaspadai karena bisa menyebabkan kerusakan secara cepat dan sifatnya permanen.

Komplikasi adalah jenis kondisi tubuh yang sangat berbahaya. Oleh sebab itu, Anda wajib mencegah terjadinya kondisi berbahaya ini. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah komplikasi penyakit. Beberapa di antaranya adalah dengan menjaga kolesterol dan tekanan darah agar tetap normal, hindari kebiasaan merokok,  membangun komitmen tinggi untuk menjaga gula darah tubuh tetap normal, serta membuat jadwal rutin untuk melakukan pemeriksaan fisik. Pastikan Anda menjaga kesehatan dengan baik karena harga kesehatan itu sangat mahal. Selain itu, Anda juga harus menjaga pola makan serta istirahat yang cukup. Dengan begitu, maka Anda bisa terhindar dari penyakit-penyakit yang mengancam kesehatan.