Mengenal Tanda Kram Perut Saat Hamil Muda

kram-perut-saat-hamil-muda

Kram merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh Ibu hamil. Kram perut saat hamil muda dapat disebabkan oleh beberapa hal. Saat kehamilan terjadi, maka rahim akan berkembang. Perkembangan rahim menyebabkan otot dan ligamen yang menopang rahim semakin menegang. Hal inilah yang menjadi pemicu kram perut pada Ibu hamil muda. 

Namun, Ibu muda tidak perlu khawatir jika mengalami hal ini, karena kram perut merupakan keadaan yang normal dan umum dialami di masa awal kehamilan. Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang bisa menyebabkan kram perut pada yang sedang hamil.

Aneka Penyebab Terjadinya Kram Perut Saat Hamil Muda

Penyebab terjadinya kram perut pada Ibu hamil muda memang sangat beragam. Biasanya, Ibu hamil mengalami kram perut dengan penyebab yang berbeda satu sama lain. Nah, berikut ini adalah penyebab umum terjadinya kram perut pada Ibu hamil muda:

1. Pembesaran Ukuran Rahim

kram-pada-perut-saat-hamil-muda
Pembesaran Ukuran Rahim

Saat kehamilan semakin berkembang, ukuran rahim pun akan semakin besar. Hal ini menyebabkan dinding perut meregang dan posisi usus mengalami perubahan. Saat hal ini terjadi, maka Ibu hamil akan mengalami kram di bagian perut. Biasanya, Ibu hamil yang mengalami kram perut akan sering merasa mual dan cepat kenyang.

2. Perubahan Hormon

kram-pada-perut-saat-hamil-muda
Hormon yang Berubah pada Ibu Hamil

Saat seorang wanita sedang pada masa kehamilan, maka terjadi peningkatan hormon progesteron. Hal ini ikut memicu terjadinya penurunan sistem kerja dari saluran cerna. Oleh karena itu, semua makanan yang dikonsumsi oleh Ibu hamil akan diolah dengan lambat oleh saluran cerna. Akibatnya, Ibu hamil akan mengalami sembelit dan memicu terjadinya kram perut.

3. Peregangan Ligamen

kram-pada-perut-saat-hamil-muda
Adanya Peregangan Ligamen

Saat Ibu hamil memasuki trimester kedua, rahim semakin membesar dan mulai menebal. Perkembangan janin yang semakin besar ini menyebabkan ligamen harus menopang bagian rahim dengan lebih kuat. Akibatnya, ligamen bisa terasa nyeri dan menyebabkan perut Ibu hamil mengalami kram.

Gejala dan Durasi Kram pada Ibu Hamil

Ada beberapa ciri kram perut saat hamil muda. Salah satunya adalah mengalami rasa sakit di perut bagian bawah. Umumnya, rasa nyeri atau kram ini terjadi di bagian tengah bawah yang merupakan tempat di mana rahim berada. 

Selain itu, ciri lainnya dari kram perut pada Ibu hamil adalah ditandai dengan munculnya bercak-bercak darah. Namun, terjadinya flek pada Ibu hamil adalah umum terjadi, sehingga tidak perlu terlalu khawatir jika Ibu hamil mengalaminya. Flek ini biasanya memiliki warna yang berbeda dengan warna darah pada saat menstruasi. Flek pada saat hamil muda biasanya berwarna lebih pink atau bahkan ada juga yang warnanya lebih gelap dari warna merah darah haid.

Lalu berapa lama kram perut saat hamil muda terjadi? Kram perut biasanya mulai dialami oleh Ibu hamil saat rahim mulai membesar, yaitu sejak 2-8 minggu setelah terjadinya proses pembuatan. Namun, kondisi ini bisa berlanjut hingga 13-14 minggu atau bahkan lebih lama.

Biasanya, Ibu hamil akan mengalami kram dalam kurun waktu yang berbeda, tergantung dari kondisi tubuh masing-masing. Saat mengalami keadaan tersebut, Ibu hamil juga akan merasa mual-mual dan tidak enak makan. Mual-mual memang menjadi ciri-ciri paling umum terjadinya hamil muda, terutama di saat perut Ibu hamil sudah mengalami kram.

Kram perut saat hamil muda yang dialami Ibu hamil muda bukanlah hal yang berbahaya. Namun, kondisi ini bisa menjadi berbahaya bila Ibu hamil mengalami berbagai gejala yang berat. Misalnya mengalami pendarahan vagina, demam, sakit kepala berlebihan, mual, dan muntah. Jika Ibu hamil mengalami hal demikian, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk diperiksa dan melakukan konsultasi. Dokter akan memberikan saran mengenai bagaimana cara terbaik untuk mengatasi berbagai bahaya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *